sign up SIGN UP

LIFE

Apa Itu Detox Rahim dan Manfaatnya untuk Kesehatan Wanita?

Budi Rahmah Panjaitan | Rabu, 14 Oct 2020 16:00 WIB
Apa Itu Detox Rahim dan Manfaatnya untuk Kesehatan Wanita?
caption

Belakangan ini, istilah detox rahim mulai dikenal oleh masyarakat luas. Terutama untuk kalangan wanita, detox rahim ini jelas mendatangkan rasa penasaran terkait manfaat dan apa sebenarnya detox rahim itu.

Jika ditelisik sedikit, gaya hidup dan kondisi hormonal seorang wanita memang berpotensi mendatangkan berbagai masalah pada rahim. Untuk itulah, detox ini dibutuhkan. Lantas, apa sebenarnya detox rahim itu dan apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Detox Rahim

Detox rahim merupakan cara yang dilakukan untuk membersihkan rahim dari berbagai racun
detox rahim/freepik.com

Sebagaimana istilah detox pada umumnya yang berarti cara membersihkan tubuh dari racun, maka tidak berbeda halnya dengan pengertian detox rahim itu sendiri. Detox rahim merupakan cara yang dilakukan untuk membersihkan rahim dari berbagai racun yang bisa menyebabkan permasalahan pada rahim.


Untuk itu, seseorang yang melakukan detox rahim harus menjalankan cara tertentu dan dalam jangka waktu yang tertentu pula. Semua ini dilakukan dengan prosedur yang tepat agar hasilnya bisa maksimal.

Jenis Detox Rahim

Detox rahim sendiri ada dua jenis. Pertama ialah detox rahim yang dilakukan secara physical dan yang kedua ialah detox rahim ramuan berbahan alami
detox rahim/xoNecole/twitter.com

Hal penting yang harus diketahui terkait detox rahim ini adalah jenisnya. Ya, ini perlu dilakukan supaya kamu tidak salah kaprah. Detox rahim sendiri ada dua jenis.

Pertama ialah detox rahim yang dilakukan secara physical dan kedua detox rahim yang dilakukan dengan cara meminum ramuan-ramuan berbahan alami. Untuk detox rahim yang dilakukan secara physical ini dilakukan dengan cara memasukkan bola pembersih ke dalam Ms V.

Adapun bola yang dimaksud ini merupakan temuan terbaru dari salah satu perusahaan herbal yang ada di Amerika. Bola yang diberi balutan kain kasa itu diklaim mampu mengatasi berbagai masalah pada rahim seperti kista ovarium, infeksi jamur dan juga endometriosis.

Namun hal ini cukup menjadi kontroversi, terlebih lagi pendapat para pakar ginekolog yang membantah klaim tersebut. Sebut saja, Dr. Jen Gunter yang mengatakan bahwa detox rahim dengan cara demikian bisa menyebabkan toxic shock syndrome bahkan iritasi. Sementara itu, detox rahim yang menggunakan ramuan ini dilakukan dengan mencampur beberapa bahan alami yang kemudian diminum.

Manfaat Detox Rahim

detox rahim ini bisa mengatasi berbagai masalah hormonal seperti miom, kista, PCOS, melancarkan haid
detox rahim/freepik.com

Adapun manfaat detox rahim ini bisa mengatasi berbagai masalah hormonal seperti miom, kista, PCOS, melancarkan haid, membantu program hamil dan pastinya membersihkan rahim. Namun hal yang perlu digarisbawahi, manfaat detox rahim demikian lebih cocok diklaim untuk jenis ramuan karena terbilang lebih aman. Kandungan berkhasiat dari bahan-bahan alami di dalam ramuan lah nantinya yang akan mendetox rahim secara lebih baik.

Bahan Alami Detox Rahim

bahan alami yang bisa dijadikan detox rahim, di antaranya adalah cengkeh, kapulaga, madu, jahe, ketumbar dan kayu manis
detox rahim/freepik.com

Ada beberapa bahan alami yang bisa dijadikan detox rahim, di antaranya adalah cengkeh, kapulaga, madu, jahe, ketumbar dan kayu manis. Jika ditelusuri manfaat masing-masing bahan alami ini, maka bisa dilihat bahwa cengkeh bermanfaat untuk meredakan nyeri saat haid sekaligus menjadi anti radang dengan kandungan Vitamin C, K, E, kalsium dan juga magnesiumnya.

Kapulaga memiliki khasiat meringkan gejala haliotosis dengan kandungan limonene, borneol, eucalyptol, terpynine dan camphor di dalamnya. Sementara itu, jahe memiliki manfaat untuk meningkatkan kadar oksigen serta aliran darah menuju rahim, ketumbar mampu menjai stimulan alami guna mempertahankan keseimbangan hormon.

Kayu manis mampu menjadi bahan alami untuk meredakan rasa sakit dan meningkatkan kesuburan. Satu lagi yang tidak kalah penting adalah madu yang bisa meningkatkan kesuburan sel telur sehingga lebih mudah dibuahi dan tentu saja memperbesar peluang kehamilan. Untuk itulah detox rahim ini bisa menjadi salah satu cara untuk program hamil (promil).

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id