sign up SIGN UP

SKINCARE

10 Kebiasaan yang Memicu Munculnya Jerawat di Wajah

Ratih Dewi | Kamis, 10 Jun 2021 14:00 WIB
10 Kebiasaan yang Memicu Munculnya Jerawat di Wajah
Foto: Jerawat Parah/Freepik.com

Beberapa kebiasaan sehari-hari yang sering kita anggap normal atau biasa, ternyata menjadi salah satu penyebab utama munculnya jerawat. Misalnya sering menyentuh wajah, sarung bantal yang jarang diganti atau tidak membersihkan wajah saat menggunakan makeup.

Walaupun sudah banyak menggunakan produk skincare untuk mengatasi jerawat di kulit wajah, tapi sering kali tidak menimbulkan perubahan dan terkadang malah membuat semakin berjerawat. Selain produk skincare yang harus diperhatikan, kebiasaan berikut ini juga harus kamu perhatikan, karena bisa saja menjadi pemicu munculnya jerawat juga. 

1. Pola Hidup yang Kurang Sehat

Pola Hidup yang Kurang Sehat
Pola Hidup yang Kurang Sehat/Foto : freepik.com

Pola hidup yang sehat tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat saja tetapi juga bisa berpengaruh ke kesehatan kulit wajah juga lho Ladies, contohnya mengurangi konsumsi alkohol dan memperbanyak konsumsi air mineral bisa meningkatkan elastisitas kulit, tidak membuat kulit kering, dan bisa mencerahkan kulit juga. 

Selain itu, menjaga pola makan tidak terlalu banyak konsumsi junk food atau makanan berminyak juga berpengaruh untuk kesehatan kulit wajah dan meminimalisir menjadi pemicu jerawat di kulit. Kalau kamu mau kulit wajah yang sehat dan tubuh yang sehat juga, pastikan kamu menjalankan pola hidup yang sehat. 

2. Tidak Menjaga Kebersihan Tangan

Tidak Menjaga Kebersihan Tangan
Tidak Menjaga Kebersihan Tangan/Foto : freepik.com

Tidak hanya di masa pandemi seperti ini saja, menjaga kebersihan tangan itu juga sangat penting karena kita tidak pernah sadar habis memegang apa atau habis bertemu siapa, kita juga tidak tahu kuman atau bakteri apa yang menempel di tangan. Pastikan selalu menjaga kebersihan tangan terutama ketika mau menggunakan skincare atau makeup

Usahakan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dibandingkan menggunakan produk pembersih seperti tisu basah atau handsanitizer karena lebih optimal membunuh bakteri atau kuman yang menempel di tangan. 

3. Mencuci Muka atau Eksfoliasi Berlebihan

Mencuci Muka atau Eksfoliasi Berlebihan
Mencuci Muka atau Eksfoliasi Berlebihan/Foto : freepik.com

Kalau kamu berpikir semakin sering mencuci muka, maka muka akan selalu dalam keadaan bersih dan tidak akan jerawatan. Semakin sering mencuci muka maka keadaan muka malah akan menjadi kering dan malah memicu munculnya jerawat walaupun setelahnya kamu menggunakan produk skincare, normalnya cuci muka sehari 2 kali saja pagi dan malam. 

Jangan juga melakukan eksfoliasi berlebihan pada kulit wajah kamu, terlalu banyak eksfoliasi malah membuat kulit wajah kamu menjadi menipis, semakin sensitif, dan mudah iritasi. Normalnya eksfoliasi seminggu 1 sampai 2 kali saja dan pastikan selalu gunakan sunscreen keesokan paginya. 

4. Alat Makeup yang Jarang dibersihkan 

Alat Makeup yang Jarang dibersihkan
Alat Makeup yang Jarang dibersihkan/Foto : freepik.com

Tidak hanya menggunakan 1 atau 2 alat makeup saja untuk sehari-hari, pasti membutuhkan banyak jenis brush dan beauty sponge untuk mengaplikasikan makeup di wajah sesuai dengan kebutuhan kita. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan alat makeup yang sudah kamu gunakan dan jemur di bawah sinar matahari, terutama beauty sponge jangan biarkan lembap.

Produk yang lembap menjadi sarang jamur dan bakteri yang kalau kamu gunakan ke kulit wajah bisa menimbulkan jerawat, juga dengan brush yang kamu gunakan. Pastikan kamu rutin membersihkan alat makeup kamu agar nyaman digunakan dan tidak menimbulkan jerawat. 

5. Jarang Mengganti Sarung Bantal dan Seprei

Jarang Mengganti Sarung Bantal dan Seprei
Jarang Mengganti Sarung Bantal dan Seprei/Foto : freepik.com

Sebulan 2-3 kali pastikan kamu selalu mengganti sarung bantal kamu dan seprei kamu untuk meminimalisir faktor penyebab timbulnya jerawat, terutama sarung bantal yang kamu gunakan. Jika jarang mengganti sarung bantal bisa menjadi salah satu faktor kenapa jerawat terus bermunculan di kulit wajah kamu. 

Jangan lupa juga untuk selalu menjemur bantal dan guling kamu di bawah sinar matahari untuk membunuh kuman atau bakteri yang ada. Juga selalu rutin membersihkan kasur kamu supaya terbebas dari kutu kasur atau tungau. 

6. Terlalu Banyak Pakai Produk Skincare secara Bersamaan

Terlalu Banyak Pakai Produk Skincare secara Bersamaan
Terlalu Banyak Pakai Produk Skincare secara Bersamaan/Foto : freepik.com

Gunakan produk skincare secukupnya disesuaikan dengan kondisi kulit wajah kamu dan jangan terlalu banyak menggunakan produk skincare, apalagi jika kamu menimpa dengan produk lainnya. Ada beberapa produk skincare yang kandungannya tidak bisa digabungkan dengan kandungan tertentu karena bisa menimbulkan iritasi atau breakout

Pastikan kamu sudah memiliki basic skincare yang cukup seperti sabun wajah, toner, serum, pelembap terlebih dahulu yang sudah cocok di kulit wajah kamu. Perhatikan juga kandungan produknya apakah sesuai dengan kondisi kulit wajah kamu atau tidak. 

7. Kurang Memperhatikan Kebersihan Smartphone

Kurang Memperhatikan Kebersihan Smartphone
Kurang Memperhatikan Kebersihan Smartphone/Foto : freepik.com

Salah satu hal yang paling jarang kita jaga kebersihannya adalah smartphone kita sendiri. Ketika kamu sedang melakukan panggilan dan layar smartphone menempel, kita tidak tahu adanya bakteri atau kuman yang menempel dengan kulit wajah kita dan bisa menimbulkan jerawat baru. 

Pastikan kamu selalu membersihkan layar smartphone kamu dan menjaga kebersihannya juga untuk memastikan tidak ada kuman atau bakteri yang menempel dan tidak menjadi pemicu jerawat baru di area wajah tertentu. 

8. Tidak Pernah Menggunakan Sunscreen

Tidak Pernah Menggunakan Sunscreen
Tidak Pernah Menggunakan Sunscreen/Foto : freepik.com

Tidak hanya membuat kulit kamu menjadi kusam, tidak pernah menggunakan sunscreen juga menjadi salah satu faktor penyebab munculnya jerawat. Kulit wajah yang langsung terpapar sinar UV matahari tanpa adanya perlindungan dari penggunaan sunscreen memberikan efek yang buruk untuk kulit wajah. 

Pastikan kamu selalu menggunakan sunscreen dan selalu re-apply setiap 2-3 jam sekali untuk melindungi kulit wajah dengan optimal dari sinar UV matahari. Sudah banyak brand yang mengeluarkan produk sunscreen tertentu disesuaikan dengan jenis kulit wajah kamu. 

9. Memaksa Memencet Jerawat

Memaksa Memencet Jerawat
Memaksa Memencet Jerawat/Foto : freepik.com

Terkadang kita tidak sadar memegang atau memencet jerawat dengan tangan kita dan berakhir jerawat pecah atau luka yang membuat bekas jerawat menjadi sulit untuk pudar. Selain itu, memencet jerawat dengan paksa juga bisa membuat area wajah lainnya menjadi iritasi dan menyebabkan jerawat baru muncul. 

Kita juga tidak sadar apakah keadaan tangan kita saat itu sudah cuci tangan atau belum yang bisa membuat area jerawat yang sedang aktif bisa iritasi nantinya. 

10. Tidak Rutin Membersihkan Rambut 

Tidak Rutin Membersihkan Rambut
Tidak Rutin Membersihkan Rambut/Foto : freepik.com

Terutama kamu yang memiliki poni, pastikan kamu selalu menjaga kebersihan rambut kamu dan selalu dalam keadaan kering atau tidak berkeringat. Jika kamu jarang keramas atau membiarkan rambut kamu dalam keadaan keringat menyentuh wajah bisa menjadi pemicu muncul jerawat atau bruntusan, terutama di dahi yang memiliki poni. 

Jika kamu menggunakan produk rambut seperti hair oil, hair spray, hair serum, atau lainnya pastikan tidak mengenai wajah kamu ya Ladies, karena produk rambut yang menempel di wajah bisa menjadi salah satu faktor pemicu jerawat. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id