sign up SIGN UP

LIFE

6 Tips Minum Kopi untuk Kamu Penderita Asam Lambung

Ratih Dewi | Kamis, 19 Nov 2020 11:30 WIB
6 Tips Minum Kopi untuk Kamu Penderita Asam Lambung
Foto: Minum Kopi/ Freepik.com

Sebagian besar dari kita mungkin tidak bisa lepas dari kopi setiap hari. Selain menahan kantuk, mengkonsumsi kopi juga membuat kita lebih semangat untuk memulai hari dan meningkatkan produktivitas. Tidak hanya itu, saat santai atau sedang berkumpul dengan teman pasti beberapa dari kita memilih untuk minum kopi.

Sayangnya, tidak semua orang bisa minum kopi karena kandungan kafeinnya yang kurang ramah untuk penderita asam lambung. Tapi, jika mengonsumsi kopi dengan cara yang benar dan sesuai tidak menjadi masalah. Nah, gimana sih tips minum kopi yang aman untuk kamu penderita asam lambung?

1. Pastikan Perut tidak dalam Kondisi Kosong 

Pastikan Perut tidak dalam Keadaan Kosong
Pastikan Perut tidak dalam Keadaan Kosong/Foto : freepik.com

Terutama di pagi hari, jangan sampai kamu minum kopi saat perut kosong ya, Ladies. Hal ini bisa memicu asam lambung kamu naik dan membuat perut kamu jadi sakit. Pastikan kamu sudah konsumsi nasi, roti, atau sereal satu jam sebelum minum kopi, jangan lupa untuk minum air putih terlebih dahulu untuk menyegarkan badan kamu setelah tidur semalaman. 

2. Pilih Biji Kopi dengan Kafein Rendah

Pilih Biji Kopi dengan Kafein Rendah
Pilih Biji Kopi dengan Kafein Rendah/Foto : freepik.com

Perhatikan jenis kopi yang akan kamu konsumsi, pastikan kamu konsumsi kopi dengan kadar kafein rendah dan tidak terlalu asam. Semakin lama biji kopi dipanggang, maka rasanya akan semakin asam dan warnanya akan semakin hitam. Pilih biji kopi Arabika yang rasanya sedikit manis dan kadar kafeinnya rendah, itu lebih aman untuk lambung kamu. 

3. Minum Kopi dengan Metode Manual Brew

Metode Manual Brew
Metode Manual Brew/Foto : freepik.com

Teknik manual brew ini merupakan teknik menyaring kopi dengan cara yang manual menggunakan filter penyaring kopi. Kamu juga bisa melakukannya dengan mudah di rumah jika memiliki alatnya.

Filter penyaring kopi ini berguna untuk menyaring biji kopi terbaik dan membuat kopi menjadi lebih ringan karena adanya proses ekstraksi. Ini bisa menjadi pilihan kamu untuk konsumsi kopi dengan aman. 

4. Tambahkan Susu saat Minum Kopi

Tambahkan Susu saat Minum Kopi
Tambahkan Susu saat Minum Kopi/Foto : freepik.com

Jangan lupa untuk tambahkan susu untuk membuat kopi tidak terlalu asam dan memberikan rasa manis juga gurih saat dikonsumsi tergantung dari jenis susu yang kamu gunakan. Pastikan susu yang digunakan juga rendah lemak dan pastikan juga jenis susu yang akan kamu campurkan ke kopi bukan jenis susu yang dapat memicu alergi jika dikonsumsi bersamaan dengan kopi. 

5. Batasi Konsumsi Kopi per Hari

Batasi Konsumsi Kopi Perhari
Batasi Konsumsi Kopi Perhari/Foto : freepik.com

Batasi berapa kali kamu konsumsi kopi per hari, jangan terlalu banyak konsumsi kopi bagaimanapun kondisi kamu. Cukup konsumsi kopi 100 - 200 gr per hari disesuaikan dengan jam minum yang kamu pilih, jangan konsumsi kopi terutama larut malam. Selain membuat kamu sulit tidur pada esok harinya kamu bisa merasakan mual dan perut tidak nyaman karena pada malam hari lambung lebih banyak memproduksi asam. 

6. Jangan Lupa Selalu Minum Air Mineral

Selalu Konsumsi Air Mineral
Selalu Konsumsi Air Mineral/Foto : freepik.com

Walaupun kamu diperbolehkan minum kopi setiap hari, jangan lupa untuk selalu minum air mineral sebelum dan sudah minum kopi, harus lebih banyak dari pada kamu minum kopi itu untuk menetralisir lambung kamu. Pastikan minum air mineral yang cukup untuk kesehatan badan kamu. 

Nah, itu dia tips minum kopi yang aman untuk kamu penderita asam lambung Ladies, semoga bermanfaat! 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id