sign up SIGN UP

LIFE

5 Manfaat Baik Sahur di Bulan Ramadan

Anindya Milagsita | Sabtu, 24 Apr 2021 02:30 WIB
5 Manfaat Baik Sahur di Bulan Ramadan
caption

Ladies, selama berpuasa sahur menjadi rutinitas yang biasa dilakukan saat ramadan tiba. Meskipun sahur setiap hari hanya bisa dijumpai saat ramadan, ternyata masih ada sebagian orang yang melewatkannya lho. 

Padahal dengan seorang muslim melaksanakan sahur, akan ada banyak manfaat baik yang bisa dirasakan. Lalu apa sajakah manfaat sahur yang bisa didapatkan seorang muslim? Yuk cari tahu lewat artikel berikut!

1. Sahur sebagai Sunah Rasul

Sahur sebagai salah satu sunah Rasul.
Manfaat Sahur Saat Berpuasa/sumber: freepik.com/

Meskipun bukan sebagai syarat wajib untuk berpuasa, sahur penting dilakukan karena menjadi salah satu sunah Rasulullah yang baik untuk diterapkan. Sunah ramadan yang satu ini enggak apa-apa apabila tak dijalankan. Tapi ada berbagai keberkahan yang akan didapat saat seorang muslim melaksanakan sahur, Ladies. Oleh karena itu, rutinitas sahur di bulan ramadan dianjurkan buat dilakukan.

2. Sebagai Sumber Energi Seharian

Sumber energi untuk menjalani puasa seharian.
Manfaat Sahur Saat Berpuasa/sumber: freepik.com/

Baik bekerja ataupun melakukan aktivitas saat berpuasa, dibutuhkannya energi yang cukup bagi tubuh agar memiliki tenaga untuk melakukannya, Ladies. Manfaat sahur lainnya yang enggak boleh dilewatkan adalah mendapatkan sumber energi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. 

3. Menjaga Stamina Saat Puasa

Sebagai sumber kekuatan untuk beraktivitas.
Manfaat Sahur Saat Berpuasa/sumber: freepik.com/

Beraktivitas seharian selama puasa tentu tak mudah. Dibutuhkan stamina yang penuh bagi tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas. Nah, untuk itulah manfaat sahur penting agar bisa membantu kamu buat menjaga stamina. Agar dapat memaksimalkan stamina untuk berpuasa, kamu bisa memilih makanan yang mengandung gizi dan vitamin yang seimbang ya.

4. Momen Quality Time Bersama Keluarga

Menjalin quality time bersama keluarga.
Manfaat Sahur Saat Berpuasa/sumber: freepik.com/

Buat kamu yang tinggal bersama keluarga, manfaat sahur yang bisa dirasakan adalah menjalin kedekatan dan juga quality time. Kebersamaan dengan keluarga yang terjalin selama waktu sahur di bulan Ramadan akan terasa lebih istimewa, Ladies. Momen inilah yang bisa menjadi media buat kita bisa lebih dekat dengan keluarga.

[Gambas:Instagram]

5. Mencegah Terjadinya Dehidrasi

Mencegah terjadinya dehidrasi selama berpuasa.
Manfaat Sahur Saat Berpuasa/sumber: freepik.com/

Last but not least, saat sahur penting dilakukan selama berpuasa untuk menghindari terjadinya dehidrasi pada tubuh. Menahan lapar dan haus selama seharian penuh sampai waktu berbuka tiba membuat tubuh mengalami kekurangan cairan, Ladies. Dengan mengisi perut di pagi hari saat sahur, bisa membantu kamu terhindar dari dehidrasi.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id