sign up SIGN UP

LIFE

Agar Minus Mata Tidak Bertambah, Hal-Hal Ini Perlu Kamu Lakukan!

Rumaysha Milhania | Rabu, 16 Sep 2020 12:00 WIB
Agar Minus Mata Tidak Bertambah, Hal-Hal Ini Perlu Kamu Lakukan!
Tips Menjaga Kesehatan Mata/ Sumber: Freepik.com
Jakarta -

Kebiasaan menonton dengan cahaya redup terlalu dekat, bermain smartphone terlalu lama, bekerja di depan layar seharian, hingga hobi membaca buku hingga larut dapat berisiko merusak mata. Biasanya ini baru akan disesali setelah kamu memeriksa mata dan mendapatkan hasil bahwa matamu minus. 

Kebiasaan menonton dengan cahaya redup terlalu dekat, bermain smartphone terlalu lama, bekerja di depan layar seharian, hingga hobi membaca buku hingga larut dapat berisiko merusak mata.
Mata Sehat/ Sumber: Freepik.com

Salah satu cara terbaik untuk merawat mata adalah dengan merawat seluruh tubuh dengan baik. Pilihan untuk menjalani pola makan sehat dan bergizi, pola tidur teratur, dan rutin olahraga, serta memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan rutin dapat menjaga kondisi tubuh dan mata.

Pada dasarnya tidak ada metode khusus untuk meningkatkan penglihatan tanpa menggunakan tindakan korektif seperti operasi laser atau penggunaan kacamata. Nah, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata agar minus tidak semakin parah.


  • Makan makanan seimbang dan sehat yang kaya akan antioksidan dan vitamin A. Sayuran berdaun hijau, wortel, dan ikan dapat membantu menjaga kesehatan mata. Jagalah asupan makanan bergizi yang dapat membantu meningkatkan penglihatan dan memperlambat potensi dan risiko masalah penglihatan terkait usia.
  • Tidur yang cukup. Saat kamu kelelahan, mata akan lebih mudah tegang dan terasa seperti pasir dan kering. Jumlah tidur yang sehat dapat mengurangi mata lelah dan meningkatkan kemampuan penglihatan.
Para ahli merekomendasikan untuk melakukan jeda dan beristirahat setelah terlalu lama menghabiskan banyak waktu di laptop atau smartphone
Mengobati Mata Minus/ Sumber: Freepik.com
  • Berolahraga¬†secara teratur. Kebugaran fisik dapat meningkatkan sirkulasi darah dan aliran oksigen ke mata. Ini bisa membantu mengurangi mata kering.
  • Lindungi mata dari sinar matahari. Kenakan kacamata hitam dengan perlindungan UV saat berada di bawah sinar matahari untuk mencegah sinar berbahaya mengurangi kemampuan penglihatan dengan eksposur cahaya keras yang terlalu lama.
  • Beristirahatlah dari layar smartphone dan laptop. Para ahli merekomendasikan untuk melakukan jeda dan beristirahat setelah terlalu lama menghabiskan banyak waktu di laptop atau smartphone. Kamu bisa mengistirahatkan mata dengan memandang jauh ke jendela luar atau langit. Lakukani ini setiap 20 menit selama 20 detik setiap kalinya. Ini dapat membantu mencegah ketegangan mata, yang dapat menyebabkan kelelahan mata, sakit kepala, ketegangan leher, dan penurunan penglihatan.
Para ahli merekomendasikan untuk melakukan jeda dan beristirahat setelah terlalu lama menghabiskan banyak waktu di laptop atau smartphone.
Mata Lelah/ Sumber: Freepik.com

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan penglihatan dan merawat mata agar selalu sehat. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id