sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Cegah Penularan Virus Corona Saat Bekerja di Kantor

Esra Dopita | Rabu, 22 Jul 2020 08:00 WIB
5 Tips Cegah Penularan Virus Corona Saat Bekerja di Kantor
caption

Sejumlah perusahaan mulai beraktivitas kembali setelah diberlakukannya new normal. Para pekerja mulai masuk kantor dan mengakhiri work from home (WFH). Selama bekerja di kantor, para karyawan diminta untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan demi mencegah penularan virus corona.

Nah, berikut ini lima tips mencegah virus corona di tempat kerja. 

Selalu Gunakan Masker

Penggunaan masker menjadi hal penting yang dapat mencegah penularan virus corona. Karena itu, selalu gunakan masker ketika bekerja di kantor.
https://unsplash.com/@enginakyurt

Seperti yang sudah diketahui, virus corona dapat menular melalui cipratan air liur (droplet), baik ketika seseorang batuk, bersin, atau berbicara. Penggunaan masker menjadi hal penting yang dapat mencegah penularan virus corona.


Karena itu, selalu gunakan masker ketika bekerja di kantor dan pastikan masker digunakan dengan baik. Begitu pun selama perjalanan dari rumah ke tempat kerja kamu wajib mengenakan masker. Kamu juga bisa membawa masker cadangan untuk diganti setiba di kantor. 

Menjaga Jarak 

Kamu juga harus menjaga jarak dengan rekan kerja minimal satu meter ketika di tempat kerja.
https://unsplash.com/@youxventures

Sesuai dengan imbauan pemerintah untuk menerapkan social distancing, kamu juga harus menjaga jarak dengan rekan kerja minimal satu meter ketika di kantor, baik saat bekerja maupun rapat.

Selain itu, hindari berkumpul bersama rekan kerja untuk sementara waktu. Mengingat, beberapa orang yang terinfeksi virus COVID-19 tidak menunjukkan gejala apa pun atau tampak sehat.

Cuci Tangan 

Cuci tangan memakai sabun di bawah air mengalir selama 20 detik demi mencegah infeksi virus corona.
https://unsplash.com/@acreativegangster

Langkah selanjutnya mencegah penularan virus corona di tempat kerja adalah rajin mencuci tangan, terlebih ketika tiba di kantor, setelah dari toilet, sehabis memegang benda-benda, sebelum dan sesudah makan, serta sehabis bersin atau batuk.

Cuci tangan memakai sabun di bawah air mengalir selama 20 detik. Bila sulit menemukan air, kamu bisa menggunakan hand sanitizer. Selalu sediakan hand sanitizer di tas atau meja kerja kamu.

Bersihkan Meja Kerja

Selain menerapkan protokol kesehatan, pastikan area meja kerja dalam keadaan bersih.
https://unsplash.com/@domenicoloia

Selain menerapkan protokol kesehatan, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan meja kerja. Pastikan area meja kerja dalam keadaan bersih seperti meja kerja, komputer atau laptop yang digunakan, serta telepon. Jangan lupa singkirkan benda-benda yang tak diperlukan dari meja demi menghindari barang tersebut terkena debu.

Tidak ke Kantor Jika Sakit

Bila kondisi kesehatan sedang tidak fit, sebaiknya tidak pergi bekerja ke kantor dulu untuk menghindari penularan penyakit ke rekan kerja lainnya.
https://unsplash.com/@all_who_wander

Selama masa pandemi virus corona, kamu perlu memperhatikan kesehatan diri. Bila kondisi kesehatan sedang tidak fit, sebaiknya tidak bekerja dulu untuk menghindari penularan penyakit ke rekan kerja lainnya.

Apabila mengalami gejala demam, batuk, sulit bernapas, atau gejala yang menunjukkan indikasi COVID-19, segera ke rumah sakit demi memastikan penyakit apa serta mendapat penanganan yang tepat.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id