sign up SIGN UP

LIFE

Bagus untuk Kesehatan dan Kecantikan, Minum Air Hangat di Pagi Hari Untuk Dapat Manfaat Ini

Rumaysha Milhania | Minggu, 18 Oct 2020 07:30 WIB
Bagus untuk Kesehatan dan Kecantikan, Minum Air Hangat di Pagi Hari Untuk Dapat Manfaat Ini
Manfaat Air Hangat/ Sumber: Freepik.com
Jakarta -

Para ahli kesehatan telah merekomendasikan untuk memulai hari dengan segelas air hangat untuk memulai metabolisme yang lebih baik. Dengan beragam pilihan minuman yang enak seperti susu coklat dingin dan air putih dingin yang menyegarkan, air hangat mungkin merupakan pilihan paling sederhana. Dilansir dari mdlinx.com, berikut adalah beberapa manfaat jika kamu meminum air hangat di pagi hari.

Para ahli kesehatan telah merekomendasikan untuk memulai hari dengan segelas air hangat untuk memulai metabolisme yang lebih baik.
Minum Air Hangat/ Sumber: Freepik.com

Menurunkan Berat Badan

Menurut para ahli, konsumsi air hangat di pagi hari mempersiapkan ususmu untuk bisa mencerna makanan dengan lebih baik. Inilah yang akan berdampak pada penurunan berat badan dengan lebih optimal. Secara khusus, ini membersihkan usus, mencegah kembung, dan menghilangkan kelebihan berat air melalui kontraksi usus. Ini juga meningkatkan suhu inti tubuh, yang menyebabkan tubuh mengeluarkan energi untuk menurunkan suhunya kembali normal. Pengeluaran energi ini dapat meningkatkan metabolisme.

Mengatasi Hidung Tersumbat

Dalam sebuah penelitian kecil yang dirancang untuk menentukan apakah mengonsumsi sup ayam dapat menghilangkan hidung tersumbat, para peneliti menemukan bahwa meminum air hangat meningkatkan kecepatan lendir hidung hampir sebanyak sup ayam. Sebagai catatan, efeknya akan terasa hanya dalam 30 menit.


Seperti mandi air hangat, minum secangkir air hangat meningkatkan sirkulasi darah melalui arteri dan vena.
Air Hangat/ Sumber: Freepik.com

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Seperti mandi air hangat, minum secangkir air hangat meningkatkan sirkulasi darah melalui arteri dan vena. Aliran darah yang lebih efisien dapat memiliki manfaat mulai dari peningkatan tekanan darah hingga penurunan risiko penyakit jantung.

Kesehatan Gigi

Minum air hangat lebih baik untuk gigi. Air dingin dapat menyebabkan bahan pengisi berkontraksi dan putus, sehingga merusak perawatan gigi. Beberapa ahli merekomendasikan menyikat dengan air hangat juga.

Baik untuk Pencernaan

Air hangat melebarkan pembuluh darah di usus, yang membantu pencernaan. Dorongan ini paling menunjukkan efektivitas optimal saat air hangat dikonsumsi di awal hari. Minum secangkir air hangat sebelum tidur juga dapat menambah rasa kenyang dan mengekang keinginan untuk ngemil di tengah malam.

Relaksasi Otot

Minum air hangat meningkatkan aliran darah, membantu otot tubuh menjadi rileks, sedangkan minum air dingin menyebabkan otot berkontraksi. Relaksasi otot ini dapat meredakan berbagai nyeri, mulai dari kram menstruasi hingga artritis. Ini juga dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak.

Menghilangkan Racun

Minum air hangat tidak hanya meningkatkan suhu tubuh tetapi juga memicu sistem endokrin bekerja dengan lebih baik. Efek ini menyebabkan keringat dan keluarnya racun melalui kulit.

Seperti disebutkan di atas, air hangat membantu kontraksi usus. Saat ususmu berkontraksi, kamu lebih mudah buang air besar.
Minuman Hangat/ Sumber: Freepik.com

Meredakan Sembelit

Seperti disebutkan di atas, air hangat membantu kontraksi usus. Saat ususmu berkontraksi, kamu lebih mudah buang air besar. Jadi, minum air panas secara teratur membantu kamu membuang air besar menjadi teratur.

Nah, itulah beberapa manfaat meminum air hangat yang harus kamu tahu. Jadi, jangan lewatkan asupan air hangatmu di pagi hari, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id