sign up SIGN UP

5 Kegiatan di Pagi Hari Ini Bantu Fokus Seharian dan Asah Otak Makin Cerdas, Sudah Mencobanya?

Zeyra Haya | Minggu, 05 Sep 2021 07:45 WIB
5 Kegiatan di Pagi Hari Ini Bantu Fokus Seharian dan Asah Otak Makin Cerdas, Sudah Mencobanya?
caption

Pernahkah kamu merasa tidak fokus saat menjalani hari? Beauties, perlu kita ketahui bahwa fokus otak dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Kesibukan, kecemasan, dan stres turut menjadi pemicu sulitnya otak untuk berkonsentrasi. Untuk itu, kita perlu melatih otak agar tetap fokus seharian.

Menjaga kesehatan otak bisa dimulai dari kegiatan-kegiatan di pagi hari. Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk meningkatkan aktivitas otak, tak ayal kegiatan di pagi hari seperti mandi air dingin, sarapan sehat, dan berolahraga juga mampu melatih kecerdasan otak.

5 Kegiatan di Pagi Hari Ini Bisa Bantu Tetap Fokus Seharian dan Tingkatkan Kecerdasan Otak

Siapa sangka, kegiatan-kegiatan kecil di pagi hari yang sering kita anggap sepele justru malah penting untuk melatih konsentrasi dan meningkatkan kecerdasan otak. Apa saja? simak penjelasannya berikut ini!

1. Minum Segelas Air Putih

Minum segelas air putih di pagi hari agar otak fokus seharian/Foto: freepik/azerbaijan_stockers
(Minum segelas air putih di pagi hari agar otak fokus seharian/Foto: freepik/azerbaijan_stockers)

Minum segelas air putih di pagi hari penting untuk memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh yang tidak didapatkan semalaman. Hidrasi berpengaruh pada kemampuan berfikir dan fokus.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengkonsumsi segelas air putih di pagi hari agar tubuh menjadi segar dan otak dapat berkonsentrasi dengan baik. Perlu kita ketahui bahwa umumnya, tubuh manusia memerlukan 7 gelas air putih atau setara dengan 2 liter air selama sehari.

2. Pasang Alarm dengan Nada Tenang

Pasang alarm tenang di pagi hari agar otak fokus seharian/Foto: freepik/gpointstudio
(Pasang alarm tenang di pagi hari agar otak fokus seharian/Foto: freepik/gpointstudio)

Belum banyak diketahui, ternyata memasang alarm dengan nada berisik dan mengagetkan justru berbahaya bagi kesehatan saraf lho, Beauties! Nada dering alarm yang keras akan memberi efek kejut dan memaksa sistem saraf bekerja secara mendadak.

Hal ini yang kemudian kerap membuat kita tidak mood bahkan sering menjadi emosional. Ahli saraf Patrick K. Porter, menjelaskan bahwa akan lebih baik jika tidak menggunakan alarm untuk bangun tidur di pagi hari atau sebagai pilihan pasanglah alarm dengan nada tenang.

3. Mendengarkan musik klasik

Mendengarkan musik klasik di pagi hari agar otak fokus seharian/Foto: freepik/lookstudio
(Mendengarkan musik klasik di pagi hari agar otak fokus seharian/Foto: freepik/lookstudio)

Sama halnya seperti nada alarm yang tenang, musik klasik juga ternyata dapat menjaga kesehatan sistem saraf. Ahli kesehatan Dian Griesel, mengungkapkan bahwa dengan mendengarkan musik klasik di pagi hari sambil mempersiapkan diri dapat memberikan dampak pada peningkatan kemampuan verbal, fungsi kognitif dan fokus.

Selain itu, beberapa hasil penelitian juga mengatakan bahwa mendengarkan musik klasik dapat membuat suasana hati menjadi baik. Sehingga mendengarkan musik klasik dapat membantu kita untuk memulai hari dengan menyenangkan.

4. Mengisi TTS atau Membaca Koran

Mengisi TTS atau membaca koran di pagi hari agar otak fokus seharian/Foto: freepik/lookstudio
(Mengisi TTS atau membaca koran di pagi hari agar otak fokus seharian/Foto: freepik/lookstudio)

Ahli bedah saraf Jason Liauw menyarankan untuk melakukan kegiatan membaca di pagi hari. Membaca merupakan aktivitas terbaik untuk menajamkan dan melatih fokus otak. Selain membaca, kegiatan seperti mengisi teka teki silang atau TTS pun dapat menjadi pilihan untuk mengasah kecerdasan otak.

Disamping dapat memberi ketenangan dalam diri dan meningkatkan kesehatan otak, faktanya membaca koran dan mengisi TTS juga dapat menambah wawasan dan informasi kita sebagai bekal menjalani hari.

5. Meditasi

Meditasi di pagi hari agar otak fokus seharian/Foto: freepik/benzoix
(Meditasi di pagi hari agar otak fokus seharian/Foto: freepik/benzoix)

Sering disepelekan, nyatanya meditasi sangat penting bagi kesehatan dan ketajaman otak. Ahli saraf Kristen Willeumier, mengungkapkan bahwa melakukan meditasi di pagi hari dapat mengurangi hormon kortisol dan epinefrin yang dapat membantu mengatur tekanan darah, detak jantung dan pola pernapasan.

Untuk kamu yang super sibuk, tidak perlu khawatir karena meditasi di pagi hari yang disarankan hanya perlu dilakukan beberapa menit saja. Selain itu, melakukan meditasi juga dapat melatih sinkronisasi seluruh bagian otak sehingga memungkinkan otak untuk bekerja secara fokus dan kreatif seharian.

Dilansir dari CNN Indonesia, itulah 5 kegiatan di pagi hari yang dapat membuat otak fokus seharian dan meningkatkan kecerdasan otak. Sudahkah kamu mencobanya, Beauties?

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id