sign up SIGN UP

LIFE

5 Manfaat Rambut Kemaluan yang Jarang Diketahui

LIFIA MAWADDAH PUTRI | Selasa, 21 Jul 2020 02:00 WIB
5 Manfaat Rambut Kemaluan yang Jarang Diketahui
caption
Jakarta -

Semua orang yang telah tumbuh dewasa pasti memiliki bulu di daerah kemaluannya. Akan tetapi, beberapa orang memilih untuk mencukur habis bulu tersebut karena berbagai alasan. Padahal, bulu kemaluan punya banyak manfaat yang jarang diketahui. Manfaat dari bulu kemaluan pun justru dapat menjaga kesehatan organ intimmu. Mau tahu apa saja manfaatnya? Simak ulasannya berikut ini.

Melindungi Vagina dari Bakteri dan Patogen

Bulu kemaluan berguna untuk melindungi vagina dari bakteri
Manfaat Bulu Kemaluan/freepik.com

Sama seperti bulu mata dan bulu hidung, bulu kemaluan pun juga berperan untuk menjaga area intim dari kotoran dan mikroorganisme yang berbahaya bagi kesehatan area kewanitaan. Oleh karena itu, bulu kemaluan dapat melindungi dari infeksi tertentu. Misalnya saja seperti selulitis, infeksi saluran kemih, vaginitis, dan infeksi jamur. Namun, tidak pernah memotong bulu kemaluan juga enggak bagus untuk kesehatan. Jadi, cukup gunting dan jangan cukur sampai habis.


Menghindari Iritasi

Selain sebagai penghalang alami dari virus dan bakteri, bulu kemaluan juga bisa melindungi kulit halus yang terdapat di area genital dari memar dan iritasi. Sebab, terkadang pakaian yang kita gunakan dapat membuat kulit jadi teriritasi di area ini. Beberapa pakar pun telah mengungkapkan bahwa orang yang mencukur habis bulu kemaluannya lebih rentan mengalami iritasi di daerah intimnya.

Mencegah Penyakit Seks Menular

Sebuah penelitian yang dilaporkan oleh Perpustakaan Kedokteran Nasional AS menemukan bahwa orang yang mencukur habis bulu kemaluannya lebih berisiko terkena penyakit seksual menular.
Manfaat Bulu Kemaluan/freepik.com

Sebuah penelitian yang dilaporkan oleh Perpustakaan Kedokteran Nasional AS menemukan bahwa orang yang mencukur habis bulu kemaluannya lebih berisiko terkena penyakit seksual menular. Hal ini dapat terjadi karena luka terbuka pada kulit ketika mencukur bulu kemaluan. Sehingga infeksi lebih mudah tertular melalui luka tersebut. Oleh karena itu, jangan mencukur habis bulu kemaluanmu ya. Justru bulu tersebut sangat berfungsi untuk melindungi kulit di area tersebut.

Mengurangi Keringat

Bukan hanya tubuh saja yang bisa berkeringat. Area kemaluan pun juga mengeluarkan keringat lho, Ladies. Oleh sebab itu, bulu kemaluan memiliki fungsi untuk menyerap keringat di area kewanitaanmu. Dengan begitu, area kewanitaanmu pun akan terlindungi dari bakteri yang terdapat pada keringat tersebut.

Mengatur Suhu Tubuh

Bulu vagina dapat menjaga suhu tubuh
Manfaat Bulu Kemaluan/freepik.com

Meskipun kebanyakan orang melakukan waxing untuk menghilangkan bulu-bulu pada tubuh, nyatanya bulu tersebut pun memiliki fungsi yang spesial. Salah satunya adalah untuk mengatur suhu tubuh kita. Jadi, bulu kemaluan juga memiliki manfaat untuk mengatasi pengap dan rasa panas di area organ intim.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id