sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Cara Menjaga Kehamilan Muda Agar Tak Keguguran dan Janin Sehat

Putri Arya | Selasa, 08 Sep 2020 12:30 WIB
Cara Menjaga Kehamilan Muda Agar Tak Keguguran dan Janin Sehat
caption

Awal kehamilan atau trimester pertama merupakan masa-masa sulit yang harus dilalui para wanita. Beberapa perubahan yang dialami seperti mudah lelah, mudah emosi dan menangis hingga menyebabkan stress bisa berdampak pada janin yang masih muda. Berikut 7 cara menjaga kehamilan muda agar tidak keguguran dan janin tetap sehat.

Hindari Asap Rokok dan Alkohol

cara mencegah keguguran saat hamil muda, hindari rokok dan alkohol
cara mencegah keguguran/freepik.com/

Merokok atau menghirup asap rokok (perokok pasif) bisa berbahaya bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan. Ibu Hamil yang terpapar asap rokok atau bahkan merokok beresiko Alami keguguran, bayi lahir premature hingga masalah pada paru-paru bayi. Begitu pula dengan alkohol, ibu hamil disarankan untuk menjauhi rokok serta alkohol agar kehamilan dan janin tetap sehat.

Kurangi Kafein

cara mencegah keguguran di hamil muda, kurangi kafein
cara mencegah keguguran/freepik.com/

Untuk ibu hamil muda, sebaiknya batasi konsumsi kafein harian untuk mencegah risiko keguguran dan masalah kehamilan lainnya. Seperti diketahui, kadar kafein yang terlalu tinggi bisa membahayakan janin khususnya janin yang masih muda.


Kendalikan Emosi dan Hindari Stres

cara mencegah keguguran, kelola emosi dan hindari stres
cara mencegah keguguran/pixabay.com/

Di masa kehamilan biasanya ibu hamil akan mengalami perubahan hormon dan bentuk tubuh. Perubahan hormon ini juga berakibat pada stress dan depresi jika tak dikelola dengan baik. Walau tidak langsung membahayakan janin, ibu hamil yang alami stress cenderung tak peduli pada asupan makanan yang masuk ke tubuhnya, gaya hidup yang tak sehat hingga membahayakan janin dalam kandungan.

Konsumsi Asam Folat

Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari untuk mengurangi risiko bayi cacat lahir serta keguguran. Makanan kaya asam folat yang baik untuk ibu hamil di antaranya yaitu sayuran hijau seperti bayam dan kangkung, kacang-kacangan, asparagus, sereal, alpukat, roti gandum dan tomat.

Terapkan Gaya Hidup Sehat

Menerapkan gaya hidup sehat penting dilakukan ibu hamil untuk mencegah keguguran. Seperti tidak merokok atau menjadi perokok pasif, mengonsumsi minuman beralkohol, hingga membatasi asupan kafein harian. Konsumsi makanan sehat selama kehamilan serta rutin berolahraga membantu ibu hamil terhindar dari risiko keguguran dini.

Lakukan Seks Aman

cara mencegah keguguran saat hamil muda, lakukan hubungan seksual dengan aman
cara mencegah keguguran/freepik.com/

Hindari penyakit menular seksual (PMS) yang bisa menyebabkan komplikasi kehamilan. Sebaiknya lakukan pemeriksaan apakah memiliki PMS atau tidak sebelum memulai program kehamilan. Hindari pula seks oral atau seks anal untuk mengurangi risiko terkena PMS.

Jangan Asal Minum Obat

cara mencegah keguguran saat hamil muda, jangan asal meminum obat
cara mencegah keguguran/freepik.com/

Saat sedang pusing, diare atau pegal-pegal, ibu hamil tak disarankan untuk sembarangan mengonsumsi obat. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter agar terhindar dari keguguran, khususnya pada janin muda.

Cobalah beralih pada cara alami atau herbal untuk mengatasi masalah kesehatan selama hamil. Namun lagi-lagi, rutin berkunjung ke dokter atau bidan dan konsultasikan terlebih dahulu apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id