sign up SIGN UP

LIFE

13 Makanan Penyebab Mimpi Buruk yang Perlu Dihindari Biar Tidur Lebih Nyenyak

Henny Alifah | Kamis, 15 Oct 2020 09:00 WIB
13 Makanan Penyebab Mimpi Buruk yang Perlu Dihindari Biar Tidur Lebih Nyenyak
caption

Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh benar-benar dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan seseorang, entah itu secara fisik maupun psikis. Dalam urusan mimpi, misalnya, nyatanya makanan tertentu memang dapat menyebabkan pengalaman mimpi buruk yang mengerikan.

Pada dasarnya, makan sesuatu yang terlalu dekat dengan waktu tidur dapat memicu mimpi, kata Dr. Charles Bae, MD, dokter di Sleep Disorders Center di Cleveland Clinic, kepada Glamour. Makan terlalu larut dapat meningkatkan suhu dan metabolisme tubuh, yang pada akhirnya mengganggu tidur dan menyebabkan mimpi.

Penelitian yang paling terkenal tentang kaitan makanan dan mimpi buruk adalah penelitian pada tahun 2016 yang dilakukan oleh Tore Nielsen dari Dream & Nightmare Laboratory di Montreal. Penelitian yang melibatkan 396 partisipan ini menggunakan metode kuesioner. Berikut adalah 13 makanan yang digunakan dalam penelitian tersebut, yang berpotensi menyebabkan mimpi buruk.

1. Keju

keju disebut sebagai salah satu makanan penyebab mimpi buruk
Keju/ Foto: Freepik.com

Dari 68 partisipan yang menunjukkan mimpi mereka dipengaruhi oleh makanan, sebanyak 12,5 persen menyebut keju sebagai penyebabnya. Keju memang cukup dikenal luas sebagai makanan penyebab mimpi buruk. Menurut riset British Cheese Board, keju stilton dapat menghasilkan mimpi yang ganjil.

2. Pasta

pasta disebut sebagai salah satu makanan penyebab mimpi buruk
Pasta/ Foto: Pexels.com/Engin Akyurt

Ragu, ziti, dan berbagai macam pasta yang lain menempati peringkat kedua makanan penyebab mimpi buruk dengan persentase sebesar 12.5. Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam pasta diduga menjadi penyebabnya.

3. Daging

daging disebut sebagai salah satu makanan penyebab mimpi buruk
Daging/ Foto: Pexels.com/Skitterphoto

12.5 persen partisipan penelitian tersebut menunjukkan bahwa steak, hamburger, dan hot dog adalah makanan penyebab mimpi buruk mereka. 

4. Pizza

pizza disebut sebagai salah satu makanan penyebab mimpi buruk
Pizza/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Sebanyak 9,4 persen partisipan mengalami mimpi buruk setelah makan pizza dekat waktu tidur. Lagipula, pizza adalah mimpi buruk bagi orang yang rentan mengalami mulas dan gejala refluks asam.

5. Makanan pedas

makanan pedas disebut sebagai salah satu makanan penyebab mimpi buruk
Makanan Pedas/ Foto: Pexels.com/Ponyo Sakana

Ada baiknya berhenti menuang semua sambal dan saus pedas pada hidangan makan malam. Lebih dari 9 persen partisipan menunjukkan bahwa makanan pedas menyebabkan mimpi buruk. Kemungkinan, makanan pedas yang membawa perubahan suhu tubuh turut mengubah mimpi menjadi buruk.

6. Pickle

pickle mentimun disebut sebagai salah satu makanan penyebab mimpi buruk
Pickle Mentimun/ Foto: Freepik.com

Pickle, sayur dan buah yang difermentasi dengan cuka dan garam ini selain jadi kudapan dan menambah rasa asam pada makanan juga dapat membuat buah dan sayur lebih awet. Jenis buah dan sayur yang biasa dibuat pickle bervariasi tergantung selera, yang umum digunakan adalah mangga, pear, lemon, mentimun, wortel, tomat, dan paprika. Sebanyak 9,4 persen partisipan menunjukkan bahwa pickle mentimun menyebabkan mimpi buruk.

7. Susu

susu disebut sebagai salah satu penyebab mimpi buruk
Susu/ Foto: Freepik.com

Selama ini susu identik dengan minuman pengantar tidur. Rupanya, segelas susu hangat memiliki potensi menyebabkan tidur malam jadi tak tenang. Sebanyak 6,3 persen partisipan menunjukkan gejala mimpi buruk setelah minum susu sebelum tidur.

8. Gula, manisan, atau permen

makanan manis disebut sebagai salah satu makanan penyebab mimpi buruk
Makanan Manis/ Foto: Pexels.com/Sharon McCutcheon

Lebih dari enam persen partisipan menunjukkan gejala mimpi buruk mereka berasal dari makanan manis. Gula dapat memulai metabolisme dan menyebabkan kegelisahan. Belum lagi, konsumsi permen dan makanan manis lainnya sebelum tidur juga bisa berbahaya bagi kesehatan gigi jika tidak menyikat gigi dengan benar.

9. Cokelat

cokelat disebut sebagai salah satu makanan penyebab mimpi buruk
Cokelat/ Foto: Pexels.com/Polina Tankilevitch

Coklat disebut oleh sebanyak 6,3 persen partisipan sebagai pemicu mimpi buruk.

10. Fast food

fast food disebut sebagai salah satu makanan penyebab mimpi buruk
Fast Food/ Foto: Pexels.com/Robin Stickel

6,3 persen partisipan menunjukkan kesukaan mereka pada makanan cepat saji mengakibatkan mimpi buruk. Terlebih bagi mereka yang rawan mengalami mulas, makanan yang digoreng dan berminyak akan menyebabkan asam lambung kambuh. Ini menyebabkan ketidaknyamanan dan mual dalam beberapa kasus.

11. Sayur

sayur disebut sebagai salah makanan penyebab mimpi buruk
Bayam/ Foto: Pexels.com/Rodolfo Quirós

6,3 persen partisipan menunjukkan mimpi buruk pada malam-malam ketika mereka makan sayur. Mungkin metabolisme mereka terganggu dan hidangan seperti bayam, kangkung, atau sayuran padat lainnya memperparahnya.

12. Poutine

poutine disebut sebagai makanan penyebab mimpi buruk
Poutine/ Foto: Freepik.com

Poutine, hidangan asal Kanada yang penuh dengan tumpukan kentang goreng dibubuhi dadih keju dan siraman saus, disebut oleh 3.1 persen partisipan sebagai pemicu mimpi buruk.

13. Mi

mi disebut sebagai salah satu makanan penyebab mimpi buruk
Mi/ Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Satu lagi makanan yang kemungkinan berpotensi menyebabkan mimpi buruk, yaitu mi. Kandungan karbohidratnya sudah cukup buruk, dan sebanyak 3 persen partisipan menunjukkan bahwa mi memperburuk tidur mereka dengan mimpi buruk.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id