sign up SIGN UP

Jangan Keliru, Ini Obat COVID-19 yang Miliki Izin BPOM

Phanie Fauziah | Jumat, 09 Jul 2021 11:15 WIB
Jangan Keliru, Ini Obat COVID-19 yang Miliki Izin BPOM
caption
Jakarta -

Saat ini kita sedang berada dalam situasi yang genting. Masa pandemi memang tidak hanya mengharuskan kita untuk menjaga kesehatan tubuh saja, tapi secara mental pun kita sangat perlu menjaga dengan baik kondisi psikologis kita agar kekebalan tubuh terus terbentuk.

Berbagai pemberitaan mengenai kondisi saat ini memang seringkali membuat pikiran kita terkuras. Maka, penting bagi kita untuk selektif menyaring berita yang memang bukan hoaks semata.

Seperti baru-baru ini beredar kabar mengenai Ivermectin yang kabarnya diklaim bisa menyebuhkan COVID-19. Tanpa menelusuri kebenarannya, masyarakat berburu obat ini hingga ketersediaan obat ini langka di pasar. Lalu, benarkah Ivermectin bisa menyembuhkan COVID-19? Sebenarnya apakah obat Ivermectin itu? Ketahui yuk, Beauties!

Fakta Mengenai Ivermectin

Belum ada bukti mengenai Ivermectin yang bisa menyembuhkan COVID-19 pada manusia.
Ivermectin Obat Infeksi Kecacingan/Freepik/yonedasergio

Dilansir dari detikHealth, Menurut BPOM RI, Ivermectin kaplet 12 mg terdaftar sebagai obat khusus untuk infeksi kecacingan (Strongyloidiasis dan Onchocerciasis). Ivermectin juga diberikan dalam dosis tunggal 150-200 mcg/kg berat badan dengan pemakaian satu tahun sekali.

Tidak hanya itu, Ivermectin juga dikategorikan dalam golongan obat keras yang artinya hanya bisa didapatkan dengan resep dokter dan tentunya dalam pengawasan dokter. Sehingga penggunaan dalam jangka panjang yang tidak disertai indikasi medis tidak dianjurkan.

Penggunaan yang tidak sesuai dengan indikasi media tentunya memiliki efek samping, mulai dari demam, ruam kulit, nyeri otot, diare, sembelit, hingga Stevens Johnson Syndrome.

Sebelumnya, penelitian in vitro di laboratorium menunjukkan, bahwa Ivermectin memiliki potensi antiviral, hal ini berati masih bisa dikembangkan untuk mengatasi COVID-19.

Tapi, sayangnya klaim Ivermectin sebagai obat COVID-19 ini dinilai missleading oleh Satgas COVID-19. Dalam situs resminya, menyebut klaim bahwa Invermectin sebagai obat COVID-19 merupakan konten menyesatkan atau misleading. Disebutkan bahwa belum ada bukti mengenai Ivermectin yang bisa menyembuhkan COVID-19 pada manusia.

Obat COVID-19 yang Sudah Memiliki Izin BPOM

Remdesivir dan Favipiravir adalah obat yang memiliki izin BPOM untuk pasien COVID-19.
Obat COVID-19 yang Kantongi Izin BPOM/Freepik/rawpixel.com

Nah, agar kita tidak keliru dalam mengobati COVID-19, kita tentunya perlu mengetahui obat-obatan yang sudah mengantongi izin BPOM dan bisa dikonsumsi oleh pasien COVID-19.

Dikutip dari detikHealth, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito, memaparkan bahwa sudah ada dua jenis obat yang sudah mengantongi izin untuk perawatan pasien COVID-19 dalam kondisi darurat.

Obat tersebut adalah Remdesivir dan Favipiravir. Berbagai obat yang digunakan untuk penyembuhan COVID-19 pun tentunya sudah sesuai dengan protap pemberian yang sudah disetujui dari organisasi profesi. Adapun berbagai obat-obatan COVID-19 yang sudah mengantongi Emergency Use of Authorization (EUA) dari BPOM untuk 'obat COVID-19', di antaranya:

Remdesivir Serbuk Injeksi

  • Ciprem
  • Covifor
  • Desrem
  • Jubi-R
  • Remidia
  • Remdac

Remdesivir Larutan Konsentrat untuk Infus

  • Remeva

Indikasi obat:

Pengobatan untuk pasien dewasa dan anak yang dirawat di rumah sakit, yang mana telah terkonfirmasi COVID-19 dengan derajat keparahan berat.

Favipiravir tablet salut selaput

  • Avigan
  • Avifavir
  • Covigon
  • Favikal
  • Favipiravir

Indikasi obat:

Tatalaksana diperuntukkan pasien COVID-19 dengan derajat keparahan sedang serta dikombinasi dengan standar pelayanan kesehatan.

Nah, Beauties penggunaan obat-obat di atas juga hanya diberikan bagi penderita COVID-19 yang mendapatkan perawatan di rumah sakit dan tidak dijual bebas.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id