sign up SIGN UP

LIFE

Bau Vagina Bikin Enggak PD? Ini Cara Mengatasinya!

Rumaysha Milhania | Kamis, 18 Feb 2021 18:00 WIB
Bau Vagina Bikin Enggak PD? Ini Cara Mengatasinya!
caption
Jakarta -

Apakah Bau Vagina Itu Alami?

Bau vagina yang tidak enak sangat mungkin terjadi dari waktu ke waktu. Bahkan saat kamu sudah dengan semaksimal mungkin mencoba merawat tubuh dan vagina dengan baik. Nah, yang tidak normal adalah bau yang terus-menerus dan menyengat.

Jika kamu memiliki masalah bau vagina, pertanyaan pertama yang harus kamu tanyakan pada diri sendiri adalah apakah aroma vaginamu normal? Namun, pahami bahwa bau vagina setiap wanita berbeda.

Aroma khas vagina yang sehat umumnya digambarkan sebagai
Aroma Alami Vagina/ Sumber: Freepik.com

Aroma khas vagina yang sehat umumnya digambarkan sebagai "musky" atau "meaty". Selain itu, siklus menstruasi juga dapat menyebabkan sedikit bau "logam" selama beberapa hari. Bahkan hubungan seksual juga dapat mengubah bau sementara.

Pahami juga bahwa vagina kamu membersihkan dirinya sendiri secara alami. Namun, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menguragi aroma tidak sedap pada vagina. Melansir dari Healthline, berikut ini adalah beberapa cara meghilangkan bau vagina yang bisa kamu coba.

1. Jaga Kebersihan

Bersihkan area intim kamu dengan rutin. Kain lap yang lembut akan membantu membersihkan kulit mati, keringat, dan kotoran. Kamu juga bisa menggunakan sabun lembut di bagian luar. Di dalam labia, area tersebut jauh lebih sensitif, dan sabun sering kali menyebabkan luka bakar dan iritasi. Membiarkan air mengaliri area tersebut seringkali cukup untuk menjaga labia di sekitar vagina tetap bersih. Vagina itu sendiri tidak perlu dibersihkan.

Bersihkan area intim kamu dengan rutin. Kain lap yang lembut akan membantu membersihkan kulit mati, keringat, dan kotoran.
Vagina beraroma/ Sumber: Freepik.com

2. Gunakan Produk Penghilang Bau untuk Bagian Luar Vagina

Jika ingin menggunakan semprotan atau pewangi, gunakan di bagian luar labia saja, bukan di dekat vagina. Jangan masukkan produk perawatan atau pembersih apapun. Pasalnya, mereka dapat mengganggu produksi pembersih alami vagina dan menyebabkan masalah yang lebih besar.

3. Ganti Pakaian Dalam Secara Rutin

Jika kamu biasanya mengenakan celana dalam berbahan satin, sutra, atau poliester, ganti ke katun produk dengan bahan katun 100%. Celana dalam berbahan katun dapat memberi ruang bagi vagina bernapas dan bekerja dengan sangat baik dalam menghilangkan keringat dan cairan dari tubuh. Kelembaban yang berlebihan dapat mengganggu tingkat bakteri alami dan menyebabkan infeksi.

Produk over-the-counter (OTC) mungkin berguna untuk memulihkan pH alami vagina kamu. Jika kamu mencobanya dan baunya tetap ada atau bertambah parah, buatlah janji dengan dokter.
Mengatasi Vagina Bau/ Sumber: Freepik.com

4. Pertimbangkan Produk pH

Produk over-the-counter (OTC) mungkin berguna untuk memulihkan pH alami vagina kamu. Jika kamu mencobanya dan baunya tetap ada atau bertambah parah, buatlah janji dengan dokter. Kamu mungkin perlu menggunakan produk lain, atau kamu mungkin perlu ke dokter untuk mengobati infeksi yang terjadi.

5. Minyak Esensial

Penting untuk kamu tahu. Perawatan minyak esensial hanya memiliki sedikit penelitian medis untuk mendukung khasiatnya. Beberapa minyak esensial memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang dapat membantu mengurangi dan menghilangkan bakteri. Tapi jangan pernah mengoleskan minyak esensial langsung ke kulit tanpa mengencerkannya terlebih dahulu. Meski sudah diencerkan, minyak esensial masih bisa mengiritasi area vagina.

Jika vaginamu masih berbau tidak sedap meskipun kamu sudah melakukan perawatan dan menjaga kebersihan, tidak ada salahnya untuk mengkonsultasikan masalahmu ke dokter.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id