sign up SIGN UP

LIFE

5 Bahaya Terlalu Banyak Makan Daging Saat Idul Adha

Putri Arya | Jumat, 31 Jul 2020 18:30 WIB
5 Bahaya Terlalu Banyak Makan Daging Saat Idul Adha
bahaya terlalu banyak makan daging/pixabay.com/

Hari raya Idul Adha identik dengan berbagai olahan daging. Biasanya saat Idul Adha, umat muslim berkurban dan memotong kambing atau sapi dan membagikannya di lingkungan sekitar. Banyak yang mengolahnya menjadi sate atau rendang agar awet dan bisa disimpan dalam waktu lama.

Mengonsumsi daging seperti daging kambing memiliki manfaat untuk kesehatan. Seperti membantu pembentukan otot, mencegah anemia, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga sistem saraf serta sebagai sumber energi untuk tubuh.

Walau punya banyak manfaat, memakan daging secara berlebihan juga berdampak buruk untuk kesehatan tubuh. Tingginya kadar lemak dan protein dalam daging perlu diwaspadai saat kamu mengonsumsinya secara berlebihan. Berikut 5 bahaya terlalu banyak memakan daging:


Sembelit

terlalu banyak makan daging kambing bisa sebabkan sembelit
bahaya terlalu banyak makan daging/freepik.com/

Dampak buruk yang bisa langsung dirasakan saat terlalu banyak makan daging adalah sembelit. Baik daging kambing maupun sapi akan sulit dicerna. Mengonsumsinya secara berlebihan akan mengganggu sistem pencernaan dan membuat tinja lebih keras sehingga BAB jadi lebih sulit, bahkan bisa menyebabkan perdarahan hingga ambeien.

Memperparah GERD

terlalu banyak makan daging bisa memperparah gerd
bahaya terlalu banyak makan daging/cnnindonesia.com/

Mengonsumsi daging kambing terlalu banyak juga berbahaya bagi penderita GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Makan daging kambing berlebihan malah akan memperparah GERD, dimana asam lambung berbalik arah ke atas atau kerongkongan.

Lemak Jenuh

terlalu banyak makan daging tingkatkan kadar lemak jenuh dan kolesterol dalam tubuh
bahaya terlalu banyak makan daging/freepik.com/

Daging kambing dan sapi termasuk dalam kelompok daging merah yang mengandung banyak lemak, termasuk lemak jenuh. Dimana lemak jenuh mengandung banyak LDL atau lemak jahat yang bisa menumpuk pada dinding pembuluh darah dan timbulkan penyumbatan. Kadar lemak yang tinggi ketika memakan daging berlebihan juga berbahaya pada penderita penyakit jantung.

Kolesterol Tinggi

Efek jangka panjang ketika kamu terlalu banyak memakan daging adalah peningkatan kadar lemak dan kolesterol. Seperti diketahui, kolesterol tinggi berbahaya untuk kesehatan dan bisa jadi pemicu stroke. Kolesterol tinggi membuat penyempitan pembuluh darah otak sehingga membuatmu lebih mudah lupa dan sulit mengambil keputusan.

Dehidrasi

terlalu banyak makan daging picu dehidrasi
bahaya terlalu banyak makan daging/freepik.com/

Terlalu banyak makan daging juga bisa sebabkan dehidrasi. Hal ini karena kadar protein tinggi dari daging yang dikonsumsi menyebabkan ginjal memproduksi urine lebih pekat. Dehidrasi menyebabkan kulit kering, tubuh mudah lelah hingga sakit kepala.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id