sign up SIGN UP

Belum Dapat Sertifikat Vaksin Covid-19? Coba Lakukan Hal Ini

tjitradewi | Sabtu, 10 Jul 2021 15:00 WIB
Belum Dapat Sertifikat Vaksin Covid-19? Coba Lakukan Hal Ini
caption

Sertifikat vaksin covid-19 merupakan bukti yang menyatakan bahwa seseorang telah divaksin, baik masih dosis 1 maupun sudah lengkap. Saat PPKM Darurat, sertifikat vaksin juga menjadi syarat seseorang agar dapat berpergian antar kota.

Biasanya, beberapa jam atau maksimal 7-10 hari setelah disuntik vaksin covid-19, penerima vaksin akan mendapatkan SMS dari 1199 yang berisi tautan agar dapat mengunduh sertifkat vaksin. Selain sertifikat digital, beberapa tempat langsung menyerahkan sertifikat vaksin covid-19 sesaat setelah menerima suntikan.

Sejumlah orang mengeluhkan belum mendapat sertifikat vaksin Covid-19 meski telah disuntik
Sejumlah orang mengeluhkan belum mendapat sertifikat vaksin Covid-19 meski telah disuntik/ Foto: Freepik/rawpixel.com

Namun, sejumlah orang mengeluhkan dirinya tak kunjung mendapat sertifikat vaksin, baik secara fisik maupun digital meski sudah disuntik. Lantas, apa yang bisa dilakukan?

Dikutip dari Detik Health, Juru bicara vaksinasi covid-19 dari Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, mengatakan bahwa jika ada yang mengeluh belum mendapat sertifikat vaksin covid-19 via SMS, ada baiknya langsung mencoba mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 di aplikasi atau website PeduliLindungi.

"Dikontak websitenya (PeduliLindungi) kalau belum dapat," sebut dr Nadia.

Kesalahan mengisi data nomer ponsel bisa jadi sebab tak kunjung dapat sertifikat vaksin
Kesalahan mengisi data nomer ponsel bisa jadi sebab tak kunjung dapat sertifikat vaksin/ Foto: Freepik/rawpixel.com

Menanggapi hal ini pula, Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dedy Permadi, menjelaskan ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi, Beauties.

Kemungkinan pertama adalah adanya jeda penerbitan sertifikat vaksin karena antrian pengiriman input pada sistem satu data. Kedua, kemungkinan data nomor ponsel masyarakat kosong, atau data tidak sesuai pada saat pendaftaran.

"Data nomor HP kosong atau tidak sesuai dengan yang digunakan saat mendaftar di Pedulilindungi.id," ujar Dedy seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

Jika tak terdaftar di PeduliLindungi, coba telepon ke 119 untuk mendapat sertifikat vaksin
Jika tak terdaftar di PeduliLindungi, coba telepon ke 119 untuk mendapat sertifikat vaksin/ Foto: Freepik/jcomp

Untuk itu, jika kalian mengalami hal ini, coba kontak ke 119. Pasalnya tak sedikit orang mengaku telah berhasil mendapat sertifikat vaksin covid-19 meski sebelumnya tak dapat, karena rupanya salah memasukkan nomor ponsel saat mengisi data.

Namun ada baiknya kalian bersabar dulu sebelum melakukan panggilan ke 119 dan tunggu selama beberapa hari, itu karena call center ini sering sibuk dan juga harus dicoba beberapa kali. Selamat mencoba, Beauties!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id