sign up SIGN UP

LIFE

Agar Terkendali, Ini Cara Tepat Melepaskan Kemarahan dengan Lebih Baik

Rumaysha Milhania | Minggu, 11 Oct 2020 17:00 WIB
Agar Terkendali, Ini Cara Tepat Melepaskan Kemarahan dengan Lebih Baik
caption
Jakarta -

Menunggu antrean panjang, berurusan dengan komentar sinis dari warganet, menghadapi gosip buruk di antara rekan kerja, mengemudi melalui lalu lintas yang macet, semua itu dapat menimbulkan kepenatan hingga berakhir pada luapan emosi dan kemarahan. Sebagai makhluk yang memiliki emosi, tentu kemarahan merupakan bagian normal dari seorang manusia. Namun, jika tidak dikendalikan dengan baik, ini dapat memicu seseorang melakukan hal-hal yang destruktif atau merusak.

Menunggu antrean panjang, berurusan dengan komentar sinis dari warganet, menghadapi gosip buruk diantara rekan kerja, mengemudi melalui lalu lintas yang macet, semua itu dapat menimbulkan kepenatan hingga berakhir pada luapan emosi dan kemarahan.
Mengendalikan Marah/ Sumber: Freepik.com

Tentu kamu tahu jika membiarkan amarah yang meluap-luap dapat merusak hubungan pribadi dan profesional dengan orang-orang di sekitarmu. Tapi itu juga memengaruhi kesejahteraan dan kesehatan mentalmu. Pasalnya, memendam rasa frustrasi secara terus-menerus dapat menyebabkan reaksi fisik dan emosional, termasuk seperti tekanan darah tinggi dan kecemasan.

Untuk itu, simak panduan mengelola kemarahan yang tepat agar terhindar dari dampak buruk emosi yang tidak terkendali berikut ini.


1. Atur Nafas dengan Menarik Nafas Dalam dan Panjang

Di saat emosi meluap, sangat mudah untuk mengabaikan pernapasan yang baik dan teratur. Untuk mengatasi hal ini, cobalah mengambil napas lambat dan terkontrol di mana kamu menghirup dari perut, bukan dari dada. Ini memungkinkan tubuhmu untuk langsung menenangkan dirinya sendiri.

Di saat emosi meluap, sangat mudah untuk mengabaikan pernapasan yang baik dan teratur. Untuk mengatasi hal ini, cobalah mengambil napas lambat dan terkontrol di mana kamu menghirup dari perut, bukan dari dada.
Mengatur Nafas/ Sumber: Freepik.com

2. Lakukan Visualisasi

Temukan hal-hal yang membuatmu bahagia saat sedang berada di posisi yang tidak menyenangkan. Misalnya, saat terjebak macet, cobalah untuk menelepon pasangan atau sahabat untuk mendapatkan kenyamanan. Kamu juga bisa melakukan visualisasi tentang hal-hal menyenangkan dan membahagiakan lain. Percayalah bahwa tidak semua hal dalam hidupmu menyebalkan. Ada banyak hal membahagiakan yang tertutup kemarahan. Jadi singkirkan kemarahan itu!

3. Atur Perspektifmu

Saat-saat stres dan tekanan sangat tinggi, kamu akan dapat membelokkan persepsi tentang realitas hingga membuat kamu merasa seolah dunia menjadi tempat yang sangat buruk. Itulah sebabnya sangat penting untuk memeriksa kembali bagaimana perspektif kamu tentang kehidupan itu sendiri. Sadari bahwa setiap orang mengalami hari-hari buruk dari waktu ke waktu, dan besok akan menjadi awal yang baru dengan segala peluang dan kebahagiaan yang bisa diraih.

4. Ekspresikan Emosi dan Perasaanmu

Ledakan amarah tidak akan membantu kamu selesai dari permasalahan, tetapi itu tidak berarti kamu tidak dapat melampiaskan rasa frustrasi dan emosi kepada teman terpercaya atau anggota keluarga setelah mengalami masalah dan hari yang buruk. Ceritakanlah perasaanmu pada orang yang kamu percaya dan tahu bahwa ia dapat menghadapi dan mengendalikanmu dalam kondisi terburuk sekalipun.

Ceritakanlah perasaanmu pada orang yang kamu percaya dan tahu bahwa ia dapat menghadapi dan mengendalikanmu dalam kondisi terburuk sekalipun.
Mengekspresikan Marah/ Sumber: Freepik.com

5. Redakan Amarah dengan Humor

Menemukan humor di saat yang panas dapat membantu kamu untuk bisa menjaga perspektif yang seimbang. Ini tidak berarti kamu harus menertawakan masalahmu, tetapi cobalah untuk melihatnya dengan cara yang lebih ringan. Dijamin ini dapat memberikan ketenangan sehingga kamu bisa mencari solusi dengan lebih jernih.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan emosi dan kemarahan. Semoga tips ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id