sign up SIGN UP

5 Kesalahan Saat Pakai Cleansing Oil yang Tidak Kamu Sadari, Hati-hati Bikin Iritasi!

Ratih Dewi | Jumat, 03 Sep 2021 17:00 WIB
5 Kesalahan Saat Pakai Cleansing Oil yang Tidak Kamu Sadari, Hati-hati Bikin Iritasi!
caption

Walaupun dinilai lebih bersih saat membersihkan makeup, terutama yang matte dan waterproof, sayangnya masih banyak perempuan yang salah menggunakan cleansing oil, sehingga tidak bekerja dengan maksimal. 

"Cleansing oil sangat bagus dipilih untuk membersihkan makeup membandel, tanpa membuat kulit wajah kering berlebihan," ujar Rachel Nazarian, M.D., ahli dermatologis di New York. 

Buat kamu yang habis gunakan cleansing oil malah muncul jerawat atau iritasi, mungkin bukan karena produknya, bisa saja karena penggunaannya kurang tepat. Berikut 5 kesalahan ketika menggunakan cleansing oil yang tidak disadari oleh banyak wanita. 

1. Tidak Mencuci Tangan Terlebih Dahulu

Tidak Mencuci Tangan Terlebih Dahulu
Tidak Mencuci Tangan Terlebih Dahulu/Foto : pexels.com/Polina Tankilevitch

Hal yang sederhana dan terkadang sering terlewatkan oleh kita, yaitu tidak memperhatikan kebersihan tangan sebelum menyentuh wajah. Walaupun nanti akan tetap terkena cleansing oil, tapi pastikan tangan sudah dalam keadaan bersih sebelum menyentuh wajah supaya bersih dari kuman. 

Kita tidak tahu sebelumnya tangan kita menyentuh apa dan seberapa banyak kuman yang ada di tangan kita. Pastikan mencuci tangan sebelum menyentuh wajah supaya kotoran di tangan tidak menjadi penyebab jerawat muncul. 

2. Membiarkan Cleansing Oil Terlalu Lama

Membiarkan Cleansing Oil Terlalu Lama
Membiarkan Cleansing Oil Terlalu Lama/Foto : pexels.com/Karolina Grabowska

Pastikan kamu tidak membiarkannya terlalu lama di kulit wajah kamu, karena hal itu tidak baik untuk kulit wajah dan justru bisa menimbulkan masalah. Di antaranya cleansing oil bisa menyumbat pori-pori, dan jika didiamkan terlalu lama akan menyebabkan jerawat atau komedo. 

3. Aplikasikan di Kulit Wajah yang Basah

Aplikasikan di Kulit Wajah yang Basah
Aplikasikan di Kulit Wajah yang Basah/Foto : pexels.com/Sora Shimazaki

Rachel Nazarian, M.D., menjelaskan kesalahan yang paling banyak dilakukan kebanyakan perempuan adalah mengaplikasikan cleansing oil di kulit wajah yang basah, demikian seperti dilansir dari laman Well and Good.

"Kesalahan terbesar ketika menggunakan cleansing oil adalah mencampurnya dengan air, yang menyebabkan terganggunya proses pembersihan kulit wajah dari debu dan kotoran. Air dan minyak tidak bisa bersatu, jadi sebaiknya gunakan di kulit wajah yang basah," ujarnya. 

4. Tidak Gunakan Sabun Wajah Setelahnya

Tidak Gunakan Sabun Wajah Setelahnya
Tidak Gunakan Sabun Wajah Setelahnya/Foto : pexels.com/Ron Lach

Walaupun cleansing oil juga bisa membersihkan wajah dari kotoran dan makeup, jangan sampai kamu tidak menggunakan sabun wajah setelahnya. Gunanya sabun wajah setelahnya adalah untuk membersihkan kembali dan mengangkat sisa kotoran dari cleansing oil

Kalau setelahnya kamu tidak menggunakan sabun wajah, kotoran dan sisa makeup masih menempel di kulit wajah, sehingga nggak heran menjadi penyebab munculnya jerawat. 

5. Terlalu Banyak atau Sedikit Saat digunakan

Terlalu Banyak atau Sedikit saat digunakan
Terlalu Banyak atau Sedikit saat digunakan/Foto : pexels.com/KoolShooters

Untuk kamu yang memiliki tipe kulit berminyak, jangan terlalu banyak menggunakan cleansing oil dan untuk kamu yang kulitnya normal atau kering, jika menggunakan full makeup juga jangan terlalu sedikit mengaplikasikan ke wajah. 

Dilansir dari laman Healthy Skin Glows, jika terlalu banyak digunakan bagi pemilik kulit kering, malah akan menyerap minyak alami di kulit wajah dan setelah dibilas akan membuat kulit wajah kamu semakin kering, sehingga mudah iritasi. 

Namun jika menggunakan terlalu sedikit, saat membersihkan produk makeup khususnya yang matte dan waterproof tidak akan terangkat dengan maksimal, jadi gunakan secukupnya ya, Beauties. 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id