sign up SIGN UP

LIFE

6 Cara Mudah Hilangkan Kebiasaan Begadang

Retno Wulandari | Rabu, 07 Oct 2020 21:30 WIB
6 Cara Mudah Hilangkan Kebiasaan Begadang
caption

Salah satu kebiasaan yang dapat merusak kesehatan tubuh adalah begadang. Yup, kebiasaan buruk yang satu ini dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit seperti tekanan darah tinggi, hipotiroidisme, bahkan penyakit jantung.

Nah, agar tubuh sehat dan terhindar dari penyakit-penyakit di atas, berikut cara mudah menghilangkan kebiasaan begadang yang bisa kamu terapkan!

1. Jangan Minum Kopi

Cara Hilangkan Kebiasaan Begadang
Jangan Minum Kopi/Freepik.com/

Kopi memang dikenal sebagai minuman yang memiliki senyawa kafein di dalamnya. Di mana senyawa ini bekerja untuk merangsang hormon di saraf otak agar tidak bisa beristirahat secara maksimal. Oleh sebab itu, jika kamu ingin memiliki kualitas tidur yang baik, sebaiknya jangan minum kopi di malam hari.


2. Pola Hidup Sehat

Cara Hilangkan Kebiasaan Begadang
Pola Hidup Sehat/Freepik.com/

Salah satu cara agar kebiasaan begadang menghilang adalah menerapkan pola hidup sehat, misalnya olahraga teratur selama 20-30 menit per hari, mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak konsumsi buah dan sayuran, cairan dalam tubuh terpenuhi, tidak merokok dan minum alkohol. Selain itu, jangan tidur dengan keadaan perut kosong dan hindari makanan berat di malam hari juga perlu dilakukan.

3. Jangan Nonton Sampai Larut Malam

Cara Hilangkan Kebiasaan Begadang
Jangan Nonton Sampai Larut Malam/Freepik.com/

Nah, bagi kamu yang hobi maraton drama Korea, sebaiknya jangan menonton sampai larut malam ya. Meskipun drama Korea sangat menarik untuk ditonton, tetap saja maraton sampai larut malam merupakan kebiasaan buruk yang mengakibatkan kamu tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Mulai sekarang, yuk atur jadwal maraton drama Korea kamu, Ladies.

4. Suasana Tidur yang Nyaman

Cara Hilangkan Kebiasaan Begadang
Suasana Tidur yang Nyaman/Freepik.com/

Salah satu cara yang bisa mengurangi kebiasaan begadang adalah dengan membuat suasana tidur kamu senyaman mungkin, Ladies. Misalnya, kamu bisa mematikan lampu kamar, merombak suasana kamar, dan membersihkan kamar. Cara ini cukup efektif untuk membuat kamu gampang terlelap di malam hari.

5. Relaksasi Tubuh dan Pikiran

Cara Hilangkan Kebiasaan Begadang
Relaksasi Tubuh dan Pikiran/Freepik.com/

Banyaknya pekerjaan yang belum terselesaikan memang membuat kita sulit untuk tertidur di malam hari. Nah, cara agar kamu memiliki kualitas tidur yang baik di tengah-tengah tuntutan pekerjaan yang belum selesai adalah melakukan relaksasi tubuh dan pikiran dengan menghentikan sejenak aktivitas fisik dan otak.

6. Atur Jam Istirahat

Cara Hilangkan Kebiasaan Begadang
Atur Jam Istirahat/Freepik.com/

Ladies, di tengah-tengah kesibukan ada kalanya kamu perlu beristirahat sejenak agar saraf-saraf pada tubuh tidak menjadi tegang dan membuat kamu tidak kesulitan tidur di malam hari. Sama seperti menerapkan pola hidup sehat, mengatur jam istirahat juga sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Kamu perlu memahami bahwa tubuh membutuhkan jam istirahat yang cukup pada jam tertentu, tubuh perlu melakukan regenerasi dan detoksifikasi, di mana dua hal ini bisa terjadi pada saat kamu tidur.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id