sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Merasa Dijauhi Oleh Orang Sekitar? Mungkin Kamu Melakukan Hal Ini

Astari Dewi Larasati | Selasa, 20 Apr 2021 14:30 WIB
Merasa Dijauhi Oleh Orang Sekitar? Mungkin Kamu Melakukan Hal Ini
caption

Tanpa disadari oleh diri sendiri, seseorang bisa tersinggung dan membuatnya menjauh lho. Walaupun orang tersebut bisa menerima apa adanya. Ada beberapa perilaku yang bisa membuat orang lain salah paham sehingga menimbulkan kesan negatif pada diri sendiri.

Jadi dalam bersosialisasi bukan hanya diri sendiri saja yang menghindari orang toxic, namun orang di sekitar juga melakukan hal yang sama. Untuk mendapatkan hubungan jangka panjang dengan orang yang disayangi, sebaiknya hindari perilaku berikut agar tidak membuat mereka menjauh.

Membuat semua hal menjadi masalah pribadi

Selain merusak hubungan, pikiran negatif bisa merusak harga diri.
Freepik.com

Hidup itu sulit, tiap orang mempunyai permasalahan pribadi masing-masing. Kebiasaan ini cenderung dianggap biasa saja, tapi bisa membuat orang lain jadi menjauh. Selain merusak hubungan, pikiran negatif bisa merusak harga diri. Jadilah orang yang fleksibel dan tidak terlalu serius dalam menghadapi seseorang. Namun tergantung pada status seseorang dan situasi apa yang dihadapi.

Cemburu secara terus menerus

Karena sifat ini akan membuat suasana menjadi tidak nyaman.
Freepik.com

Sedikit kecemburuan memang baik untuk motivasi, namun ada banyak dampak buruk yang mengintai. Meskipun perasaan cemburu yang dialami dapat mendorong seseorang jadi lebih baik, perasaan cemburu terus menerus akan membuat orang lain menjauh. Sifat ini akan membuat suasana menjadi tidak nyaman. Ubah kecemburuan menjadi pendorong pribadi agar berkembang.

Terlalu tergantung dengan orang lain

Segera sadari ketika sudah bergantung pada orang lain sebelum menjadi kebiasaan.
Freepik.com

Mempunyai seseorang yang bisa diandalkan dan bertukar pikiran memang baik, namun ingatlah bahwa nasib dan masa depan ada di tangan diri sendiri. Hal ini juga menunjukkan jati diri tiap individu sebenarnya. Berbagi cerita sewajarnya kepada orang terdekat dan dengarkan pendapat mereka. Segera sadari ketika sudah bergantung pada orang lain sebelum menjadi kebiasaan.

Bergosip tentang orang lain

Gosip tidak jauh dari merendahkan dan menghakimi orang lain.
Freepik.com

Kaum wanita memang lekat dengan kata bergosip, namun hal ini bisa membuat orang lain menjauh secara instan. Orang-orang positif pasti akan menjauh dari cerita negatif orang lain karena gosip tidak jauh dari merendahkan dan menghakimi orang lain. Fokuslah pada tujuan sendiri sehingga tidak punya waktu untuk memikirkan orang lain.

Selalu merasa menjadi korban

Sikap negatif ini akan mengendalikan mentalitas dalam mengambil tindakan.
Freepik.com

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia, termasuk orang di sekitar kamu. Mereka bisa saja melakukan kesalahan tanpa disadari, jika hal ini terjadi segera katakan. Hindari memendam dan memposisikan diri sebagai korban. Sikap negatif ini akan mengendalikan mentalitas dalam mengambil tindakan dan menghentikan diri sendiri agar menjadi pribadi lebih baik.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id