sign up SIGN UP

5 Olahraga Simpel yang Bisa Dilakukan di Rumah untuk Jaga Kekebalan Tubuh

Budi Rahmah Panjaitan | Senin, 05 Jul 2021 08:30 WIB
5 Olahraga Simpel yang Bisa Dilakukan di Rumah untuk Jaga Kekebalan Tubuh
caption

Meski masih beraktivitas di rumah aja, olahraga tetap harus tetap jalan demi menjaga kekebalan tubuh, Beauties. Nggak melulu harus di luar ruangan, meski kamu sebenarnya sudah terbiasa melakukan olahraga outdoor.

Sebab, kamu masih bisa melakukan olahraga simpel selama di dalam rumah. Apa saja olahraga simpel untuk menjaga kekebalan tubuh tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Jumping Jack

Olahraga jumping jack untuk imunitas tubuh selama di rumah aja/foto:youtube.com/howcast
Olahraga jumping jack untuk imunitas tubuh/foto:youtube.com/howcast

Olahraga simpel selama di rumah untuk meningkatkan kekebalan tubuh pertama yang bisa kamu coba adalah jumping jack. Olahraga ini masuk dalam jenis gerakan kardio yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apabila Beauties rutin melakukannya, maka dapat menguatkan otot dan juga jantung.

Selain itu, akan sangat baik untuk Beauties yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Sesuai dengan namanya, jumping jack ini banyak memainkan gerakan lompatan. Ternyata, selain membuat tubuh lebih sehat, gerakan jumping jack bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Tentu hal ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi stres selama berada di rumah saja.

Cara melakukan gerakan jumping jack ini cukup mudah, kamu tinggal berdiri tegak kemudian kedua kaki bersatu serta posisi tangan berada di samping tubuh. Selanjutnya, lompat bersama sambil mengangkat tangan di atas kepala kemudian pisahkan kaki.

2. Plank

Plank secara rutin untuk menjaga kekebalan tubuh di masa pandemi/foto:freepik.com
Plank secara rutin untuk menjaga kekebalan tubuh/foto:freepik.com

Olahraga berikutnya yang recommended untuk dicoba adalah plank. Gerakan ini mudah untuk dilakukan, terlebih lagi karena tidak butuh peralatan khusus. Plank bermanfaat untuk meregangkan otot-otot kaki seta meningkatkan definisi otot. Beauties yang punya keluhan sakit pinggang juga bisa mencoba olahraga satu ini untuk dijadikan solusi.

Jika dilakukan secara rutin, plank bisa menjaga kebugaran tubuh sehingga imunitas pun turut bertambah. Cara melakukannya diawali dengan memposisikan tubuh seperti tengkurap lalu kedua tangan dan kaki menjadi tumpuan. Atur waktu sekitar 1 menit atau kurang dari itu. Tinggal disesuaikan saja dengan ketahanan masing-masing.

3. Skipping

Skipping untuk meningkatkan kekebalan tubuh di saat pandemi Covid-19/foto:freepik.com
Skipping untuk meningkatkan kekebalan tubuh/foto:freepik.com

Skipping atau yang disebut sebagai olahraga lompat tali juga masuk dalam deretan olahraga simpel selama di rumah untuk menjaga imunitas tubuh. Olahraga sederhana ini bisa dengan mudah dilakukan, karena tidak membutuhkan teknik khusus.

Sesuai dengan namanya, olahraga ini dilakukan dengan media berupa tali khusus untuk olahraga yang kemudian dipakai selama 15 hingga 20 menit (sesuai ketahanan tubuh masing-masing). Olahraga lompat tali ini membantu membakar kalori dan meregangkan otot.

4. Naik Turun Tangga

Naik turun tangga untuk tingkatkan kebugaran selama ppkm darurat/foto:freepik.com
Naik turun tangga untuk tingkatkan kebugaran/foto:freepik.com

Beauties yang memiliki tangga atau sejenis tanjakan di rumah bisa memanfaatkannya untuk olahraga. Olahraga naik turun tangga ini memang terbilang sangat sederhana karena tidak butuh media ataupun teknik khusus.

Caranya sangat mudah, tinggal naik dan turun tangga selama beberapa kali. Jika merasa kuat, Beauties bisa setting timer selama 10 hingga 15 menit. Lakukan setiap hari supaya kebugaran tubuh tetap terjaga dan tidak rentan terserang penyakit.

5. Crunch

Olahraga crunch untuk menjaga imunitas tubuh supaya tetap kuat/foto:freepik.com
Olahraga crunch untuk menjaga imunitas tubuh/foto:freepik.com

Nah, satu lagi olahraga yang bisa Beauties coba adalah crunch. Olahraga ini bisa dengan mudah dilakukan di atas matras. Caranya, berbaringlah kemudian tekuk lutut dengan posisi telapak kaki bertumpu pada matras.

Usahakan posisi telapak kaki sejajar dengan lutut. Letakkan tangan di belakang kepala, dengan posisi detail ibu jari di belakang telinga sementara jari-jari lainnya menyangga bagian kepala. Setelah itu, angkat tubuh bagian atas. Gerakan ini dapat membantu menghilangkan lemak tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id