sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tak Kunjung Bayar, Ini 5 Cara Manjur Tagih Utang ke Teman

Izzul Millati Umami | Senin, 15 Feb 2021 14:30 WIB
Tak Kunjung Bayar, Ini 5 Cara Manjur Tagih Utang ke Teman
caption
Jakarta -

“Bulan Depan, Ya!” - Teman.

Sering sebel dengan jawaban seorang teman yang pernah utang di kamu? Wajar, kok. Sebagai pemilik uang, kamu berhak banget menagih ke temanmu sesuai dengan kesepakatan tanggal bayar. Eits, namun gimana kalau si dia nggak juga bayar? Ingin nagih lagi namun rasanya nggak enak dan takut kalau hubungan pertemanan renggang? 

Hm, coba deh 5 trik ini supaya si dia cepetan bayar utang:

1. Sindir secara halus

sindir secara halus
sindir secara halus/sumber:pexels.com

Trik pertama adalah dengan menyindir secara halus ke si dia. So, jangan langsung menagih secara bar-bar, ya! Kalau kamu tagih langsung secara spontan, si dia malah enggan buat bayar ke kamu. Wajar aja sih, terkadang yang ditagih lebih galak dari yang nagih, kok! So, firstly, kamu harusnya menyindirnya lewat media sosial. Ingat, jangan tag akunnya dan tetap sindir halus aja, ya! Bisa juga dengan pura-pura lupa nanya ke dia “eh, kalau nggak salah kamu punya utang ke aku, ya? aku lupa besarnya berapa?”

2. Beri Doi Tenggat Waktu

tenggat waktu
tenggat waktu/sumber:pexels.com

Supaya si doi cepetan bayar, kasih dia tenggat waktu. Jangan jadi nggak enakan kalau sudah masalah uang dengan teman. Soalnya, sebaik apapun teman kamu, ia bisa jadi pribadi yang lain saat berurusan dengan uang. So, ada bagusnya buat catat utang temanmu di sebuah kuitansi atau kertas perjanjian bermaterai. Kamu juga bisa merekam kalimat janjinya untuk membayar di tanggal sekian. Kalau cuma modal ucapan aja, suatu saat dia bisa berkelit, loh!

3. Ingatkan Secara Terus-Menerus

Jangan lupa buat ingetin utang teman kamu secara terus-menerus. Misalkan saja, tenggat waktunya di tanggal 10 Maret, nih. Nah, seminggu sebelum hari H tiba, kamu harus mengingatkannya. Nggak usah sungkan!

4. Tegur Saudaranya Untuk Mengingatkan

saudara
saudara/sumber:pexels.com

Kalau cara-cara di poin 1-3 sudah nggak mempan untuk bikin temanmu sadar, saatnya untuk meminta bantuan saudaranya buat ngingetin. Kamu boleh banget cerita ke ibunya atau kakaknya kalau temanmu ini punya utang. Dengan cara ini kemungkinan temanmu agak sedikit malu. 

5. Spill di Media Sosial

spill di media sosial
spill di media sosial/sumber:pexels.com

Sudah pakai cara di poin 1-4, tapi temanmu nggak kunjung bayar juga? Bahkan dia sempat blokir whatsapp kamu? Wah, gimana lagi ya, ini saat yang tepat bagi kamu untuk spill kelakuannya di media sosial. Kalau jumlah utangnya kecil sih ikhlasin aja, deh. Namun, kalau jumlah utangnya gede untuk ukuran kamu, spill aja di medsos. Siapa tahu banyak orang yang bantu kamu buat ngingetin dia, kan?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id