sign up SIGN UP

LIFE

6 Manfaat Daun Binahong untuk Tubuh dan Kecantikan Kulit, Bisa Sembuhkan Jerawat!

Shinta Nikmah | Kamis, 29 Apr 2021 13:45 WIB
6 Manfaat Daun Binahong untuk Tubuh dan Kecantikan Kulit, Bisa Sembuhkan Jerawat!
caption

Mungkin sebagian dari kamu kurang familiar dengan tanaman binahong. Tanaman binahong merupakan tanaman obat yang biasanya tumbuh merambat. Tanaman binahong mudah ditemui dimana saja baik di area yang rendah maupun area yang tinggi.

Jika kamu menemukan tanaman ini mungkin kamu tidak langsung sadar bahwa tanaman tersebut adalah tanaman binahong karena bentuknya yang sedikit mirip tanaman hias dan daunnya hampir seperti sirih.

Tanaman Binahong/ Foto: Pinterest.com/Fitriani gozelTanaman Binahong/ Foto: Pinterest.com/Fitriani gozel

Tidak hanya berfungsi sebagai obat, kini tanaman binahong juga dimanfaatkan untuk kecantikan lho Ladies. Wah, kira-kira apa saja ya manfaat dari tanaman binahong ini untuk tubuh dan juga kulit? Yuk kita simak ulasannya berikut ini.

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

wound
Antibiotik dalam Daun Binahong Mempercepat Penyembuhan Luka/ Foto: freepik.com

Tanaman binahong biasa diambil manfaatnya pada bagian daun. Daun binahong mengandung antioksidan dan antiseptik yang mampu menyembuhkan luka pada kulit. Antiseptik yang terkandung dalam binahong juga bisa mencegah infeksi pada luka, sehingga luka akan lebih cepat sembuh.

Untuk menyembuhkan luka, kamu bisa menumbuk daun binahong kemudian menempelkannya pada luka di kulit. Pastikan luka pada kulit sudah dibersihkan terlebih dahulu ya.

2. Mencegah Penyakit Dalam

Sakit Perut
Daun Binahong Membantu Menyembuhkan Sakit Maag/ Foto: freepik.com

Selain ditumbuk, daun binahong biasanya dimanfaatkan dengan cara direbus dan kemudian air rebusan daun binahong diminum untuk memelihara kesehatan dalam tubuh. Kandungan dalam binahong yang terdiri dari flavonoid, alkaloid, tanin, steroid, triterpenoid, saponin, dan minyak atsiri bermanfaat untuk mencegah penyakit dalam tubuh. 

Adapun penyakit yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong antara lain, maag, penyakit ginjal, asam urat, bahkan penyakit paru.

3. Mencegah Kanker

Kanker
Konsumsi Daun Binahong Bisa Cegah Kanker/ Foto: pinterest.com/jalaksuren.net

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam tanaman binahong menjadi salah satu alternatif untuk mencegah kanker. Kandungan antioksidan pigmen karotenoid esensial, seperti zeaxanthin, lutein, dan, betakaroten berfungsi dalam menangkal radikal bebas sehingga mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Kamu bisa mengkonsumsi air rebusan daun binahong untuk mendapatkan manfaat antioksidan dalam tanaman tersebut. Kamu juga bisa mengkonsumsi daun binahong secara langsung lho.

4. Membuat Wajah Lebih Cerah

Fair Skin
Wajah Cerah/ Foto: freepik.com

Masker merupakan salah satu step skincare yang sering dilakukan oleh para wanita untuk memperbaiki kondisi kulit wajah agar lebih halus dan cerah. Tapi pernah nggak kamu menggunakan masker dari daun binahong untuk meningkatkan kesehatan kulitmu?

Kalau belum, maka kamu perlu mencoba membuat masker sendiri dari daun binahong. Caranya, cukup tumbuk daun binahong hingga lembut. Kamu bisa tambahkan bahan alami lain seperti madu, kemudian oleskan pada kulit wajah hingga rata. 

Masker daun binahong dipercaya dapat membuat kulit menjadi lebih cerah karena adanya kandungan antioksidan. Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah ya.

5. Membersihkan dan Menghaluskan Kulit

Wash
Membasuh Muka/ Foto: freepik.com

Selain digunakan sebagai masker, kamu juga bisa memanfaatkan air rebusan daun binahong untuk membasuh muka. Caranya cukup dengan merebus beberapa helai daun binahong menggunakan air bersih.

Setelah dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh muka. Selain membuat wajah menjadi bersih, membasuh muka menggunakan air rebusan daun binahong juga dapat membuat kulit menjadi lebih halus.

[Gambas:Instagram]

6. Menyembuhkan Jerawat

Acne
Masker Dari Daun Binahong/ Foto: pinterest.com/ObatJerawatPalingAmpuh.com

Kandungan antiseptik pada daun binahong selain menyembuhkan luka pada kulit juga bisa menyembuhkan jerawat lho Ladies. Daun binahong juga dapat mengontrol produksi minyak pada wajah sehingga pori-pori pada permukaan kulit lama-kelamaan akan mengecil.

Untuk mengatasi jerawat pada kulit wajah kamu bisa gunakan daun binahong yang ditumbuk kemudian ditempelkan pada area kulit yang berjerawat. Kamu juga bisa meminum air rebusan daun binahong untuk menyembuhkan jerawat dari dalam. 

Wah, ternyata tanaman binahong memiliki banyak manfaat ya Ladies. Kalau kamu ingin sehat luar dalam, kamu bisa konsumsi daun binahong untuk menjaga kesehatan tubuh luar dan dalam. Nah, selamat mencoba ya Ladies.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id