sign up SIGN UP

LIFE

Tubuh Lemas Saat Diet Itu Kenapa, ya? Ini Nih 4 Penyebabnya!

Izzul Millati Umami | Selasa, 13 Oct 2020 07:30 WIB
Tubuh Lemas Saat Diet Itu Kenapa, ya? Ini Nih 4 Penyebabnya!
caption
Jakarta -

Ladies, setiap dari kita pasti ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan diet. Diet dianggap cara yang paling ampuh untuk menurunkan berat badan.

Namun, menjalani program diet bukanlah hal yang mudah, ladies. Kebiasaan seperti makan berlebih dan mengkonsumsi makan sembarangan harus dihindari. Tak hanya itu, banyak orang yang rela melakukan diet ekstrim agar berat badannya turun dengan cepat. Belum lagi, saat diet tak sedikit orang yang mengeluhkan tubuhnya lemas hingga pusing. Mengapa hal ini bisa terjadi? Yuk simak, 4 penyebab tubuh lemas saat diet:


Kekurangan Karbohidrat

kekurangan karbohidrat
kekurangan karbohidrat/sumber:pixabay.com

Ladies, karbohidrat adalah asupan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Yups, karbohidrat memang sumber energi utama dalam tubuh. Menjalani program diet memang mengharuskan mengurangi konsumsi terhadap makanan yang mengandung karbohidrat.

Nah, banyak orang yang menjauhi karbohidrat sepenuhnya karena diet.  Padahal, jika tubuh kekurangan asupan karbohidrat maka akan menyebabkan gula darah rendah sehingga tubuh menjadi lemas hingga pusing. Saat diet, ladies harus mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang tak berlebihan, tentunya. Dengan begini, tubuh akan memperoleh sumber energi.

Tak Makan Terlalu Lama

tak makan terlalu lama
tak makan terlalu lama/sumber:pixabay.com

Banyak orang menganggap makan dengan jeda yang lama akan cepat menurunkan berat badan. Anggapan seperti ini justru salah, ladies. Tak makan terlalu lama justru membuat metabolisme melambat dan sistem tubuh tak dapat bekerja untuk membakar kalori.

Tak hanya itu, tubuh ladies juga akan lemas dan pusing. Jadi, agar diet ladies sukses tetaplah makan namun dalam porsi kecil, namun sering makan. Usahakan makanan yang mengandung nutrisi seperti sayuran dan buah-buahan.

Kurang Minum Air Putih

minum air putih
minum air putih/sumber:pixabay.com

Minum air putih sangat penting bagi kesehatan ladies. Mengapa? Karena tubuh terdiri dari 60 persen air. Jadi, jika dalam menjalani program diet ladies kekurangan asupan air putih dalam tubuh maka tubuh ladies akan lemas dan pusing. Biasanya, saat menjalani diet, seseorang memiliki jeda waktu makan yang lama dan ini justru membuat orang juga lupa untuk meminum air putih.

Kekurangan Kalori

kekurangan kalori
kekurangan kalori/sumber:pixabay.com

Banyak orang yang menjalani program diet yang sangat rendah kalori. Padahal, kalori juga dibutuhkan tubuh agar bisa beraktivitas. Mengkonsumsi lebih banyak kalori memang dapat meningkatkan berat badan. Namun jika tubuh ladies kekurangan kalori secara berlebihan, maka tubuh akan lemas dan pusing. Agar berat badan tak naik, batasi konsumsi kalori secara wajar dan rajin olahraga.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id