sign up SIGN UP

4 Minuman Penambah Imun yang Aman Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung

Pavita Sevilla | Kamis, 15 Jul 2021 09:00 WIB
4 Minuman Penambah Imun yang Aman Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung
caption

Kasus Covid-19 akhir-akhir ini sedang meningkat sangat tajam. Menjaga imunitas tubuh tentunya menjadi hal terpenting yang harus kita perhatikan saat ini. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan mengonsumsi minuman sehat.

Sayangnya, bagi penderita penyakit asam lambung, beberapa minuman sehat malah bisa menimbulkan peningkatan asam lambung. Pemilihan minuman sehat yang tepat harus diperhatikan agar tidak jadi timbul masalah lain.

Nah, keempat minuman di bawah ini adalah jawaban untuk permasalahan di atas. Selain itu, minuman ini juga enak dan tanpa bahan pengawet. Jadi dijamin sangat sehat, Beauties!

1. Air Kelapa Hijau

Kelapa hijau/healthline.com/Anne Danahy
Kelapa hijau/healthline.com/Anne Danahy

Sudah bukan rahasia lagi jika air kelapa hijau memiliki sejuta manfaat yang bagus untuk tubuh. Bahkan, sekarang air kelapa hijau sedang banyak dicari di mana-mana. Umumnya, harga 1 kelapa hijau berkisar antara Rp15000 hingga Rp20000.

Air kelapa hijau kaya akan antioksidan, sehingga bisa menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit. Tak hanya itu, air kelapa hijau juga bisa membantu mengatasi beberapa penyakit, seperti diabetes, batu ginjal, dan kolesterol.

2. Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur/ayushology.com
Jamu beras kencur/ayushology.com

Rasa jamu pahit? Nggak enak? Eits tenang dulu, rasa jamu beras kencur berbeda dari jamu lainnya. Jamu beras kencur memiliki rasa yang nikmat, yaitu sedikit manis dan hangat di tenggorokan. Kencur masih satu famili dengan jahe. Maka tak heran jika keduanya memiliki rasa dan khasiat yang mirip.

Jamu beras kencur mengandung antioksidan yang tinggi. Maka, dengan mengonsumsi jamu beras kencur, tubuh dapat terlindungi dari radikal bebas dan virus. Jamu yang satu ini juga aman untuk dikonsumsi setiap hari.

3. Susu Madu Jahe

Susu madu jahe/lifealth.com/Debika Chakraborty
Susu madu jahe/lifealth.com/Debika Chakraborty

Mungkin sebutan STMJ (susu, telur, madu, jahe) lebih familiar didengar untuk minuman satu ini. Namun, penambahan telur mentah pada STMJ justru dapat mengurangi khasiat yang ada. Sehingga lebih baik untuk mengonsumsi campuran susu, madu, dan jahe saja.

Bagi yang memiliki keluhan asam lambung, lebih disarankan untuk menggunakan susu rendah lemak atau skim milk. Agar khasiat yang didapat lebih optimal, pastikan juga madu yang akan digunakan adalah madu murni asli yang belum mendapat tambahan bahan apapun ya!

4. Kombinasi Jus Buah dan Sayur

Kombinasi jus buah dan sayur/freepik.com/by freepik
Kombinasi jus buah dan sayur/freepik.com/by freepik

Terakhir, ada minuman favorit banyak orang, yaitu jus. Berbeda dengan jus biasanya, kombinasi jus buah dan sayur ini bisa dicoba agar manfaatnya untuk menambah daya tahan tubuh lebih optimal. Rasa dari jus buah dan sayur tidak akan terasa aneh asalkan dibuat dengan bahan dan perbandingan yang tepat.

Sayuran yang paling sering digunakan untuk kombinasi jus adalah wortel, timun, dan brokoli. Untuk membuatnya, pilih buah yang memiliki cita rasa manis, seperti buah naga, pisang, mangga, atau apel. Masukkan buah lebih banyak daripada sayuran agar jus tetap terasa enak. 

Jangan menyimpan jus terlalu lama meskipun di dalam kulkas, karena dapat menyebabkan khasiatnya berkurang. Jus akan lebih baik jika langsung diminum saat itu juga. 

Selamat mencoba ya, Beauties!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id