sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Jaga Kesehatan Janin, Ini Bahaya Minum Kopi untuk Ibu Hamil

Anisalestari | Rabu, 07 Oct 2020 21:15 WIB
Jaga Kesehatan Janin, Ini Bahaya Minum Kopi untuk Ibu Hamil
caption

Saat ini minum kopi sudah menjadi gaya hidup yang sulit untuk ditinggalkan. Bahkan, bagi sebagian orang rasanya tidak lengkap menjalani hari sebelum meminum segelas kopi.

Namun, bagi wanita yang sedang hamil sebaiknya menghentikan kebiasaan ini, Ladies. Kopi dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan janin.

Yuk, simak informasinya di bawah ini!


Menimbulkan Masalah Lambung 

Minum kopi bagi hamil dapat menimbulkan masalah lambung
Menimbulkan Masalah Lambung/ Foto: Freepik.com

Bahaya minum kopi bagi bumil yang pertama adalah dapat menimbulkan masalah lambung. Hal ini disebabkan oleh kandungan kafein yang terdapat dalam kopi.

Kafein memiliki efek meningkatkan asam lambung dan gerak usus. Minum kopi dapat memperparah kondisi ibu hamil yang sering mual hingga muntah. 

Mengalami Insomnia 

Bahaya minum kopi bagi bumi ialah dapat menyebabkan mengalami insomnia
Insomnia/ Foto: Freepik.com

Kopi dikenal dengan efeknya yang dapat menjaga tubuh dari rasa kantuk. Bagi ibu hamil, metabolisme kafein menjadi 1,5 hingga 3,5 kali lebih lambat. Kondisi ini menyebabkan kafein lebih lama berada di dalam tubuh dan bisa membuat bumil mengalami insomnia.

Meningkatkan Risiko Anemia 

Bahaya minum kopi bagi bumil dapat meningkatkan risiko anemia
Meningkatkan Risiko Anemia/ Foto: Freepik.com

Pada umumnya, ibu hamil yang mengalami anemia disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi sebagai pembentuk hemoglobin (Hb). Ibu hamil minum kopi dapat meningkatkan risiko anemia.

Pasalnya, kandungan kafein yang terdapat pada kopi memiliki senyawa fenol yang dapat menghambat penyerapan zat besi. Padahal zat besi menjadi hal yang penting bagi ibu dan janin sebagai pengantar oksigen di dalam tubuh. 

Kesehatan Plasenta Terancam 

bahaya minum kopi bagi ibu hamil dapat berbehaya untuk kesehatan plasenta
Kesehatan Plasenta Terancam / Foto: Freepik.com

Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dapat melewati plasenta, kemudian zat tersebut dapat tersalurkan ke dalam tubuh janin yang berada di perut sang ibu. Jadi, bahaya minum kopi bagi bumil yang lain adalah dapat mengancam keselamatan janin. Sebab dirinya belum mampu untuk memetabolisme kafein yang masuk ke dalam tubuhnya. 

Keguguran 

Ibu hamil minum kopi dapat meningkatkan dua kali lipat mengalami keguguran
Keguguran/ Foto: Freepik.com

Ibu hamil minum kopi dapat meningkatkan risiko keguguran, apalagi kafein yang terdapat di dalam kopi bersifat stimulan sehingga dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh American Journal of Obstetrics and Gynecology, ditemukan fakta bahwa wanita yang mengonsumsi 200 mg atau lebih kopi setiap hari ada kemungkinan dua kali lipat lebih besar mengalami keguguran. 

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id