sign up SIGN UP

3 Manfaat Cuci Hidung dengan Larutan NaCl, Beneran Bisa Menyembuhkan Covid-19 Nggak Sih?

Ersa Monica | Senin, 02 Aug 2021 09:00 WIB
3 Manfaat Cuci Hidung dengan Larutan NaCl, Beneran Bisa Menyembuhkan Covid-19 Nggak Sih?
caption

Di tengah melonjaknya kasus Covid-19, banyak beredar kabar bahwa kegiatan mencuci hidung menggunakan larutan NaCl dapat menyembuhkan seseorang dari virus Corona. Namun, pemerintah melalui postingan yang dibuat di laman covid19.go.id telah memberi konfirmasi bahwa berita tersebut tidak benar.

Larutan NaCl rupanya tidak bisa membunuh virus yang masih hidup tetapi bisa membersihkan virus-virus dan sel-sel yang sudah mati. Lantas, sebenarnya apa saja manfaat dari mencuci hidung dengan larutan NaCl? Simak manfaatnya di bawah ini ya, Beauties!

1. Mencegah Alergi Debu

Alergi Debu/Foto: pexels.com
Alergi Debu/Foto: pexels.com

Sebagian diantara kita mungkin memiliki alergi debu. Orang yang alergi terhadap debu akan mengalami bersin, pilek, bahkan hingga pusing dan demam. Mencuci hidung secara teratur dapat membersihkan kotoran yang ada pada hidung.

Menurut dr. Bagas Wicaksono Sp.THT-KL yang dilansir dari detik.com, biasanya penderita alergi disarankan untuk mencuci hidung agar kotoran yang ada di dalam hidung yang mungkin bisa memacu reaksi dapat hilang. Debu yang sudah tersaring oleh bulu halus dalam hidung akan keluar setelah kita mencuci hidung dengan larutan NaCl.

2. Mengatasi Berbagai Penyakit Hidung

Terserang Flu/Foto: freepik.com
Terserang Flu/Foto: freepik.com

Cuci hidung merupakan praktik yang umum di dunia medis. Mencuci hidung termasuk terapi yang biasa diterapkan pada seseorang yang memiliki penyakit infeksi saluran pernapasan atas seperti sinusitis, rhinitis, dan flu.

Menurut penjelasan WHO yang dikutip dari situs covid19.go.id, membersihkan hidung secara teratur dengan larutan NaCl dapat dapat membantu seseorang untuk sembuh dari penyakit flu. Perlu dicatat, terapi cuci hidung ini hanya dapat menyembuhkan penyakit flu biasa, tidak termasuk Covid-19.

3. Mengurangi Gejala Anosmia pada Pasien Covid-19

Mencium Bau/Foto: unsplash.com
Mencium Bau/Foto: unsplash.com

Dilansir dari CNN Indonesia, dr. Erlang Samoedro, Sp.P mengatakan bahwa mencuci hidung dapat mengurangi gejala anosmia atau kehilangan kemampuan indera penciuman yang dialami penderita Covid-19. Kotoran dan sisa virus akan berkurang setelah kita mencuci hidung.

Berkurangnya jumlah virus dalam hidung akan menyebabkan berkurangnya pula peradangan dan lendir yang menutupi reseptor bau dan rasa. Oleh karena itu, gejala anosmia pun akan berkurang.

Itu dia manfaat mencuci hidung dengan NaCl. Walau kaya manfaat tapi tidak bisa langsung menyembuhkan seseorang dari virus corona ya, Beauties!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id