sign up SIGN UP

LIFE

Agar Lebih Nyenyak, Yuk Lakukan 5 Kebiasaan Sehat Ini Sebelum Tidur!

LIFIA MAWADDAH PUTRI | Senin, 20 Jul 2020 21:00 WIB
Agar Lebih Nyenyak, Yuk Lakukan 5 Kebiasaan Sehat Ini Sebelum Tidur!
caption
Jakarta -

Hidup sehat bukan hanya harus berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat saja. Akan tetapi kamu juga perlu menerapkan segala kebiasaan baik lainnya agar hidup menjadi lebih sehat dan bekualitas. Salah satunya adalah kebiasaan sebelum tidur. Jika kamu ingin menjalani hidup sehat, yuk coba lakukan 5 kebiasaan baik ini sebelum tidur!

Mandi Air Hangat

 

mandi air hangat akan menimbulkan efek powering down yang membuat otot-otot tubuh terasa rileks.
Mandi Air Hangat/freepik.com

Mandi dengan air hangat sebelum tidur adalah cara yang ampuh untuk menghadapi insomnia. Menurut para ilmuwan, suhu tubuh merupakan hal yang sangat berpengaruh pada kualitas tidur seseorang. Oleh sebab itu dengan mandi air hangat, hal ini akan menimbulkan efek powering down yang membuat otot-otot tubuh terasa rileks. Sehingga, kamu pun bisa tidur dengan lebih mudah dan nyenyak.

Minum Air Putih

ketika tidur, tubuh membutuhkan banyak cairan.
Air Mineral/freepik.com

Tentu semua orang sudah tahu bahwa air putih sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan. Nah. kebiasaan sehat sebelum tidur lainnya adalah minum air putih. Sebab ketika tidur, tubuh membutuhkan banyak cairan. Oleh sebab itu, agar tubuh terhindar dari dehidrasi, minumlah satu gelas air putih dengan suhu normal sebelum tidur.

Jauhkan Perangkat Elektronik

Jauhkan gadget saat tidur
Gadget/freepik.com

Ketika kamu ingin tidur, jauhkanlah perangkat-perangkat elektronik dari sekitar. Sebab hal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah, temperatur tubuh, serta hormon stres kortisol. Jika kamu memiliki kebiasaan bermain gadget sebelum tidur, maka hindarilah. Kamu bisa melakukan hal-hal yang perlu diselesaikan sebelum tidur, berkomunikasi bersama keluarga, atau kegiatan ringan lainnya.

Meditasi

Meditasi dapat membuat pikiran jadi rileks
Meditasi/freepik.com

Salah satu penyebab sulit tidur adalah karena mengalami stres. Agar kamu merasa lebih tenang, cobalah lakukan meditasi sebelum tidur. Kamu bisa melakukan meditasi dengan memasang aromaterapi di kamarmu, meredupkan lampu kamar, dan pejamkan mata beberapa saat. Hal ini bukan hanya bisa menghilangkan stres saja. Namun cara ini juga ampuh untuk membantumu tidur lebih nyenyak.

Menulis atau Membaca

Membaca atau menulis bisa membantu atasi insomnia
Membaca/freepik.com

Jika kamu hobi menulis, kegiatan yang satu ini bisa dijadikan solusi ketika kamu sulit tidur. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan menulis, maka hal ini bisa mengeluarkan beban pikiran. Bahkan, menulis sebelum tidur juga bisa meningkatkan kemampuan otak lho. Selain menulis, membaca juga bisa kamu jadikan salah satu alternatif untuk membantu pikiranmu lebih rileks.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id