sign up SIGN UP

LIFE

5 Jenis Olahraga yang Ampuh Mengecilkan Paha dan Betis

Ayuliy Lestari | Senin, 11 Jan 2021 19:45 WIB
5 Jenis Olahraga yang Ampuh Mengecilkan Paha dan Betis
caption

Banyak wanita yang menginginkan tubuh terlihat proporsional, bahkan ukuran paha dan betis seringkali menjadi tolak ukur kepercayaan diri. Mungkin kamu bisa menyembunyikannya dengan memilih pakaian yang tepat seperti midi skirt, straight jeans atau cullotes. Namun agar lebih permanen, ada beberapa hal yang perlu menjadi rutinitas.

Yups, berolahraga! Olahraga adalah salah satu cara yang bisa dilakukan agar tubuh menjadi ideal, lebih sehat dan tidak mudah stres. Untuk mengecilkan paha dan betis sendiri ada beberapa gerakan yang bisa dilakukan, simak yuk!

1. Squats

Olahraga mengecilkan paha dan betis
Squats/Freepik.com

Gerakan olahraga ini tidak hanya bisa mengecilkan bagian paha dan betis saja. Tapi juga membakar kalori dan lemak, melatih otot kaki, meningkatkan metabolisme tubuh hingga meningkatkan performa seksual.

Caranya, berdiri dengan posisi kaki terbuka selebar bahu dengan kedua tangan lurus ke depan. Kemudian turunkan bagian bokong hingga mendekati lantai. Pertahankan posisi ini selama 15-30 detik dan kembali ke posisi semula.

2. Fire Hydrant

Olahraga mengecilkan paha dan betis
Fire Hydrant/Freepik.com

Olahraga yang satu ini bisa dikatakan mudah terutama untuk para pemula. Tidak hanya berfungsi mengencangkan bagian paha dan betis namun juga mengencangkan otot perut, pinggul, bokong dan tubuh bagian bawah.

Cara pertama, ambil posisi merangkak sambil memastikan lutut dan tangan masing-masing terbuka selebar bahu. Lutut akan tertekuk membentuk sudut 90 derajat, langsung di bawah pinggul.

Kedua, kencangkan otot inti tubuh dan tanpa menggerakkan pinggul. Angkat paha kanan ke sisi kanan badan, sambil menekuk lutut di sepanjang waktu latihan.

Ketiga, tanpa menurunkan pinggul, luruskan kaki ke belakang hingga sejajar dengan bagian tubuh lainnya. Kembali ke posisi awal untuk mengganti kaki lainnya.

3. Leg Lift

Olahraga mengecilkan paha dan betis
Left lifts/Freepik.com

Olahraga ini dilakukan untuk mengencangkan paha terutama bagian dalam. Sebenarnya Leg lift memiliki beberapa gerakan yang berbeda namun kamu bisa mencoba gerakan paling mudah yaitu dengan berbaring di atas matras atau kasur lalu tangan diposisi samping.

Rapatkan kedua kaki dan angkat setinggi 45 derajat. Tahan selama kurang lebih 15 detik serta kembalikan kaki di tempat semula.

4. Jogging

Olahraga mengecilkan paha dan betis
Jogging/Freepik.com

Perlu diketahui bahwa rahasia di balik kecilnya paha dan betis adalah dengan melakukan olahraga fisik yang menjadikan kaki atau tubuh bagian bawah sebagai tumpuannya dan jogging adalah salah satunya.

Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, jogging bisa membuat paha dan betis lebih kecil karena bagian kaki menjadi fokus utama dan paling banyak bergerak. Kamu bisa menerapkan jogging sebagai rutinitas pagi atau setiap hari libur untuk mendapatkan paha dan betis idaman.

5. Bersepeda

Olahraga mengecilkan paha dan betis
Bike/Freepik.com

Olahraga yang satu ini juga bisa membuat otak kembali refresh. Ketika bersepeda, paha dan betis tentunya akan lebih aktif bergerak saat mengayuh. Sehingga inilah yang menjadi alasan kenapa bersepeda bisa jadi olahraga untuk mengecilkan paha dan betis. Rajin bersepeda juga memberikan manfaat yang sangat baik untuk ke tubuh seperti kesehatan kardiovaskular dan menurunkan tingkat stres.

Nah, itulah beberapa gerakan yang paling efektif untuk mengurangi lemak di bagian paha dan betis. Asal dilakukan dengan rutin dan konsisten, kamu bisa mendapatkan bentuk tubuh idaman, Ladies.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id