sign up SIGN UP

Tips Memilih Menstrual Pad yang Tepat untuk Pemula

Dini Nurhayati | Rabu, 05 Aug 2020 08:00 WIB
Tips Memilih Menstrual Pad yang Tepat untuk Pemula
caption

Menstrual pad atau yang juga dikenal dengan nama Reusable Menstrual Pad adalah adalah sebuah alternatif pengganti pembalut sekali pakai yang terbuat dari kain dan biasanya terbuat dari bahan microfleece dan microfiber dibagian dalam yang berfungsi untuk menyerap darah menstruasi. Bagian luar reusable menstrual pad terbuat dari kain tahan air untuk menahan darah menstruasi supaya tidak bocor.

Mengganti pembalut konvensional dengan menstrual pad adalah salah satu langkah untuk mengurangi limbah pembalut yang akan berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Alasan lain banyak wanita yang beralih ke menstrual pad karena timbulnya alergi ketika menggunakan pembalut sekali pakai.

Bagi kamu yang pada akhirnya memutuskan untuk menggunakan menstrual pad inilah tips yang bisa kamu gunakan saat memilih menstrual pad :

Memilih Ukuran yang Tepat

ukuran menstrual pad
Menstrualpadsize/Sumber:pinterest.com/menstrualpad

Tahukah Ladies ternyata menstrual pad itu ada banyak ukurannya seperti pembalut konvensional lho. Ada ukuran regular, large, pantyliner hingga ukuran untuk malam yang lebih panjang.

Jika kamu tidak tepat dalam memilih ukuran akan berpotensi untuk menyebabkan bocor dan rasa tidak nyaman. So, jangan sampai salah ukuran ketika membeli ya Ladies!.

Membeli Beberapa Size

ukuran menstrual pad
Menstrualpadpackage/Sumber:pinterest.com/menstrualpad

Aturlah penggunaan menstrual pad agar dapat memenuhi kebutuhan kamu selama masa menstruasi. Kamu bisa membeli beberapa size sekaligus seperti beberapa buah ukuran regular untuk kegiatan sehari-hari, ukuran night untuk malam hari dan pantyliner.

Memilih Bahan yang Nyaman dan Aman

bahan menstrual pad
Menstrualpad/Sumber:pinterest.com/menstrualpad

Ternyata tidak semua kain dapat digunakan sebagai menstrual pad, jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah dan mengorbankan kualitas. Pilih bahan yang lembut dan dapat menyerap dengan baik.

Sebaiknya hindari menggunakan kain dengan bahan dasar sea sponge. Dalam beberapa penelitian sea sponge yang berfungsi sebagai penyaring lautan dapat berpotensi mengandung kotoran dan bakteri.

Selain itu sea sponge juga dapat udara masuk ke dalam vagina dan meningkatkan risiko toxic shock syndrome (TTS), yaitu racun dari bakteri yang masuk ke dalam aliran darah.

Menghitung Jumlah yang Dibutuhkan

mentsrual pad berbagai ukuran
Menstrualpad/Sumber:pinterest.com/menstrualpad

Setelah kamu menentukan ukuran dan bahan menstrual pads, langkah selanjutnya adalah menentukan berapa jumlah yang kamu butuhkan. Kamu perlu mempertimbangkan berapa jam menstrual pad harus diganti.

Idealnya menstrual pad diganti setiap 4-5 jam sekali mengingat darah menstruasi dapat menjadi tempat berkembang bakteri dan membuat keadaan kulit menjadi lembap. Selain itu pertimbangkan juga cuaca karena menstrual pad yang telah dicuci harus dijemur di bawah sinar matahari untuk membantu dalam proses pengeringan dan membunuh bakteri.

So itulah tips yang dapat kamu lakukan saat kamu memutuskan untuk beralih ke menstrual pad.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id