sign up SIGN UP

LIFE

Jadikan Pagi Harimu Lebih Semangat dengan 5 Gerakan Stretching Ini!

S Saraswathi | Kamis, 09 Jul 2020 07:00 WIB
Jadikan Pagi Harimu Lebih Semangat dengan 5 Gerakan Stretching Ini!
caption

Stretching atau peregangan lumrah dilakukan setiap pagi sebelum melakukan banyak aktivitas. Streching sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti badan lebih lentur, sehat dan bugar.

Tapi sayangnya hanya sedikit dari kita yang menjadikan peregangan ini sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari. Padahal hal ini sangat bermanfaat lho! Untuk itu Beautynesia sudah merangkum lima gerakan stretching yang bisa menyegarkan badanmu di pagi hari.

1. Downward Facing Dog

Downward Facing Dog
Downward Facing Dog / www.freepik.com/free-photo/
  • Mulai dengan mengatur letak tangan dan lutut, dengan tangan selebar bahu, pergelangan tangan di bawah bahu, dan lutut di bawah pinggul.
  • Kemudian, masukkan jari-jari kaki ke bawah tumit dan angkat pinggulmu ke dalam hingga membentuk huruf V terbalik.
  • Tekan tumitmu ke bawah, ke arah matras tetapi tidak harus menyentuh matras jika tubuhmu belum lentur. Tekuk sedikit lututmu, ini akan membantu menahan pada bagian paha dan pinggul.
  • Perhatikan arah pandangmu, pandanglah di antara pergelangan kaki, ke arah belakang matras. Tahan selama lima kali menghirup dan menghembuskan nafas.

2. Cat and Cow

Cat and Cow
Cat and Cow / www.freepik.com/free-photo
  • Mulailah dalam posisi meja dengan tangan di bawah bahu dan lutut di bawah pinggul.
  • Tariklah nafas pda saat mengangkat kepala dan tulang ekor, lemaskan perut ke arah lantai. Ini yang disebut dengan pose sapi.
  • Buang nafas saat kamu menggerakkan punggung dan tarik perut kamu ke arah tulang belakang, selipkan dagu ke arah dada untuk menemukan regangan di antara bahu. Ini yang di sebut dengan pose kucing.
  • Bergantian antara pose kucing dan sapi untuk tiga putaran setiap pose, satu nafas per gerakan.

3. Seated Forward Fold

Seated Forward Fold
Seated Forward Fold / www.freepik.com/free-photo/woman-folding-back_934111.htm#page=1&query=Seated Forward Fold&position=2
  • Duduklah dengan tegak dengan kaki terentang ke depan.
  • Pada saat mengambil nafas, mengadah ke langit-langit, dan kemudian saat kamu menghembuskan napas, raihlah arah depan tumit kaki mu dan rentangkan punggung hingga terasa peregangan di bagian punggung. Jika badanmu memang belum lentur dan kamu sedikit mengalami kesulitan, tekuk lututmu dengan lembut. Kamu juga bisa menggunakan handuk atau tali yoga di bawah kaki untuk melakukan peregangan yang lebih penuh.
  • Pertahankan nafas dalam lima putaran untuk mendapatkan hasil terbaik dari pose ini.

4. Bridge Pose

Bridge Pose
Bridge Pose / www.freepik.com/free-photo
  • Mulailah berbaring telentang, lutut ditekuk dan kaki ditanam di lantai. Lututmu harus terpisah sejauh pinggul - jaga tanganmu agar stabil di sisi kanan -kirimu.
  • Tekan ke bawah melalui kakimu dan angkat pinggulmu ke arah langit-langit. Selipkan bahumu satu sama lain.
  • Saat kamu menarik napas, perluas napas di dada, dan saat kamu menghembuskan napas, tekan tumitmu dan angkat pinggul. Pertahankan untuk lima putaran nafas.

5. Lord of the Fishes

Lord of the Fishes
Lord of the Fishes / www.freepik.com/free-photo/
  • Duduklah dengan tegak dengan kaki ke depan. Jaga agar kaki kananmu tetap di atas matras dan letakkan kaki kiri di bagian luar paha kananmu.
  • Letakkan tangan kanan di belakang pinggulmu. Saat kamu menarik napas, duduklah dengan tegak dan raih jari-jarimu ke arah langit-langit.
  • Saat kamu menghembuskan napas, putar batang tubuhmu ke arah ke kiri dan kaitkan sikumu di bagian luar paha kiri, seperti yang terlihat pada foto di atas. Tatap bahu kirimu.
  • Tahan selama lima nafas. Saat kamu menarik nafas, perpanjang melalui tulang belakangmu, dan saat kamu menghembuskan nafas, putar sedikit lebih dalam.

Sumber: Popsugar.com


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id