sign up SIGN UP

5 Jenis Teh Ini Bisa Dijadikan Sebagai 'Obat Penenang' untuk Atasi Masalah Insomnia

Novia Rezki | Jumat, 06 Aug 2021 21:30 WIB
5 Jenis Teh Ini Bisa Dijadikan Sebagai 'Obat Penenang' untuk Atasi Masalah Insomnia
caption

Miliki gangguan tidur atau insomnia tentu membuat rasa tidak nyaman. Insomnia sering dianggap sepele namun jika dibiarkan berkepanjangan akan menyebabkan masalah serius pada kesehatan.

Banyak yang menggunakan cara instan dengan mengonsumsi obat tidur. Meski memberikan efek yang signifikan untuk membantu tidur namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan memberikan dampak bagi kesehatan.

Alih-alih menggunakan obat kimia, coba cara alami atasi insomnia, salah satunya konsumsi minuman teh. Mengonsumsi teh dipercaya dapat membantu tidur lebih nyenyak, lho Beauties.

Secara alami, teh menjadi ‘obat penenang’ yang bisa membantu tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Mengonsumsi teh sebelum tidur membuat tubuh lebih segar di pagi hari.

1. Teh Hijau

Teh hijau atasi insomnia (foto: freepik.com/zircunicusso)
Teh hijau atasi insomnia (foto: freepik.com/zircunicusso)

Teh hijau memang dipercaya memiliki segudang manfaat, salah satunya dapat membantu tidur lebih nyenyak. Hal ini karena teh hijau memiliki kandungan yang dapat membantu membuat tubuh dan pikiran tenang serta menurunkan efek khawatir berlebih.

Tak hanya itu, mengonsumsi teh hijau juga dapat membantu mendetoks tubuh dari racun yang juga memberikan manfaat untuk minuman menurunkan berat badan.

2. Teh Chamomile

Teh chamomile atasi insomnia (foto: freepik.com/8photo)
Teh chamomile atasi insomnia (foto: freepik.com/8photo)

Banyak dijual di pasaran, teh chamomile menjadi populer di kalangan pecinta teh. Bukan hanya populer, teh chamomile memiliki segudang manfaat.

Dilansir dari detikfood, bunga chamomile memiliki kandungan obat penenang yang bekerja langsung pada sistem saraf, mengurangi kecemasan, mimpi buruk, insomnia, hingga gangguan tidur lainnya.

Aromanya yang lembut juga menjadikan teh chamomile ini dikonsumsi dalam berbagai momen lho, Beauties!

3. Teh Serai

Teh serai atasi insomnia (foto: freepik.com/jcomp)
Teh serai atasi insomnia (foto: freepik.com/jcomp)

Teh serai sudah lama digunakan sebagai ramuan herbal pengantar tidur. Serai memberi efek neurobehavioral yang menenangkan pikiran dan menangkal hormon stres.

Hal ini membuat teh serai menjadi minuman yang cocok sebagai cara alami atasi insomnia. Aromanya yang menenangkan membuat pikiran menjadi rileks sehingga kualitas tidur menjadi lebih baik.

4. Teh Lavender

Teh lavender atasi insomnia (foto: pexels.com/leah kelley)
Teh lavender atasi insomnia (foto: pexels.com/leah kelley)

Pernah dengar minuman teh lavender? Teh yang terbuat dari bunga lavender yang dikeringkan ini memiliki sifat menenangkan. Mengonsumsi teh lavender sebelum tidur tentu dapat membuat tidur lebih nyenyak. Aroma dan rasa lavender dapat membuat suasana hati lebih stabil dan meningkatkan pikiran positif.

5. Teh Pisang

Teh pisang atasi insomnia (foto: pinterest.com/madame martha)
Teh pisang atasi insomnia (foto: pinterest.com/madame martha)

Meski terdengar unik, teh pisang ini umumnya terbuat dari buah pisang yang direndam di air panas dan kemudian diminum airnya. Konon, teh pisang bisa membantu untuk menenangkan pikiran sehingga membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Kandungan pisang terdiri dari magnesium dan kalium yang membantu mengendurkan pembuluh darah sehingga dapat menenangkan sistem saraf dan juga otot. Insomnia kamu perlahan akan membaik jika rutin minum teh pisang sebelum tidur.

Beauties, itu cara alami atasi insomnia dengan segelas teh. Tertarik mencoba yang mana nih?

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id