sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Cegah Ketiak Berkeringat Agar Tidak Burket dan Bau

tyana | Senin, 07 Sep 2020 20:30 WIB
5 Tips Cegah Ketiak Berkeringat Agar Tidak Burket dan Bau
caption

Berkeringat merupakan hal yang normal terjadi saat kita melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga, kepanasan, ataupun sedang stress. Keringat itu sendiri merupakan suatu cairan tubuh yang terdiri dari air, garam dan lemak. Keringat berfungsi untuk menjaga suhu tubuh, melembapkan kulit dan membuang racun dalam tubuh.

Keringat dikeluarkan oleh kelenjar keringat yang berjumlah sekitar 3-4 juta kelenjar dalam tubuh dan paling banyak pada daerah ketiak dan telapak tangan. Untuk itu tak salah kalau ketiak merupakan tempat yang paling rentang mengalami keringat berlebih dan membuat baju basah.

Ketiak yang basah tak hanya dapat mengganggu penampilan tetapi juga dapat menjadi sarangnya bakteri yang menyebabkan bau badan. Agar tidak burket (bubur ketek)! Cobain tips ketiak kering dan wangi di bawah ini. 


Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Tips mencegah ketiak berkeringat berlebih
Ilustasi Makan Berserat/pinterest.com/darielacruz/

Ladies, tahukah kamu ada beberapa makanan yang harus dihindari agar tak ketiak berkeringat berlebih? Makanan yang harus kamu hindari adalah makanan yang berlemak, kurang serat, makanan pedas, cafein, dan bawang-bawangan. Hal ini dikarenakan makanan tersebut sulit untuk dicerna tubuh yang menyebabkan tubuh bekerja lebih keras dan memproduksi keringat. 

Untuk itu hindari untuk mengkonsumsi yang telah disebutkan di atas dan ganti dengan makanan yang kaya akan serat seperti buah dan sayuran. Makanan yang kaya akan kalsium seperti keju dan susu juga baik untuk memperlancar pencernaan. 

Minum Banyak Air Putih

Tips Ketiak Kering tanpa Bau
Ilustrasi Minum Air Putih/pinterest.com/sheerluxe/

Minum air putih tak hanya bermanfaat untuk menghidrasi tubuh agar tak kekurangan cairan. Tubuh yang terhidrasi dapat membantu melancarkan regenerasi sel dan menyeimbangkan suhu tubuh. Sehingga suhu tubuh tetap normal dan kelenjar keringat tak akan memproduksi keringat untuk menyeimbangkan suhu tubuh yang panas. 

Jadi jangan malas lagi untuk minum air putih iya, Ladies! 

Gunakan Pakaian yang Menyerap Keringat

Tips mencegah ketiak burket
Ilustrasi Bahan Katun/pinterest.com/bunaaijaipur/

Pakaian dengan tekstur yang tebal dan tidak memiliki pori-pori kain dapat membuat kelenjar keringat meningkatkan produksi keringat dalam kulit. Hal ini dikarenakan suhu tubuh meningkat akibat sedikit udara yang masuk ke dalam tubuh. 

Untuk itu hindari menggunakan pakaian yang tebal saat musim panas, dan juga pakaian yang terbuat dari bahan polyester. Sebaliknya gunakan bahan pakaian yang dapat menyerap keringat seperti kain katun dan pakaian yang longgar.

Gunakan Antiperspirant

Cara mencegah ketiak berkeringat berlebih
Ilustrasi Penggunaan Antiperspiran/pinterest.com/dianehoover0342

Banyak orang menganggap kalau antiperspirant dan deodoran merupakan produk yang sama. Kedua produk ini memiliki manfaat yang berbeda walaupun sama-sama digunakan pada ketiak. Antiperspirant merupakan produk yang digunakan pada ketiak untuk mengurangi keringat berlebih.

Berbeda dengan deodoran yang digunakan untuk membuat ketiak harum. Kedua produk ini biasanya saling melengkapi untuk membuat ketiak kering dan harum yang terbebas dari burket. 

Cukur Bulu Ketiak dan Menjaga Kebersihan

Tips ketiak kering seharian tanpa burket
Ilustrasi Mencukur Ketiak/pinterest.com/rebatekey/

Mencukur bulu ketiak memang masih banyak pro kontra. Bulu ketiak itu sendiri memiliki banyak fungsi diantaranya adalah melindungi dari gesekan, melindungi dari kotoran, bakteri, dan melindungi tubuh dari zat zat bahaya yang dapat masuk dari luar tubuh. 

Memiliki banyak fungsi untuk menjaga tubuh, banyak orang juga memilih untuk mencukur bulu ketiak dengan alasan estetika. Menjaga bulu ketiak tetap lebat juga tak hanya dapat melindungi tubuh dari kotoran, bakteri ataupun racun, tetapi juga dapat menjadi tempat tumbuhnya bakteri apabila kurang dalam perawatannya. Mencukur bulu ketiak juga dapat membuat keringat lebih cepat kering dan memaksimalkan penggunaan antiperspirant ataupun deodoran.

Hal ini yang menyebabkan mencukur bulu ketiak masih pro kontra. So, yang paling penting dalam menghindari ketiak dari burket dan bau adalah selalu menjaga kebersihan bagian ketiak dan tubuh. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id