sign up SIGN UP

LIFE

Amankah Konsumsi Obat Diet untuk Turunkan Berat Badan?

Friska NR | Rabu, 25 Nov 2020 21:15 WIB
Amankah Konsumsi Obat Diet untuk Turunkan Berat Badan?
caption

Bagi yang tengah berupaya menurunkan berat badan, obat diet seperti pil pelangsing kerap menjadi pilihan untuk mencapai berat badan yang diinginkan secara instan.

Obat ini biasanya bekerja dengan cara menekan nafsu makan atau mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh sehingga berat badan dapat berkurang. Namun sebenarnya, seberapa aman sih mengonsumsi obat diet?

Menurunkan Berat Badan dengan Obat Diet

Obat diet.
Foto: freepik.com

Memiliki tubuh indah dengan berat badan ideal tentu menjadi impian banyak wanita. Untuk mendapatkannya, tak sedikit yang tergiur mengonsumsi obat diet pelangsing karena diklaim dapat menurunkan berat badan secara instan.

Ditambah dengan iming-iming label “herbal” atau “alami”, banyak yang semakin percaya bahwa produk yang mereka konsumsi  aman dan efektif untuk menurunkan berat badan. Namun, benarkah demikian?

Diet.
Foto: freepik.com

Sejatinya, menurunkan berat badan dengan mengonsumsi obat diet tidak dianjurkan oleh dokter lho, Ladies. Menggunakan obat untuk menekan nafsu makan atau mengurangi penyerapan lemak sebaiknya menjadi pilihan terakhir saat ingin mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal. Sebab, obat-obat diet yang beredar di pasaran dapat mengandung bahan-bahan yang memiliki efek samping berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Mengenali Kandungan Bahan Obat Diet

Obat diet.
Foto: freepik.com

Obat diet tidak boleh dikonsumsi sembarangan karena dapat memberikan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, pastikan kamu memeriksa kandungan bahan yang terdapat di dalamnya serta mengecek apakah produk tersebut telah terdaftar secara resmi di BPOM.

Obat diet.
Foto: freepik.com

Kandungan bahan seperti orlistat pada obat diet dikenal efektif menurunkan berat badan. Meski begitu, bahan ini memiliki efek samping seperti dapat menyebabkan kram perut, sering buang air besar hingga perubahan mood.

Sementara kandungan bahan seperti sibutramin, ephedra dan phenytoin dalam obat diet sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, detak jantung tidak normal, peningkatan kadar gula darah hingga keracunan.

[Gambas:Instagram]

Menurunkan Berat Badan dengan Cara Sehat

Berolahraga untuk turunkan berat badan.
Foto: freepik.com

Mengonsumsi obat diet dapat menjadi pilihan untuk menurunkan berat badan asal telah dikonsultasikan ke dokter. Namun selain itu, terdapat pula beberapa metode penurunan berat badan secara sehat yang bisa kamu lakukan alih-alih mengonsumsi obat diet, Ladies. Berikut di antaranya!

  1. Mengurangi jumlah asupan kalori.
  2. Perbanyak makan sayur yang tinggi serat untuk membantu kenyang lebih lama.
  3. Melakukan olahraga ringan secara rutin dan bertahap untuk membantu pembakaran lemak.
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id