sign up SIGN UP

5 Tanda Kekurangan Omega 3, Bisa Bikin Jerawatan Sampai Depresi

Dian Aprilia | Kamis, 11 Mar 2021 15:30 WIB
5 Tanda Kekurangan Omega 3, Bisa Bikin Jerawatan Sampai Depresi
caption

Omega 3 adalah salah satu jenis asam lemak tak jenuh ganda (poly unsaturated fatty acid). Omega 3 memiliki peranan yang sangat penting dalam tubuh. Diantaranya berfungsi untuk memelihara sel-sel tubuh, menjaga kinerja otak, saraf dan jantung agar bisa berfungsi optimal.  

Jika kamu kekurangan asam lemak omega 3, maka tubuh akan rentan terhadap alergi dan atritis. Bahkan, kekurangan omega 3 juga bisa meningkatkan risiko obesitas dan kerusakan jantung. Khusus bagi wanita, omega 3 bisa mengurangi nyeri menstruasi, lho. Begitu besarnya manfaat dari omega 3, untuk itu kamu perlu memenuhi kebutuhan nutrisi ini ya.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 tanda kekurangan omega 3 yang harus kamu waspadai:

Kulit kering dan iritasi

Kulit kering
Kulit kering/pexels.com

Apakah kamu mengalami kondisi kulit kering dan iritasi? Hal ini bisa menjadi tanda kekurangan omega 3. Sebab konsumsi omega 3 bisa meningkatkan kelembapan kulit, sehingga mengurangi potensi kulit kering. Selain itu omega 3 juga bisa mengurangi penyebab timbulnya jerawat.

Depresi

Depresi
Depresi/pexels.com

Depresi juga menjadi tanda dari kekurangan omega 3. Sebab omega 3 adalah komponen penting di otak yang melindungi saraf dan anti inflamasi. Untuk itu, omega 3 efektif membantu pengobatan penyakit Alzheimer, demensia, dan juga gangguan bipolar.

Selain itu, penelitian juga mengungkap ada hubungan kekurangan omega 3 dan kejadian depresi yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan kekurangan asupan omega 3 bisa menyebabkan perubahan jalur saraf otak yang mengakibatkan depresi.

Mata kering

Mata kering
Mata kering/pexels.com

Tanda selanjutnya adalah mata sering terasa kering. Hal ini disebabkan karena omega 3 berperan dalam menjaga kesehatan mata, termasuk kelembapan mata dan produksi air mata.

Nyeri dan kekakuan sendi

Nyeri sendi
Nyeri sendi/pexels.com

Siapa nih yang sering mengalami nyeri sendi dan kaku? Bagi kamu yang pernah mengalaminya, kamu perlu berhati-hati, karena hal ini bisa jadi tanda kekurangan omega 3. Biasanya hal ini umum terjadi seiring bertambahnya usia.

Studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi suplemen omega 3 bisa membantu mengurangi nyeri sendi dan juga menguatkan cengkeraman.

Perubahan pada rambut  

Rambut
Rambut/pexels.com

Asam lemak omega 3 berperan dalam membantu menjaga kepadatan, tekstur dan juga kekuatan rambut. Perubahan kondisi rambut seperti rambut rontok dan mudah rapuh, bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu mengalami kekurangan omega 3.

Itulah 5 tanda kekurangan omega 3 yang bisa bikin kesehatanmu terganggu. Oleh sebab itu penting untuk mengonsumsi sumber makanan yang kaya omega 3 seperti, makanan laut (ikan salmon, tuna, tongkol), telur, kacang-kacangan dan lainnya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id