sign up SIGN UP

3 Cara Perbaiki Rambut yang Rusak dengan Bahan Alami yang Ada di Rumah

Raudiya Nurfadilah H | Senin, 05 Jul 2021 13:00 WIB
3 Cara Perbaiki Rambut yang Rusak dengan Bahan Alami yang Ada di Rumah
caption

Rambut rusak pada perempuan bisa disebabkan karena terlalu sering menggunakan hair dryer, catokan, melakukan smoothing, penggunaan pewarna, paparan sinar matahari, atau karena sering mencuci rambut.

Jika terlalu sering melakukan aktivitas tersebut akan muncul masalah rambut seperti kerontokan, kusam, bercabang, kering, mengembang, patah dan sebagainya. Lalu bagaimana untuk memperbaiki rambut rusak?

Sebenarnya bisa melakukan perawatan ke salon, tetapi kalau kamu merasa malas apalagi masih masa pandemi Covid-19 yang harus mengurangi bertemu banyak orang, kenapa nggak mencoba dengan melakukan perawatan rambut dari bahan alami yang ada di rumah saja?

Berikut ini beberapa bahan alami di rumah yang bisa memperbaiki rambut rusak.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat memperbaiki rambut yang rusak karena mengandung vitamin E
Minyak kelapa untuk rambut rusak/ Foto: Pexels/ Tijana Drndarski

Minyak kelapa memang dikenal memiliki segudang manfaat, salah satunya untuk perawatan pada rambut rusak.

“Minyak kelapa mudah diserap ke dalam rambut karena asam lemaknya, mengandung vitamin E untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan filter UV untuk menghentikan kerusakan akibat sinar matahari, dan sifat pelembapnya untuk melindungi rambut kering,” ujar Amy Abramite, direktur kreatif, pendidik salon, dan stylist di Chicago’s Maxine Salon dikutip dari Byrdie.

Cara untuk menggunakannya bergantung pada kebutuhan. Pertama, kamu bisa menggunakan minyak kelapa 10 menit sebelum keramas agar rambut kuat.

Kedua, jika kamu ingin melembapkan dan menghilangkan kusut, gunakan minyak kelapa sebagai pengganti kondisioner dengan mengaplikasikannya dari bagian tengah hingga ujung rambut.

Pisang dan Minyak Zaitun

Buah pisang dipercaya dapat menghidrasi dan melembapkan rambut yang kusam, rusak, kering
Pisang berguna untuk rambut rusak/ Foto: Pexels.com/ Alleksana

Bahan alami yang bisa digunakan untuk memperbaiki rambut yang rusak yakni pisang dan minyak zaitun. Buah pisang dipercaya dapat menghidrasi dan melembapkan rambut yang kusam, rusak, kering. Sementara, minyak zaitun memiliki vitamin E yang dapat membuat rambut menjadi lebih halus dan berkilau.

Cara membuatnya cukup mudah, campurkan satu buah pisang dan 1 sdm minyak zaitun. Kemudian bahan tersebut hancurkan hingga membentuk pasta, lalu oleskan pada rambut dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

Alpukat

buah alpukat dapat mengembalikan kilau rambut
Buah alpukat dapat memperbaiki rambut rusak/ Foto: Pexels/ Ready Made

Menurut  Stephen Sanna, ahli pewarna rambut di Pierre Michel Salon di New York City, mengatakan bahwa buah alpukat dapat mengembalikan kilau rambut.

“Gunakan seminggu sekali untuk rambut rusak dan sebulan sekali untuk rambut agar sehat,” ujar Sanna yang dikutip dari The Healthy.

Cara menggunakannya yaitu dengan menghancurkan satu buah alpukat yang telah matang dan satu butir telur hingga menjadi pasta. Lalu pasta alpukat dioleskan pada rambut yang telah basah dan diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

Selain bahan alami, kamu juga harus menghindari aktivitas-aktivitas yang dapat merusak rambut.
Cara mengurangi rambut rusak/ Foto: Pexels.com/ Gratisography

Selain menggunakan bahan alami, ada beberapa tips untuk mengurangi kerusakan rambut yang telah dirangkum dari Healthline.

  1. Menggunakan pengering rambut dari jarak 15 cm dan gerakkan hair dryer secara terus menerus
  2. Memilih pewarna rambut yang lebih gelap untuk membatasi kerusakan pada rambut
  3. Jangan terlalu sering menggunakan bleaching karena akan merusak rambut hingga taraf tertentu.

 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id