sign up SIGN UP

Masih Sering Begadang? Ini Dampak Buruknya bagi Kulit, Salah Satunya Bikin Penuaan Dini

Meydiana Adinda | Sabtu, 04 Sep 2021 14:00 WIB
Masih Sering Begadang? Ini Dampak Buruknya bagi Kulit, Salah Satunya Bikin Penuaan Dini
caption

Begadang mungkin sudah jadi kebiasaan banyak orang, bahkan beberapa orang mengalami kesulitan tidur karena terbiasa begadang. Ada yang begadang karena bekerja, belajar, hingga begadang karena marathon nonton drama series.

Padahal, begadang merupakan kebiasaan buruk yang dapat berdampak negatif bagi tubuh, termasuk bagi kesehatan kulit. Pasalnya, untuk mendapatkan kulit yang sehat, kita perlu tidur dengan cukup.

“Saat kita tertidur, tubuh dapat beristirahat dengan baik. Kemudian proses regenerasi sel-sel dapat dilakukan dengan baik, termasuk sel kulit dan sel darah. Selain itu, tidur dengan cukup akan menurunkan kadar hormon stres kortisol, yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit akibat radikal bebas,” jelas Jeannel Astarita, seorang ahli kecantikan, dilansir dari Real Simple.

Lantas, seperti apa bahaya begadang bagi kulit? Simak penjelasan yang telah Beautynesia rangkum berikut ini, Beauties!

1. Sistem Perlindungan Kulit Jadi Lemah

Begadang
Begadang membuat kulit lemah/foto: freepik.com/katemangostar

Dilansir dari Allure, Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di New York, menerangkan bahwa di saat kita tidur, kulit akan meningkatkan produksi antioksidan untuk hari berikutnya. Antioksidan berperan besar untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan masalah pada kulit. Maka dari itu, berkurangnya waktu tidur dapat menyebabkan sistem perlindungan kulit jadi lebih lemah. 

2. Memicu Jerawat

Dampak begadang
Begadang memicu jerawat/foto: freepik.com/freepik

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tidur dapat menurunkan kadar hormon stres, kortisol. Tingkat kortisol yang rendah akan membantu proses regenerasi kulit serta meningkatkan perlindungan kulit. Sebaliknya, kurang tidur dapat mengganggu proses ini sehingga menyebabkan tubuh stres dan akhirnya memicu munculnya jerawat.

3. Penuaan Dini

Begadang
Begadang mengakibatkan penuaan dini/foto: freepik.com/cookie_studio

Tidur yang cukup dapat membuat kulit sehat dan awet muda. Pasalnya, menurut Healthline, selama tidur, aliran darah ke kulit akan meningkat, kemudian kulit dapat memproduksi kembali kolagen yang mengurangi kerutan dan bintik-bintik penuaan. Jika kamu kerap begadang, proses alami ini tentu dapat terganggu, akhirnya produksi kolagen menurun dan kulit akan tampak lebih tua.

4. Kulit Jadi Kusam

Dampak begadang
Begadang membuat kulit kusam/foto: pinterest.com/stylecraze

Kulit yang sehat akan terlihat cerah karena produksi kolagen yang cukup serta level kelembapan kulit yang terjaga. Sebaliknya, kulit yang kekurangan hidrasi akan kering dan terlihat kusam. Faktanya, begadang dapat mengganggu fungsi skin barrier sehingga mengakibatkan kulit kekurangan hidrasi, menjadi kering, dan terlihat kusam

Nah, itu dia empat dampak buruk begadang bagi kulit. Mulai saat ini, yuk kita biasakan tidur tepat waktu agar kulit lebih sehat, cerah dan bersinar!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id