sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Jitu Hadapi Kram dan Nyeri Saat Menstruasi

Meydiana Adinda | Jumat, 02 Apr 2021 15:00 WIB
5 Tips Jitu Hadapi Kram dan Nyeri Saat Menstruasi
caption

Tamu bulanan satu ini kerap datang bersamaan dengan nyeri serta kram perut ya, Ladies. Sehingga tak jarang kita merasakan sakit dan terganggu pada awal masa menstruasi.

Kram dan nyeri saat menstruasi ini sangat umum dialami oleh sebagian besar perempuan. Namun, setiap orang bisa saja memiliki jenis kram dan nyeri yang berbeda-beda.

Ada yang mengalami kram dan nyeri yang ringan, namun adapula yang mengalami kram yang cukup parah hingga mengganggu aktivitas. Maka dari itu, penanganan yang dibutuhkan oleh setiap orang pun berbeda-beda. Namun, ada beberapa cara jitu yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri dan kram saat menstruasi ini. Penasaran apa saja? Yuk simak!

1. Kompres Hangat

Tips Hadapi Nyeri Saat Menstruasi
Heating Patch/pinterest.com/anthropologie

Tips pertama adalah tips paling sederhana namun cukup jitu, yaitu dengan mengompres hangat bagian yang nyeri. Panas yang dihantarkan dari kompres tersebut akan membantu mengendurkan otot rahim agar kembali relaks dan meredakan kram pada perut.

Ladies bisa kompres menggunakan handuk hangat atau menggunakan botol yang diisi air panas. Opsi lainnya, Ladies bisa gunakan heating patch yang banyak dijual di pasaran.

2. Olahraga Ringan

Tips Hadapi Nyeri Saat Menstruasi
Stretching/freepik.com

Saat kram perut kita pasti cenderung memilih tidur dan enggan bergerak apalagi berolahraga. Padahal olahraga dapat melepaskan hormon endorphin yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit.

Tidak perlu olahraga berat yang sulit dilakukan saat menstruasi, Ladies. Cukup berolahraga yang ringan seperti stretching, jalan santai, ataupun yoga.

3. Pola Makan

Tips Hadapi Nyeri Saat Menstruasi
Makanan Sehat/freepik.com

Pola makan cukup berefek terhadap kram perut yang kita alami saat menstruasi. Maka dari itu, mulailah konsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3, sayur dan buah, kacang-kacangan, biji-bijian serta protein tanpa lemak yang dapat membantu tubuh tetap sehat.

Selain itu, Ladies juga perlu untuk mencukupi asupan cairan tubuh dengan minum air putih ataupun cairan lain yang dapat menghidrasi tubuh. Karena ternyata, dehidrasi merupakan salah satu penyebab umum terjadinya kram.

4. Pijat

Tips Hadapi Nyeri Saat Menstruasi
Memijat Perut/freepik.com

Tips selanjutnya adalah dengan memijat lembut area yang terasa nyeri. Pijatan lembut ini dapat membuat otot panggul kembali relaks sehingga nyeri pun mereda. Untuk memudahkan proses memijat, Ladies bisa mengoleskan minyak pijat, minyak kayu putih, atau bahkan minyak aromaterapi yang juga bisa membuat Ladies lebih relaks.

5. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Tips Hadapi Nyeri Saat Menstruasi
Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri/freepik.com

Cara terakhir yang bisa Ladies lakukan adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol. Namun cara ini tidak disarankan apabila rasa nyeri masih bisa ditahan ya, Ladies. Selain itu, jangan lupa untuk berkonsultasi pada dokter untuk aturan pakai dan dosisnya, ya.

Baik, itu dia beberapa tips yang bisa Ladies lakukan untuk membantu atasi kram dan nyeri saat menstruasi. Semoga bermanfaat, ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id