sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Kepepet Banget? Ini 5 Etika Berutang ke Teman Secara Sopan

Izzul Millati Umami | Jumat, 28 May 2021 22:00 WIB
Kepepet Banget? Ini 5 Etika Berutang ke Teman Secara Sopan
etika pinjam uang ke teman/ sumber: pexels.com

Saat keuangan sedang mepet, berutang jadi salah satu pilihan untuk meneruskan hidup. Mau minjam di aplikasi pinjaman online pun takut dengan yang namanya debt collector? Maka meminjam ke teman jadi salah satu opsi.

Mungkin kamu pikir meminjam di teman akan lancar karena asas kepercayaan yang terjalin bertahun-tahun. Namun, nyatanya tidak. Kalau urusannya uang, teman kamu bisa jadi berpikir beribu kali untuk meminjamkannya padamu. Makanya, praktikkan 5 etika berutang berikut ini. 

1. Perhatikan kondisi keuangan teman kamu

meminjam uang ke teman
meminjam uang ke teman/sumber:pexels.com

Sebelum meminjam, sudah sebaiknya kamu memperhatikan kondisi keuangan teman kamu. Jangan sampai meminjam uang pada teman yang sedang kesusahan finansial. Selain tak mungkin untuk mendapatkan uangnya, teman kamu pun bakalan tersinggung dengan sikapmu. Pinjamlah pada teman dengan status finansial baik serta tidak punya cicilan. 

2. Buat bukti perjanjian di atas materai

bukti perjanjian di atas materai
bukti perjanjian di atas materai/sumber:pexels.com

Nah, setelah kamu mendapatkan pinjaman uang dari temanmu, jangan lupa membuat perjanjian tertulis. Perjanjian di atas kertas akan membuat teman kamu lebih percaya. Perjanjian tertulis tersebut wajib di tempeli materai dan dibubuhi tanda-tangan. Sebaiknya, saat menandatangani dan menyaksikan proses utangnya, ada saksi berupa pihak ke tiga. 

3. Hindari menggunakan bahasa yang kasar

orbolan yang kasar
orbolan yang kasar/sumber:pexels.com

Saat meminjam utang ke teman, pergunakanlah bahasa yang sopan. Teman kamu tentunya tidak akan pernah mau meminjamkan duitnya pada orang yang kasar sepertimu. Namun, jangan pula mengeluarkan nada yang terlalu memelas, ya. Tetap jaga harga dirimu supaya teman kamu tetap memberikan hormat sebagai seorang teman. 

4. Berjanjilah mengembalikan uang sesuai tenggat waktu

Nah, setelah uang pinjaman sudah di tangan, pergunakanlah dengan sebaik-baiknya. Bilang pada temanmu bahwa kamu akan mengembalikan utang sesuai dengan tanggal yang disepakati. Hindari mengulur-ulur pengembalian uang, ya. Kamu pun harus mengerti bahwa temanmu membutuhkan uangnya lagi. 

5. Lebihkan uangnya saat dikembalikan

rupiah
rupiah/sumber:pexels.com

Sebagai teman yang baik, sekalipun si dia tidak meminta bunga pada saat meminjamkan uang, lebih baik kembalikan uang dengan lebihan sedikit. Kamu juga bisa membawakannya makanan kesukaannya sebagai ucapan terimakasih.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id