sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Tubuh Sehat Setelah Makan Junk Food

Budi Rahmah Panjaitan | Jumat, 11 Jun 2021 22:30 WIB
5 Tips Tubuh Sehat Setelah Makan Junk Food
Foto: Tips Sehat Setelah Makan Junk Food/Freepik.com

Junk food merupakan makanan yang memiliki kandungan gula, lemak dan kalori yang tinggi sehingga tidak dianjurkan jika terlalu sering dikonsumsi. Junk food sendiri sering dikaitkan dengan makanan cepat saji yang saat ini dengan mudah bisa ditemukan terutama di kota-kota besar.

Meskipun tergolong sebagai makanan yang rendah serat dan berbagai nutrisi lainnya, junk food kerap menjadi incaran karena enak dan praktis. Untuk itu, kebiasaan mengonsumsi junk food ini perlu diseimbangkan dengan berbagai tips supaya tubuh tetap sehat.

Apa saja tips yang perlu diterapkan setelah makan junk food? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Jangan Disantap Saat Perut Kosong

Menyantap junk food dalam kondisi perut kosong bisa membuat makan lebih banyak/freepik.com
Menyantap junk food/freepik.com

Tips pertama yang perlu diterapkan supaya tubuh tetap sehat setelah makan junk food adalah tidak menyantap junk food di saat perut kosong. Mengapa? Karena saat lapar, segala sesuatu yang berbau makanan akan terlihat nikmat dan sangat memungkinkan untuk mengonsumsinya secara berlebihan.

Untuk itu, kamu perlu mensiasatinya dengan tidak membiarkan perut kosong saat akan memesan makanan. Cobalah berpikir ulang dan tata waktu makan yang pas supaya asupan yang masuk ke dalam tubuh tetap terkontrol dengan baik.

2. Batasi Konsumsi Junk Food

Ilustrasi makan junk food perlu dibatasi supaya asupan baik tetap seimbang/freepik.com
Ilustrasi makan junk food/freepik.com

Perlu diingat bahwa segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Untuk itu, batasi konsumsi junk food guna menghindari berbagai permasalahan kesehatan jangka panjang yang bisa saja terjadi.

Seperti saat ini, paket BTS Meal yang dijual terbatas memang sedang hype dan membuat para penggemar berbondong-bondong untuk mendapatkannya. Meskipun terbatas, bukan berarti kamu dianjurkan untuk memesannya setiap hari. Tetap pertimbangkan jumlah kalori yang terkandung di dalamnya beserta kandungan lainnya yang mungkin saja tidak dibutuhkan oleh tubuh.

3. Seimbangkan dengan Makanan Tinggi Serat dan Nutrisi

Ilustrasi makan makanan sehat untuk menyeimbangkan asupan/freepik.com
Ilustrasi makan makanan sehat/freepik.com

Meskipun kerap tergiur dengan junk food, kamu harus pandai untuk seimbangkannya dengan makanan tinggi serat dan nutrisi. Cobalah untuk selalu mengkombinasikan junk food dengan makanan kaya serat seperti sayur maupun buah.

Ini akan membantu tubuh tetap mendapatkan nutrisi baik dari makanan kaya serat dan nutrisi. Selain itu, beberapa bagian dari junk food bisa kamu ganti dengan yang lebih sehat. Misalnya saja mengganti minuman soda dengan jus buah alami yang tentunya lebih sehat dan bervitamin.

4. Minum Air Putih yang Banyak

Minum air putih yang banyak membantu menekan nafsu makan/freepik.com
Minum air putih/freepik.com

Rasa nikmat junk food memang membuat para pecintanya ketagihan. Rasa asin dan manis merupakan daya tarik utama yang mampu memberikan sensasi rasa sehingga para pengonsumsi makanan junk food ingin mengulanginya lagi.

Hal ini pula lah yang sering kali membuat penggemar junk food makan secara berlebihan. Meskipun demikian, hal ini dapat disiasati dengan banyak minum air putih supaya perut terasa lebih kenyang dan bisa menekan keinginan makan.

[Gambas:Instagram]

5. Pilih Porsi Kecil

Ilustrasi porsi junk food kecil untuk menjaga asupan tubuh tetap sehat /freepik.com
Ilustrasi porsi junk food /freepik.com

Nah, satu lagi tips yang perlu diterapkan adalah memilih porsi yang kecil. Tentu bukan rahasia lagi jika gerai-gerai yang menjual junk food menyediakan banyak pilihan porsi yang bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing.

Untuk itu, pilihlah porsi yang kecil untuk meminimalkan kandungan tidak sehat yang akan terserap oleh tubuh. Hal ini juga membuat asupan yang masuk ke dalam tubuh lebih baik dan terkontrol.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id