sign up SIGN UP

LIFE

5 Posisi Tidur untuk Redakan Sakit Punggung

Rumaysha Milhania | Kamis, 30 Jul 2020 21:00 WIB
5 Posisi Tidur untuk Redakan Sakit Punggung
caption
Jakarta -

Hampir semua orang pasti pernah merasa terganggu dengan masalah nyeri punggung.  Menariknya, kebanyakan nyeri punggung tidak disebabkan oleh kondisi medis yang serius, seperti kanker atau radang sendi yang parah. Mayoritas keluhan punggung yang sakit disebabkan oleh tekanan karena postur tubuh yang buruk. Selain itu, punggung yang nyeri juga bisa diakibatkan oleh posisi tidur yang canggung dan aktivitas yang melibatkan gerakan dan posisi tubuh tidak natural. Jika ini terjadi padamu, simak tips mendapatkan posisi tidur terbaik untuk meredakan rasa nyeri pada punggung.

1. Tidurlah Miring dengan Bantal di Antara Lutut

Jika berbaring telentang terasa tidak nyaman, kamu bisa mencoba tidur dengan posisi miring ke samping. Biarkan bahu kanan atau kiri yang menopang tubuh bersama dengan paha dan panggul. Lalu, tempatkan bantal di antara kedua lutut. Apabila kamu mendapati ada celah antara pinggang dan kasur, kamu bisa menambalnya dengan bantal kecil untuk memberikan dukungan. Cara ini bisa merelaksasi bagian punggung sambil mengembalikan postur tubuh.


Tidur miring dengan tambalan bantal di bagian sisi bisa merelaksasi bagian punggung sambil mengembalikan postur tubuh.
Posisi Tidur Sehat/ Sumber: Freepik.com

2. Tidur Miring dengan Posisi Janin

Selain itu, tidur miring dengan posisi meringkuk seperti posisi janin juga patut untuk dicoba.  Kamu bisa berbaring dengan posisi miring dengan kaki menekuk. Posisi tidur seperti ini bisa membantumu merenggangkan bagian punggung yang kaku agar lebih rileks dengan peredaran darah yang lebih lancar.

3. Tidur Tengkurap dengan Bantal di Bawah Perut

Banyak orang mengatakan bahwa tidur tengkurap tidak direkomendasikan untuk sakit punggung. Anjuran ini sebenarnya ada benarnya karena ini dapat memberikan tekanan tambahan pada bagian leher. Namun, jika kamu meletakkan bantal di bawah panggul dan perut bagian bawah, kamu bisa mengurangi tekanan di punggung dan membuatnya lebih rileks.

Meletakkan bantal di belakang punggung dapat berguna untuk menopang lengkungan alami di bagian punggung bawah.
Posisi Tidur untuk Sakit Punggung/ Sumber: Freepik.com

4. Tidur Terlentang dengan Bantal di Bawah Punggung

Bagi sebagian orang, tidur terlentang merupakan posisi terbaik untuk meredakan sakit punggung. Hal yang kamu butuhkan adalah posisi tidur terlentang dengan menggunakan bantal sebagai ganjalan di bawah punggung. Bantal ini bisa digunakan untuk menopang lengkungan alami di bagian punggung bawah. Jika bantal terlalu besar, lipatan handuk atau baju bisa juga menjadi pilihan.

5. Tidur Terlentang dengan Posisi Kaki Menekuk

Terakhir, kamu juga bisa mencoba tidur terlentang dengan posisi kaki yang menekuk. Sudut antara paha dan panggul dapat membantu mengurangi tekanan pada tulang belakang sehingga dapat mengurangi rasa sakit. Selain itu, cobalah untuk berpikir untuk berinvestasi untuk membeli tempat tidur yang lebih baik dan nyaman. Pasalnya, kamu menghabiskan waktu 8 jam di tempat tidur dalam sehari. Seharusnya itu bisa menjadi alasan mengapa kamu harus memberikan yang terbaik untuk fasilitas tidurmu.

Memilih tempat tidur yang berkualitas dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri punggung.
Posisi Tidur untuk Nyeri Punggung/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa posisi tidur yang harus kamu coba untuk mengurangi rasa sakit punggung. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id