sign up SIGN UP

7 Alasan untuk Beralih Menggunakan Cloth Menstrual Pads

Dimitrie Hardjo | Minggu, 09 May 2021 04:30 WIB
7 Alasan untuk Beralih Menggunakan Cloth Menstrual Pads
caption
Jakarta -

Kondisi bumi yang saat ini semakin genting membuat banyak orang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, termasuk dengan mengurangi sampah. Selain sampah plastik yang sekarang mulai dikurangi penggunaannya dengan menggunakan reusable bag, kamu juga bisa turut berkontribusi mengurangi sampah pembalut selama datang bulan lho, Ladies!

Melansir greenchildmagazine.com, rata-rata perempuan menggunakan 12.000-16.000 pembalut, panty liners, dan tampons selama hidupnya. Karena itu, penggunaan alternatif reusable tools untuk menstruasi yang ditawarkan, seperti cloth menstrual pads dan menstrual cups, bisa kamu coba. Namun, masih muncul pro dan kontra dari penggunaan menstrual cups yang harus dimasukkan ke dalam vagina. 

Tapi jangan khawatir! Bagi kalian yang masih ragu untuk menggunakan menstrual cups, kamu bisa beralih ke cloth menstrual pads yang mirip dengan pembalut konvensional, tapi bisa digunakan kembali. Ladies, masih banyak alasan positif lain lho dari penggunaan cloth menstrual pads ini. Baca selengkapnya di bawah ini yuk!

1. Tidak menimbulkan sampah

Reusable pad yang tidak menimbulkan sampah.
Reusable pad yang tidak menimbulkan sampah. Foto: pexels.com

Tentu saja alasan utama beralih menggunakan cloth menstrual pads adalah mengurangi sampah. Menstrual pads ini bisa kamu cuci kembali dan awet hingga 2 tahun digunakan lho!

2. Tidak tembus dan bocor

Tidak akan tembus dan bocor.
Tidak akan tembus dan bocor. Foto: pexels.com

Cloth menstrual pads biasa terdiri dari beberapa lapisan di mana lapisan paling luar merupakan kain waterproof agar tidak tembus. Lining pada lapisan dalam juga dibuat untuk menahan kebocoran sehingga kamu akan nyaman selama menggunakannya.

3. Nyaman digunakan

Menstrual cup dan cloth menstrual pad.
Menstrual cup dan cloth menstrual pad. Foto: pexels.com

Bagi kalian yang masih takut untuk menggunakan menstrual cup, menstrual pads jadi alternatif yang bisa kalian coba. Cloth menstrual pads nyaman digunakan, bahkan lebih dari pembalut konvensional karena terbuat dari kain yang lembut, memiliki daya serap yang tidak kalah baik, dan tidak menimbulkan suara ketika ditarik.

4. Tidak menggunakan zat kimia berbahaya

Aman digunakan.
Cloth menstrual pad yang lebih aman digunakan dibandung pembalut konvensional. Foto: pexels.com

Pembalut konvensional terkadang masih mengandung plastik dan menggunakan bahan-bahan seperti pewangi artifisial, serat sintesis, gel kimiawi, dan lain-lain yang bisa mengiritasi area sensitif kamu. Karena itu, menstrual pads yang terbuat dari kain yang lebih aman untuk digunakan.

5. Hemat biaya

Hemat budget bulanan.
Hemat budget bulanan. Foto: pexels.com

Karena dapat digunakan kembali, kamu bisa menyimpan budget untuk membeli pembalut setiap bulannya, Ladies. Jadi, tidak hanya baik untuk lingkungan, tapi juga baik untuk dompetmu.

6. Support bisnis lokal

Mendukung bisnis lokal.
Mendukung bisnis lokal. Foto: pexels.com

Saat ini banyak bisnis lokal yang menyediakan cloth menstrual pads dengan beraneka ragam motif dan warna untuk kamu pilih. Ketika kamu beralih ke menstrual pads ini dan membeli beberapa untuk stok, kamu juga mendukung bisnis lokal tersebut.

7. Banyak variasi dan ukuran

Terdapat berbagai varian yang lucu.
Terdapat berbagai varian motif yang lucu. Foto: pexels.com

Tidak perlu khawatir akan ukuran yang kamu butuhkan karena cloth menstrual pads memiliki beberapa ukuran untuk digunakan sehari-hari, bahkan untuk malam hari. Varian warna dan motif lucu juga bisa kamu pilih sehingga tidak membosankan.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id