sign up SIGN UP

Bingung dengan Jadwal Menstruasi? Begini Cara Hitung Siklus Menstruasi untuk Remaja

Wandha Kusuma | Rabu, 25 Aug 2021 13:30 WIB
Bingung dengan Jadwal Menstruasi? Begini Cara Hitung Siklus Menstruasi untuk Remaja
caption

Saat sudah memasuki umur remaja, baik pada perempuan maupun laki-laki reproduksi sudah mulai bekerja. Perempuan akan mengalami menstruasi setiap bulannya. Tapi tahukah Beauties bahwa ada cara menghitung siklus dan periode menstruasi?

Melalui siklus menstruasi kamu bisa mengetahui kapan kamu akan menstruasi, hormon yang berubah akibat pre menstruation (pms), masa subur, kesehatan organ reproduksi, dan lainnya.

Mens
Siklus menstruasi/sumber: freepik.com

Setiap orang memiliki masa menstruasi yang berbeda-beda tergantung hormon. Normalnya, menstruasi berlangsung 3  sampai 7 hari. Jumlah darah yang dikeluarkan kira-kira 30 sampai 70 mm.

Cara menghitung siklus menstruasi, perhatikan tanggal kamu saat pertama kali darah keluar. Siklus normalnya adalah 28-35 hari. Hitung hari pertama menstruasi sampai 28 hingga 35 hari ke depan. Pada minggu tersebut diperkirakan kamu akan menstruasi.

Beauties bisa menghitung lebih akurat lagi ketika sudah mengetahui siklus menstruasi kamu. Misalnya, bulan Januari Beauties menstruasi tanggal 10. Selanjutnya, di Februari kembali menstruasi pada tanggal 6. Maka, siklusnya 28 hari. Kamu perlu menghitung untuk bulan selanjutnya, apakah tepat di 28 hari juga atau tidak.

Mens
Pembalut menstruasi/sumber: freepik.com

Jika Beauties sudah mengetahui siklus haid, kamu bisa mengetahui jadwal menstruasi dan kesehatan reproduksimu. Perhatikan jika siklus menstruasi berkurang atau bertambah karena itu bisa jadi merupakan tanda adanya gangguan kesehatan.

Jika Beauties mengalami menstruasi 40 hari sekali atau gejala tak teratur lainnya, ini perlu dikonsultasikan ke dokter. Begitupun dengan masa menstruasi yang terlalu lama seperti 14 hari atau lebih.

Beauties yang sudah menikah dan ingin merencanakan kehamilan, perlu lho memahami masa menstruasi untuk mengetahui masa subur. Pasalnya, berhubungan seks yang dilakukan pada subur memungkinkan terjadinya pembuahan. Namun, hal ini juga bergantung dari kondisi sperma dan kesehatan keduanya ya.

Mens
Kram perut saat menstruasi/sumber: freepik.com

Untuk para remaja yang baru mengalami menstruasi, tak jarang ada rasa kram dan nyeri pada perut. Tetap tenang karena hal ini wajar. Kamu bisa meredakan nyerinya dengan mengompres perut dengan air hangat.

Namun, jangan biarkan ketika kamu sudah tidak bisa menahannya. Segeralah konsultasi ke dokter untuk mengetahui tindakan yang tepat terkait rasa sakitnya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id