sign up SIGN UP

5 Mitos Payudara yang Telanjur Dipercaya hingga Sekarang, Benarkah Pasti Kendur Kalau Tidak Pakai Bra?

Raudiya Nurfadilah H | Sabtu, 25 Sep 2021 18:00 WIB
5 Mitos Payudara yang Telanjur Dipercaya hingga Sekarang, Benarkah Pasti Kendur Kalau Tidak Pakai Bra?
caption

Payudara merupakan organ tubuh manusia yang terbentuk dari kumpulan jaringan lemak, kelenjar, saraf, dan pembuluh darah. Karenanya, setiap perempuan dapat memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda.

Meski begitu, masih banyak yang mengaitkannya dengan beberapa mitos masyarakat dan hingga saat ini masih banyak pula yang percaya akan hal tersebut.

Nah, untuk memahami kesalahan persepsi tentang payudara, berikut ini ada beberapa mitos yang beredar di masyarakat dan fakta yang sebenarnya.

Menyusui Akan Mengubah Bentuk Payudara

Mitos menyusui dapat membuat payudara kendur
Mitos menyusui dapat membuat payudara kendur/ Foto: Freepik/ Senivpetro

Mitos yang beredar dan masih banyak dipercaya oleh masyarakat yakni payudara akan menjadi kendur setelah menyusui. Sebenarnya mitos tersebut tidak sepenuhnya benar. Mengutip laman Mayo Clinic, sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa menyusui tidak berdampak negatif terhadap bentuk atau volume payudara.

Selama kehamilan, ligamen yang menopang payudara mungkin meregang dan pada saat itu payudara menjadi lebih penuh dan lebih berat. Peregangan ini memang dapat menyebabkan payudara kendur setelah kehamilan. 

Kemudian saat masa menyusui lewat dan jaringan payudara tidak lagi menghasilkan air susu, beberapa wanita memang ada yang mengalami penyusutan bentuk payudara dan terlihat mengendur. Meski begitu, bukan berarti kamu jadi menghindari menyusui. Payudara kendur akan tetap terjadi seiring berjalannya waktu. Banyak faktor lain yang bisa menyebabkan payudara menjadi kendur, misalnya merokok dan elastisitas kulit sudah berkurang. 

Bra Sebabkan Kanker Payudara

Mitos bra dapat menyebabkan kanker
Mitos bra dapat menyebabkan kanker/ Foto: Freepik/ freepik

Salah satu mitos yang beredar di masyarakat yakni mengenakan bra dapat menyebabkan kanker payudara. Mengutip laman Medical News Today, mitos tersebut didasarkan pada gagasan bahwa memakai bra memengaruhi drainase limfatik, yang merupakan proses membantu mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam tubuh.

Masalah dengan drainase limfatik dapat menyebabkan zat menumpuk di aliran darah, berpotensi meningkatkan risiko terkena kanker. Menurut American Cancer Society, tidak ada bukti ilmiah yang mengaitkan pemakaian bra dengan kanker payudara.

Mitos tersebut kemungkinan bisa berasal dari sebuah fakta di mana orang dengan kelebihan berat badan cenderung memiliki payudara yang besar. Kemudian obesitas merupakan salah satu faktor yang mengembangkan kanker payudara.

Payudara Bisa Kendur Jika Tidak Memakai Bra

Mitos tidak memakai bra maka payudara akan kendur
Mitos tidak memakai bra maka payudara akan kendur/ Foto: Freepik/ Halayalex

Seorang dokter spesialis kesehatan payudara, dr. Cassann Blake, MD mengatakan bahwa memakai bra tidak mencegah payudara kendur dan tidak memakai bra pun tidak menyebabkan payudara kendur.

“Mengenakan bra tidak memengaruhi risiko payudara kendur atau yang disebut ‘breast ptosis’, itu juga tidak akan memengaruhi bentuk payudara. Namun jika ukuran cup (yang dipakai) lebih besar, kamu mungkin merasa lebih nyaman karena dapat meringankan atau mencegah sakit punggung”, ujarnya yang dikutip dari Cleveland Clinic.

Jadi, payudara yang kendur tidak dipengaruhi oleh bra. Lakukan apapun yang buatmu nyaman, kamu bisa memakai bra ataupun tidak, karena keputusan berasal dari kenyamananmu.

Push-up Bisa Meningkatkan Kekencangan Payudara

Mitos push-up bisa mengencangkan payudara
Mitos push-up bisa mengencangkan payudara/ Foto: Freepik/ Master1305

Dengan melakukan push-up secara teratur, sebelumnya diketahui dapat melatih otot dada yang dapat menyebabkan payudara lebih kencang dari waktu ke waktu. Mengutip laman Health Update, sebenarnya tidak ada olahraga yang dapat secara langsung mengatasi masalah payudara yang kendur, karena payudara terdiri dari jaringan lemak.

Kekencangan payudara berkaitan dengan kualitas kulit dan ukuran kelenjar susu. Seiring bertambahnya usia, kulit dapat menjadi kurang elastis dan ukuran kelenjar akan mengecil.

Tidur Memakai Bra Bisa Buat Payudara Kencang

Mitos memakai bra saat tidur buat payudara kencang
Mitos memakai bra saat tidur buat payudara kencang/ Foto: Freepik/ Tirachardz

Mengenakan bra sewaktu tidur agar tetap kencang adalah mitos, meski mengenakan bra dapat membantu mencapai bentuk dan tampilan yang diinginkan, tetapi setelah dilepas, payudara akan kembali ke posisi semula. Serta mengenakan bra sewaktu tidur dapat memperburuk efek kendor karena penyangga kawat bekerja melawan gravitasi, melemahkan kemampuan alami payudara.

Itulah beberapa mitos tentang payudara yang beredar di masyarakat. Mitos mana yang pernah kamu dengar, Beauties?

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id