sign up SIGN UP

5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Flu Supaya bikin Lebih Cepat Sembuh

Ratih Dewi | Rabu, 24 Nov 2021 19:45 WIB
5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Flu Supaya bikin Lebih Cepat Sembuh
Foto : Makanan yang Harus dihindari saat Flu/pexels.com/Andrea Piacquadio

Musim hujan yang berlangsung di beberapa wilayah, membuat beberapa orang lebih rentan terkena penyakit flu. Selain obat-obatan, faktor makanan yang dikonsumsi juga berpengaruh pada kesembuhan, bisa lebih cepat ataupun lebih lama untuk sembuh. 

Banyak makanan yang bisa dikonsumsi untuk meredakan flu lebih cepat, seperti makanan hangat, sup tulang, ataupun makanan lainnya yang mengandung vitamin D tinggi. Namun, ada juga makanan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi saat flu. 

Tidak hanya membuat flu lebih lama sembuh, beberapa makanan berikut ini juga bisa membuat flu menjadi lebih parah. Berikut makanan yang sebaiknya dihindari ketika flu: 

1. Produk Susu

Produk Susu
Produk Susu/Foto : pexels.com/NastyaSensei

Makanan yang dibuat dari susu, seperti susu sapi segar, keju, yogurt atau lainnya tidak baik dikonsumsi saat flu. Melansir dari laman Eat This, produk susu dapat memperburuk atau mengentalkan produksi dahak atau lendir pada beberapa orang dan dapat mengurangi respon sistem kekebalan tubuh

Walaupun mengkonsumsi susu hangat sekalipun di pagi hari, sebaiknya dihindari dulu ya, Beauties. Susu mengandung lemak yang pada beberapa orang yang bisa menyebabkan atau memperburuk peradangan, sehingga proses penyembuhan menjadi lebih lama. 

2. Makanan Pedas

Makanan Pedas
Makanan Pedas/Foto : pexels.com/Laker

Bagi beberapa orang, mengkonsumsi makanan pedas ketika sedang flu akan membuat tubuh menjadi lebih baik, karena mengeluarkan banyak keringat dan lendir di hidung. Salah satu menu yang banyak dikonsumsi saat flu adalah sup atau mie instan yang pedas.

Padahal, makanan pedas justru dapat memicu flu jadi lebih buruk, karena bisa mengiritasi saluran hidung, tenggorokan dan menyebabkan produksi lendir lebih banyak. Selain itu, makanan pedas juga bisa membuat perut sakit dan memperburuk kondisi tubuh. Demikian seperti yang dilansir dari laman My Recipes. 

3. Permen dan Cokelat

Permen dan Cokelat
Permen dan Cokelat/Foto : pexels.com/Ylanite Koppens

Tidak hanya susu, makanan manis seperti permen dan cokelat juga sebaiknya dihindari saat flu. Melansir dari laman Health Shots, makanan manis yang mengandung banyak gula dapat menyebabkan peradangan dan menurunkan kekebalan tubuh dengan melemahkan sel-sel darah putih.

Sel darah putih pada tubuh kita memiliki peranan penting untuk melawan infeksi bakteri dan penyakit. Jika, sel darah putih melemah, tubuh akan sulit untuk melawan penyakit dengan efektif yang menyebabkan flu bisa berlangsung lebih lama. 

4. Makanan yang Lama dicerna

Makanan yang Lama dicerna
Makanan yang Lama dicerna/Foto : pexels.com/Dayvison de Oliveira Silva

Ketika flu, tidak hanya hidung namun tenggorokan juga menjadi lebih sensitif. Makanan yang sulit dicerna seperti biskuit, keripik, ataupun kerupuk bisa membuat tenggorokan sakit dan membuat batuk lebih parah. Demikian seperti yang dilansir dari laman Healthline. 

Hindari juga mengkonsumsi makanan seperti roti panggang atau oatmeal, karena lebih lama dicerna oleh tubuh dan terlalu keras untuk sistem pencernaan ketika sakit. 

5. Minuman Kafein dan Alkohol

Minuman Kafein dan Alkohol
Minuman Kafein dan Alkohol/Foto : pexels.com/Engin Akyurt

Melansir dari laman The Healthy, minuman beralkohol dan berkafein bisa membuat tubuh lebih mungkin mengalami dehidrasi, karena sifatnya yang diuretik yaitu menurunkan tingkat hidrasi di tubuh kita. Sama seperti makanan yang mengandung gula, minuman alkohol, kopi, teh, soda juga membuat sel darah putih menjadi lemah. 

Pastikan saat flu, kita mengkonsumsi cukup air mineral dan menjaga tubuh tetap terhidrasi supaya sembuh lebih cepat. Tetap jaga kesehatan ya, Beauties. Semoga membantu! 

[Gambas:Youtube]


---------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id