sign up SIGN UP

LIFE

Berolahraga Sambil Menggunakan Makeup? Penyakit Kulit Ini Bisa Muncul!

Penny Fatikasari | Minggu, 28 Jun 2020 09:00 WIB
Berolahraga Sambil Menggunakan Makeup? Penyakit Kulit Ini Bisa Muncul!
caption
Jakarta -

Dalam setiap kesempatan tentunya wanita selalu ingin tampil cantik dan menawan. Enggak hanya hangout di luar rumah bersama sahabat atau pacar, pada saat berolahraga pun wanita nggak bisa jauh dari yang namanya makeup. Berolahraga sambil mengenakan riasan makeup tentunya semakin membuat percaya diri seorang wanita. Sebenarnya sah-sah saja ketika berolahraga tetap mengenakan makeup. Akan tetapi kamu juga harus mengetahui gejala penyakit kulit yang bisa saja muncul pada kulit cantikmu, lho! Berikut ulasannya!

Menyumbat Pori-pori Kulit

Menyumbat pori-pori
Menyumbat Pori-pori Kulit/Freepik.com

Ladies, tahukah kamu pada saat berolahraga pori-pori kulitmu akan terbuka. Maka dari itu, menggunakan makeup saat berolahraga juga dapat menyebabkan pori-pori kulitmu menjadi tersumbat.  Tanpa disadari, pori-pori kulit yang tersumbat akan menyebabkan munculnya jerawat, komedo berlebih bahkan timbulnya ruam merah pada kulit wajahmu. Menggunakan riasan makeup pada saat berolahraga dapat menyebabkan keringat tidak dapat keluar dengan baik dari permukaan kulit wajahmu sehingga terjadilah penyumbatan pada pori-pori kulit.


Kulit Tidak Bisa Bernafas dengan Baik

Kulit tidak bisa bernafas
Kulit Tidak Bisa Bernafas dengan Baik/Freepik.com

Makeup yang kamu gunakan pada saat berolahraga dapat membuat kulitmu tidak bisa bernafas dengan baik. Karena terjadinya penumpukan makeup pada wajah yang membut pori-pori kulit sulit bernafas dengan baik. Jika kamu membiarkan hal ini secara terus-menerus, maka akan menimbulkan gangguan kulit lainnya seperti kulit berjerawat, kulit kering, kulit iritasi dan kulitmu pun akan menjadi kusam.

Mengakibatkan Iritasi Kulit dan Mata

Iritasi kulit dan mata
Mengakibatkan Iritasi Kulit dan Mata/Freepik.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, akibat menggunakan makeup saat sedang berolahraga juga dapat mengakibatkan kulit menjadi iritasi. Pada saat sedang berolahraga, keringat yang keluar dari permukaan kulitmu bisa membahayakan area matamu, lho! Ketika kamu menggunakan riasan makeup seperti eyeliner, eyeshadow dan mascara maka keringat yang menetes juga sangat membahayakan area mata dan mengakibatkan mata menjadi perih, iritasi bahkan bisa mengakibatkan gangguan mata lainnya. Hal ini karena produksi zat kimia yang berbahaya pada area mata bahkan menimbulkan bakteri. Wah, berbahaya sekali bukan?

pH Kulit Menjadi Tidak Seimbang

pH kulit tidak seimbang
pH Kulit Menjadi Tidak Seimbang/Freepik.com

Ladies, usahakan setelah berolahraga sebaiknya segera membersihkan makeup yang menempel pada kulit wajahmu. Jangan sampai tujuan berolahragamu untuk menyehatkan tubuh justru mengakibatkan masalah yang nggak terduga sebelumnya. Pada saat berolahraga tubuh menghasilkan keringat dengan kandungan asam alami dari tubuh, jangan sampai pH kulitmu menjadi enggak seimbang ya! Yuk, sayangi dirimu!

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id