sign up SIGN UP

LIFE

Apakah Mata Minus Bisa Disembuhkan?

Anisalestari | Minggu, 13 Sep 2020 23:00 WIB
Apakah Mata Minus Bisa Disembuhkan?
Mata Minus/ Foto: Freepik.com

Bagi pemilik mata minus, perlu menggunakan bantuan kacamata agar dapat melihat dengan jelas. Namun, tidak semua orang merasa nyaman menggunakan kacamata.

Maka dari itu, banyak orang yang ingin sembuh dari mata minus. Pertanyaannya, apakah mata minus dapat disembuhkan? 

Yuk, temukan jawabannya di bawah ini!


Apakah Mata Minus Bisa Disembuhkan? 

Mata minus tidak dapat disembuhkan dengan obat-obatan melainkan dengan prosedur operasi
Apakah Mata Minus Dapat Disembuhkan/ Foto: Freepik.com

Mata minus, atau dalam dunia medis disebut dengan Miopi, merupakan keadaan di mana kemampuan lensa mata dalam membiaskan cahaya tidak optimal. Kondisi ini membuat bayangan benda yang dilihat tidak jatuh di retina, namun jatuh di depan retina. Supaya dapat melihat benda dengan jelas, maka para penderita mata minus memerlukan bantuan kacamata. 

Banyak orang ingin menyembuhkan mata minus, namun sayangnya hingga saat ini belum ada obat yang benar-benar dapat menyembuhkan mata minus secara instan. Satu-satunya cara untuk menyembuhkan mata minus dengan cukup instan ialah dengan melakukan pembedahan kornea mata. Ada beberapa operasi mata yang dapat menjadi pilihan untuk mengatasi mata minus.

Laser In Situ Keratectomy (LASIK)

Lasik menjadi salah satu operasi mata yang umum dilakukan untuk mengobati mata minus
Laser In Situ Keratectomy / Foto: Freepik.com

Lasik menjadi cara menyembuhkan mata minus yang paling umum dilakukan. Dalam prosedur operasi Lasik, dokter bedah mata akan menggunakan laser atau alat lainnya untuk membuat lapisan tipis pada lapisan atas kornea.

Dokter akan memahat kornea dengan laser lainnya dan mengembalikan tutupnya ke tempat semula. Operasi lasik memiliki efek samping, di antaranya membuat penglihatan menjadi silau untuk sementara waktu dan mata menjadi kering. Namun, kondisi ini akan hilang setelah beberapa minggu atau bulan. 

Photorefractive Keratectomy (PRK)

PRK menjadi prosedur operasi untuk mata minus
Photorefractive Keratectomy/ Foto: Freepik.com

Cara menyembuhkan mata minus dengan prosedur PRK ialah dengan memahat lapisan tengah kornea. Tujuannya adalah untuk meratakan lengkungan kornea, sehingga sinar cahaya jatuh lebih dekat dengan retina mata.

Prosedur PRK juga memiliki efek samping, yaitu kamu akan merasa tidak nyaman selama 24-72 jam pertama ketika selesai operasi. Kamu mungkin akan lebih sensitif terhadap cahaya untuk sementara waktu.  

Laser Epithelial Keratomileusis (Lasek)

Lasek merupakan operasi mata dengan menggunakan bantuan alkohol
Laser Epithelial Keratomileusis/ Foto: Freepik.com

Prosedur Lasek merupakan gabungan dari prosedur Lasik dan PRK. Namun, cara menyembuhkan mata minus ini menggunakan alkohol untuk melonggarkan permukaan kornea sehingga lipatan jaringan dapat diangkat keluar.

Laser digunakan untuk mengubah bentuk kornea. Efek samping mata kering lebih jarang terjadi dibandingkan dengan Lasik.

Sebenarnya sudah ada cara menyembutuhkan mata minus dengan cara alami bagi minus yang masih kecil. Namun, untuk minus yang sudah besar, seperti minus 5, 6, 7, 8, dan lebih besar, melakukan operasi mata bisa jadi opsi penyembuhan paling mudah untuk dilakukan.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id