sign up SIGN UP

5 Kondisi yang Menandakan Masalah Kesehatan pada Miss V

Lulu Lukyani | Minggu, 23 May 2021 15:15 WIB
5 Kondisi yang Menandakan Masalah Kesehatan pada Miss V
caption
Jakarta -

Menjaga kesehatan vagina wajib dilakukan oleh setiap wanita. Selain menjadi alat reproduksi, kesehatan vagina juga akan memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika terdapat masalah pada vagina, sebaiknya segera periksakan pada dokter agar penyebabnya dapat didiagnosis dan kamu bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

Sebelum itu, pahami dulu beberapa kondisi yang menandakan adanya masalah kesehatan pada vagina.

Tanda vagina bermasalah

Ilustrasi masalah kesehatan pada miss V
Ilustrasi masalah kesehatan pada miss V/Freepik

Dilansir dari detikhealth, berikut adalah 5 kondisi yang menjadi petanda masalah pada vagina.

1. Rasa gatal pada vagina

Jika vagina atau vulva mengalami gatal yang cukup parah, bisa jadi ada masalah kesehatan di area kewanitaanmu. Misalnya, tubuh sedang mengalami reaksi alergi terhadap sabun yang digunakan sehingga memicu kondisi bacterial vaginosis yang terjadi ketika bakteri normal di vagina tidak seimbang.

2. Bau menyengat pada vagina

Vagina memang memiliki berbagai macam bau dan beberapa di antaranya tidak menandakan masalah pada vagina. Namun, jika vagina mengeluarkan bau menyengat yang mengganggu, sebaiknya segera periksakan pada dokter karena hal tersebut bisa jadi petanda masalah kesehatan.

3. Siklus menstruasi tidak teratur

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur, di antaranya adalah stres, penurunan atau kenaikan berat badan yang drastis, aktivitas fisik yang berat, dan sebagainya.

Selain itu, siklus menstruasi yang tidak teratur bisa juga disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon atau sindrom ovarium polikistik (PCOS).

4. Keputihan yang tidak normal

Keputihan biasa dialami oleh banyak wanita. Umumnya, keputihan akan mengakibatkan keluarnya cairan putih atau bening yang tebal, berair, dan licin. Keputihan perlu dikhawatirkan jika mengeluarkan cairan yang berwarna lain dan berbau tidak sedap.

5. Muncul benjolan di kulit luar vagina

Jika terdapat benjolan kecil di bawah vulva atau di area labia, biasanya ada kelenjar yang tersumbat akibat penumpukan cairan. Benjolan ini memang bisa hilang dengan sendirinya, namun bisa juga diikuti oleh gejala nyeri atau benjolan semakin membesar.

Jika demikian, periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti munculnya benjolan agar bisa ditangani dengan tepat.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id