sign up SIGN UP

LIFE

Sahur Diganti dengan Makan Tengah Malam, Bolehkah? Ini Kata Ahli Gizi

tjitradewi | Rabu, 21 Apr 2021 22:15 WIB
Sahur Diganti dengan Makan Tengah Malam, Bolehkah? Ini Kata Ahli Gizi
caption

Memasuki pertengahan bulan ramadan biasanya semangat untuk bangun sahur sudah mulai meredup. Salah satu alasannya adalah rasa mengantuk yang teramat besar dan tubuh yang lemas karena sudah lebih dari seminggu berpuasa.

Sebagai ganti sahur beberapa orang memilih untuk makan tengah malam, biasanya satu hingga dua jam sebelum tidur malam. Alasan yang mendasarinya adalah khawatir tidak terbangun saat sahur dan akan lemas saat menjalani puasa keesokan harinya.

Mi instan biasanya menjadi pilihan saat makan larut malam.
Mi instan biasanya menjadi pilihan saat makan tengah malam. (Freepik)

Lalu, apakah cara ini dibenarkan ya? Beautynesia menghubungi Ahli Gizi sekaligus Nutrisionist di dietbaik.id, Maharani Jibbriellia. Menurut perempuan lulusan Universitas Gajah Mada itu, kebiasaan makan larut malam untuk mengganti sahur tidak dibenarkan.

"Nah, ini jadinya enggak bagus. Saran agama juga kan mendekati waktu sahur. Sebenarnya ada kok kiat-kiat biar kita tetap semangat sahur. Biasanya orang alasannya males bangun," ujar Maharani kepada Beautynesia.

Sahur bersama keluarga membuat sahur menjadi bersemangat.
Sahur bersama keluarga membuat sahur menjadi bersemangat. (Freepik)

Menurutnya, jam sahur sudah dirancang agar bagi mereka yang berpuasa tetap berenergi saat menjalankan ibadah tersebut.

"Padahal jam sahur udah didesain biar kita cukup tenaga untuk berkegiatan aktif walau sedang puasa. Kalau jam sahur dimundurin apalagi sampe tengah malam, nanti di siang harinya biasanya lebih kurang aktif, jadi lebih lemas karena habis tenaga."

Melewatkan sahur membuat tubuh terasa lemas saat berpuasa.
Melewatkan sahur membuat tubuh terasa lemas saat berpuasa. (Freepik)

"Itu enggak baik kalo terakumulasi, esensi puasanya jadi enggak dapat, efek kesehatannya juga enggak dapat. Kalaupun dapat manfaatnya enggak akan optimal kalau kita beneran sesuai aturan makan mepet subuh," jelasnya lagi.

Sudah jelas ya Ladies, sebaiknya jangan mengganti sahur dengan makan larut malam. Lalu, apakah tidur setelah sahur juga berdampak buruk untuk tubuh? Maharani mengungkap bahwa kalori yang kita asup saat sahur jika tidak digunakan akan menumpuk dalam tubuh.

Tidur setelah sahur tidak baik bagi kesehatan.
Tidur setelah sahur tidak baik bagi kesehatan. (Freepik)

"Kalau kita terbiasa hidup yang sesuai pola, biasanya kita akan enggak nyaman abis makan langsung tidur. Ketika kita makan berarti kita siap beraktivitas lagi, habis isi bensin istilahnya. Nah kalo energinya enggak dipakai ya udah, ditumpuk dia," jelasnya.

Yuk siapkan menu atau cari aktivitas yang membuatmu semangat sahur!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id