sign up SIGN UP

LIFE

4 Hal Ini Sering Disebut Picu Keguguran, Ternyata Cuma Mitos!

Lifia Mawaddah Putri | Senin, 14 Sep 2020 15:30 WIB
4 Hal Ini Sering Disebut Picu Keguguran, Ternyata Cuma Mitos!
caption
Jakarta -

Wajar jika ibu hamil merasa khawatir keguguran di trimester awal. Oleh sebab itu, kebanyakan ibu hamil memilih untuk menjauhi hal-hal yang katanya dapat memicu keguguran. Padahal, kebenarannya belum pasti. Berikut ini, Beautynesia.id telah merangkum 4 mitos yang banyak dipercaya oleh ibu hamil. Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Konsumsi Nanas

Nanas memang memiliki senyawa bromelin dimana senyawa ini dapat melunakkan daging. Mungkin karena inilah nanas dikhawatirkan bisa sebabkan keguguran.
Nanas/freepik.com

Mitos yang satu ini paling sering diperbincangkan di masyarakat. Padahal, hingga saat ini belum ada data maupun penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa nanas bisa menyebabkan keguguran. Nanas memang memiliki senyawa bromelin dimana senyawa ini dapat melunakkan daging. Mungkin karena inilah nanas dikhawatirkan bisa sebabkan keguguran. Tapi faktanya, senyawa ini juga enggak akan langsung mengakibatkan keguguran kok, Beautynesian.

Berhubungan Seks Saat Hamil

beberapa ahli juga mengatakan bahwa kontraksi otot yang terjadi saat orgasme baik untuk merangsang aktivitas janin.
Hubungan Intim/freepik.com

Hal ini juga cukup banyak dikhawatirkan oleh wanita yang sedang hamil. Selama berhubungan seks dilakukan saat hamil, janin di dalam perut akan terayun-ayun di dalam kantung amnion. Bagi yang sedang hamil normal dan tidak kembar, orgasme sama sekali enggak berisiko keguguran. Justru beberapa ahli menyatakan bahwa hubungan intim saat hamil dapat berdampak positif. Misalnya saja dapat menurunkan risiko preeklampsia serta kehamilan lewat bulan apabila rutin melakukan seks pada trimester ketiga. Selain itu, beberapa ahli juga mengatakan bahwa kontraksi otot yang terjadi saat orgasme baik untuk merangsang aktivitas janin.

Minum Kopi

Batasan konsumsi aman minum kopi untuk wanita hamil adalah enggak lebih dari 6 cangkir dalam sehari.
Kopi/freepik.com

Sebenarnya, kamu memang harus membatasi minum kopi saat sedang hamil. Tapi bukan berarti kamu enggak boleh mengonsumsinya sama sekali lho. Batasan konsumsi aman minum kopi untuk wanita hamil adalah enggak lebih dari 6 cangkir dalam sehari. Hal ini juga berlaku untuk minuman yang mengandung kafein lainnya seperti teh dan minuman yang mengandung soda. Kopi masih dapat dikonsumsi saat hamil karena kandungan kafeinnya sebenarnya enggak terlalu tinggi. Sehingga masih aman untuk dikonsumsi maksimal 600mg/hari.

Berpergian dengan Pesawat

Sejauh ini tekanan udara di dalam kabin pesawat aman untuk janin.
Berpergian Naik Pesawat/freepik.com

Banyak orang yang menunda untuk berpergian saat hamil karena takut keguguran. Sebenarnya, belum ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa wanita hamil yang sering berpergian dengan pesawat bisa mengalami keguguran. Sejauh ini tekanan udara di dalam kabin pesawat aman untuk janin. Tapi, mengingat kemungkinan proses melahirkan dapat terjadi kapanpun saat usia kehamilan tua, sebaiknya memang jangan berpergian dulu. Selain itu, disarankan ibu hamil menggunakan stoking untuk menghindari trombosis atau penggumpalan di kaki. Kemudian selama di pesawat dalam perjalanan panjang, disarankan untuk tidak duduk terus menerus selama lebih dari 4 jam.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id