sign up SIGN UP

7 Masalah Kulit Paling Umum yang Sebaiknya Tidak Diagnosa Sendiri, Bahaya!

Dimitrie Hardjo | Minggu, 05 Sep 2021 09:00 WIB
7 Masalah Kulit Paling Umum yang Sebaiknya Tidak Diagnosa Sendiri, Bahaya!
caption
Jakarta -

Kulit merupakan bagian tubuh terluas dari manusia. Sebagai bagian tubuh terluar, kulit penting dijaga dengan hati-hati. Sama seperti bagian tubuh lainnya, permasalahan pada kulit butuh penanganan tepat agar tidak memburuk. Masalah kulit tersebut bisa beraneka macam, mulai dari yang ringan hingga yang berat.

Apa pun itu, sebaiknya kita tidak self-diagnosis, karena bisa memperparah kondisi kulit. Terlebih, permasalahan itu terjadi tidak umum. Nah, untuk itu kamu perlu mengetahui apa saja permasalahan kulit yang sebenarnya membutuhkan penanganan langsung dari dokter agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Baca selengkapnya di bawah ini ya!


1. Basal Cell Carcinoma

Basal Cell/
Basal Cell Carcinoma/ Foto: pinterest.com/shape

Basal Cell Carcinoma adalah jenis kanker kulit yang cukup sering ditemukan. Gejala yang ditunjukkan tampak biasa, tapi jika tidak ditangani secara tepat dan cepat, maka akan semakin sulit untuk dihilangkan sepenuhnya. Biasanya, gejala awal dari penyakit kulit ini muncul seperti jerawat kecil atau titik dengan lapisan kulit agak tebal yang tidak kunjung hilang.

2. Perioral Dermatitis

Perioral dermatitis/
Perioral dermatitis/ Foto: pinterest.com/skinkraft

Perioral Dermatitis berbentuk ruam pada wajah yang biasanya muncul di sekitar mulut. Karena berwarna merah dan terdapat benjolan kecil, banyak orang salah mengira perioral dermatitis menjadi jerawat. Untuk menghilangkannya, kamu perlu perawatan dokter untuk diberikan antibiotik dan resep lain yang aman digunakan pada kulit iritasi.

3. Rosacea

Rosacea/
Rosacea/ Foto: pinterest.com/buenavibra

Walaupun rosacea ini cukup umum terjadi, masih banyak orang yang salah mendiagnosis rosacea sebagai breakout atau ruam biasa karena gejala yang timbul berbeda-beda pada setiap orang. Tapi jika tidak ditangani dengan tepat, rosacea dapat semakin parah. Karena itu, jika kamu mempunyai kulit sensitif yang sering memerah, sebaiknya kamu perlu memeriksanya ke dokter, Beauties.

4. Psoriasis

Psoriasis/
Psoriasis/ Foto: pinterest.com/ZentrumderGesundheit

Gejala pada kulit dengan psoriasis menunjukan kulit kering bersisik dan gatal akibat penumpukkan sel kulit. Psoriasis sendiri terjadi karena adanya permasalahan imun tubuh yang menyerang kulit dan biasanya disebabkan karena stres. Gejala ini biasanya muncul pada area siku, lutut, bahkan kulit kepala sehingga dibutuhkan penanganan dokter untuk mengatasi salah satu bentuk inflamasi kulit ini.

5. Eczema

Eczema/
Eczema/ Foto: pinterest.com/SELFMagazine

Eczema atau eksim terjadi saat kulit mengalami inflamasi dan dehidrasi. Banyak orang salah diagnosis kondisi kulit ini sebagai gigitan serangga karena kulit tampak merah, kering dan terasa gatal. Pengobatan yang harus dilakukan pada eksim tentu berbeda dengan kulit yang mengalami gigitan serangga. Butuh penanganan dokter untuk mengidentifikasi penyakit yang dialami dan resep khusus untuk mengobatinya.

6. Jerawat Cystic

Jerawat cystic/
Jerawat cystic/ Foto: freepik.com/user18526052

Jika kamu mengalami jerawat yang besar, merah, sakit, dan tidak kunjung hilang, seperti jerawat cystic, penanganan yang paling tepat adalah segera mengunjungi dokter, Beauties. Jerawat cystic butuh penanganan khusus dan tepat agar tidak meninggalkan bekas permanen pada kulit. Menjaga kondisi mental agar tidak stres akan membantu mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat cystic ini.

7. Reaksi Alergi

Woman scratch the itch with handWoman scratch the itch with hand/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Daniel Tadevosyan

Alergi tak jarang ditemukan orang yang mengalami reaksi alergi pada kulit, baik akibat serangga, produk skincare, atau makanan. Jika mengalami hal ini, tentu berobat ke dokter menjadi pilihan terbaik agar kondisi kulit yang terkena alergi tersebut cepat pulih. Reaksi alergi biasa ditandai dengan munculnya ruam merah, inflamasi, rasa gatal, benjolan-benjolan, atau kulit kering bersisik.

Itulah 7 permasalahan kulit paling umum yang perlu ditangani dokter yang dilansir dari Allure dan U.S Dermatology Partners. Dengan mengetahui gejalanya, kamu bisa langsung konsultasi ke dokter jika tanda-tanda di atas muncul pada kulitmu.

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id